HTM, Daya Tarik dan Fasilitas Wisatanya

Bogor punya banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Taman Kencana Bogor. Tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 1917, yang berarti sempat dibangun dan di kembangkan selama penjajahan Belanda.

Di taman ini pengunjung bisa menemukan banyak spot foto yang menarik, sebab awalnya taman ini dibangun untuk tempat bersantai penghuni Eropa di Bogor. Tertarik mengunjungi tempat wisata ini? Berikut adalah rincian mengenai harga tiket masuk dan berbagai aktifitas seru yang bisa dilakukan.

Sejarah Taman Kencana

Sebelum berganti nama menjadi Taman Kencana, taman ini bernama Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square. Di awal pembangunannya, taman ini dibuat khusus untuk warga Eropa yang tinggal di Bogor atau sebutannya Buitenzorg di zaman tersebut.

Ada berbagai bentuk bangunan dengan gaya arsitektur Indo Eropa di taman ini, membuat taman ini punya ciri khas yang unik. Pengunjung juga bisa melihat gedung dengan kemiringan 35 derajat, gedung tersebut punya fungsi untuk menahan curah hujan tinggi di Bogor.

Taman mulai dikembangkan secara penuh di tahun 1926 – 1930, dengan Karsten sebagai arsiteknya. Tidak hanya sebagai tempat bersantai, taman ini juga menjadi ruang hijau dan sarana rekreasi bagi masyarakat Eropa kelas atas selama tahun-tahun tersebut.

Ketika Indonesia merdeka tahun 1945, pemerintah mengambil alih kawasan Von Imhoff Plein dan mengganti namanya menjadi Taman Kencana Bogor. Dalam perkembangannya, banyak perubahan yang terjadi di taman ini, terutama dengan bertambahnya ruang usaha untuk mengakomodasi permintaan masyarakat lokal.

Sekilas Tentang Taman Kencana Bogor

Sesuai dengan namanya, Taman Kencana Bogor merupakan taman dengan banyak pohon dan bunga di dalamnya. Luas taman ini mencapai 5.200 meter, membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk bercengkrama bersama teman atau keluarga.

Jangan khawatir dengan kebersihan taman, semua bagian taman tertata dengan bersih dan rapi. Anak-anak bisa bermain dengan leluasa dan orang dewasa bisa duduk di bangku yang tersedia. Di dalam Taman Kencana, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas sekaligus melakukan wisata kuliner.

Daya Tarik Taman Kencana Bogor

1. Ruang Hijau yang Cantik

Lokasi taman ini tak jauh dari Kebun Raya Bogor, membuatnya punya ruang hijau yang cantik dan tertata dengan apik. Pengunjung bisa mengeliling taman atau duduk santai di gazebo dan bangku yang tersedia. Hawa udaranya juga sejuk dan dingin, sebab taman ini masih penuh dengan pepohonan.

2. Bebas dari Polusi

Tidak hanya punya banyak pepohonan yang rindang, pengunjung juga bisa menarik nafas segar di dalam tempat wisata Taman Kencana Bandung. Ini karena pengelola taman melarang berbagai kendaraan bermotor masuk, jadi pengunjung bisa terbebas dari adanya polusi udara.

3. Tempat Wisata Kuliner Murah

Pengunjung bisa menemukan berbagai jajanan lezat di dalam Taman Kencana. Cukup dengan jalan kaki saja, pengunjung bisa mendapati snack manis seperti macaroni panggang, kue black forest, hingga berbagai olahan mie. Jenis-jenis makanan yang dijual di Taman Kencana rata-rata merupakan jajanan bergaya Eropa.

Kegiatan Menarik di Taman Wisata Kencana

Tak hanya sekedar menikmati keindahan taman saja, ada berbagai kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan, diantaranya:

1. Berburu Foto

Ada banyak spot menarik yang bisa pengunjung temukan di dalam Taman Kencana Bogor. Walaupun tak ada spot yang instagrammable seperti tempat wisata pada umumnya, namun pemandangan alami di taman ini menjadi nilai lebih yang sayang kalau tak diabadikan.

2. Piknik di Taman

Pengunjung bisa membawa alas duduk sendiri dan menggelarnya di Taman Kencana. Ada banyak kedai dan kafe untuk membeli makanan, tapi pengunjung juga tak dilarang membawa bekal dari rumah. Untuk mendapatkan spot terbaik yang teduh, pengunjung disarankan datang lebih awal.

3. Berwisata Kuliner

Tersedia berbagai jenis wisata kuliner di Taman Kencana, pengunjung bisa menikmati makanan lokal yang lezat atau makanan percampuran Indo Eropa. Harga tiap makanannya juga terjangkau, jadi tak akan menghabiskan banyak budget selama kunjungan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kencana

Tak perlu khawatir selama melakukan wisata Taman Kencana Bogor, sebab tersedia banyak fasilitas yang bisa di manfaatkan pengunjung, beberapa diantaranya adalah:

1. Akses Wifi Gratis

Pengunjung bisa menikmati akses wifi gratis di beberapa titik Taman Kencana. Wifi ini terbuka dan tersedia untuk umum, sehingga tidak perlu melakukan pembayaran apapun.

2. Café dan Pusat Kuliner

Berbagai kafe dan pusat kuliner bisa pengunjung temukan di Taman Kencana, semuanya menyediakan makanan yang aman dan sehat. Pengunjung bisa memilih yang mana saja sesuai selera yang dimiliki.

3. Area Parkir yang Luas

Untuk mencegah masuknya kendaraan bermotor di Taman Kencana, pihak pengelola taman sudah menyediakan area parkir yang luas. Area parkir ini juga sudah dilengkapi dengan pos keamanan untuk menjaga kendaraan pengunjung.

4. Wahana Permainan Anak

Dengan banyaknya kunjungan keluarga di Taman Kencana, kini sudah tersedia wahana permainan anak yang aman. Anak-anak bisa berlarian sekaligus bermain dan orang tua bisa bercengkrama di dekat wahana permainan sembari mengawasi putra putrinya.

5. Jogging Track yang Nyaman

Di Taman Kencana Bogor, tersedia pula jogging track yang bisa pengunjung manfaatkan. Jogging track ini membelah taman dan sering dimanfaatkan untuk olahraga di pagi dan sore hari oleh masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kencana

Taman yang dikelola oleh pemerintah kota Bogor ini tidak menyediakan tiket masuk. Jadi pengunjung bisa masuk kapan saja tanpa harus membayar, baik sendiri ataupun rombongan. Semua fasilitas yang tersedia di taman juga bisa pengunjung manfaatkan dengan tanggung jawab.

Karena menjadi tempat wisata kuliner, sebaiknya pengunjung tetap membawa uang tunai untuk berbelanja. Sayang rasanya jika mengunjungi Taman Wisata Kencana tanpa mencicipi berbagai kulinernya yang unik dan lezat.

Lokasi Taman Wisata Kencana

Jika tertarik mengunjungi Taman Wisata Kencana, pengunjung bisa menuju lokasinya di Jln. Taman Kencana, Bogor Tengah, tepatnya di Kota Bogor. Lokasi tempat wisata ini tak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Lapangan Sempur, sehingga bisa dijangkau dengan mudah memakai transportasi umum dan pribadi.

Tips Berkunjung

Agar bisa menikmati taman wisata ini dengan nyaman, pengunjung bisa datang di pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca yang terik. Pengunjung Taman Wisata Kencana juga akan membludak di akhir pekan, jadi jika sebaiknya kunjungi taman ini di hari weekdays agar lebih leluasa menikmatinya.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan selama kunjungan, hindari merusak fasilitas dan melakukan aktifitas vandalisme. Buanglah sampah di tempatnya dan jangan sembarangan mencabut tanaman atau mencoret-coret pohon.

Pengunjung juga bisa membawa bekal sendiri jika ingin menghemat pengeluaran selama berwisata ke Taman Wisata Kencana. Tapi jika ingin menikmati jajanan disana, siapkan uang tunai karena mesin ATM lokasinya agak jauh dari taman.

Taman Kencana Bogor bisa jadi tempat yang asik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Tempat wisata ini juga bisa tempat yang menarik untuk mencicipi berbagai makanan enak dengan harga terjangkau.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan