Ini Pengertian dan Tips serta Trik Saat Fitting

Fitting baju adalah proses pengepasan pakaian sebelum pakaian tersebut melalui proses akhir atau finishing. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui bagian mana yang perlu disesuaikan dengan ukuran tubuh si pemakai.

Pasalnya, dengan melakukan fitting baju, Anda dapat menentukan bagian mana yang perlu diubah, seperti memperbesar atau memperkecil bagian tertentu agar baju sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Lantas bagaimana tips untuk fitting baju yang tepat? Berikut kami berikan ulasannya untuk Anda!

Mengenal Fitting Baju Adalah..

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang tips dan trik melakukan fitting baju, kita akan mengenali terlebih dahulu tentang definisi dari fitting baju itu sendiri.

Dimana fitting baju merupakan proses menyesuaikan pakaian sebelum sampai akhirnya melalui proses akhir atau finishing. Terdapat beberapa tahapan yang mengenali ukuran tubuh, memperhatikan bahan, warna, serta model, hingga penambahan aksesoris maupun pemilihan alas kaki.

Apabila Anda menginginkan hasil yang terbaik, maka mempersiapkan fitting baju dua minggu sebelum acara adalah yang disarankan.

Dengan melakukan fitting baju, Anda bisa memastikan bahwa ukuran baju yang akan dipakai cocok dengan ukuran tubuh serta nyaman saat dikenakan.

Tips dan Trik Melakukan Fitting Baju untuk Penampilan yang Terbaik

Biasanya fitting baju kerap dilakukan untuk beberapa acara penting, seperti fitting baju pengantin, fitting baju lebaran, maupun acara lainnya. Maka dari itu, supaya tidak keliru, berikut kami berikan tipsnya untuk Anda saat hendak melakukan fitiing baju.

1. Kenali Ukuran Tubuh Anda

Seperti yang kita ketahui, bahwa fitting baju adalah proses pengepasan pakaian sebelum melalui proses akhir atau finishing. Sehingga, memastikan ukuran yang sesuai dan cocok dengan tubuh Anda itu sangat penting.

Pasalnya, setiap orang memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda. Sehingga, dengan mengenali ukuran tubuh, Anda dapat menentukan ukuran baju yang tepat sekaligus meminimalkan risiko membeli atau memesan busana dengan ukuran yang salah.

Maka, langkah pertama dalam proses fitting baju adalah mengukur ukuran tubuh Anda dengan benar. Anda perlu mengukur lingkar dada, pinggang, dan pinggul serta panjang lengan, panjang badan dan lebar bahu Anda untuk mengetahui ukuran baju yang tepat.

Ukuran yang tepat akan memastikan baju cocok dengan tubuh Anda, sehingga terlihat enak dilihat dan nyaman dipakai, serta membuat tubuh Anda tampak lebih proporsional.

2. Perhatikan Bahan, Warna, dan Model Busana

Setelah mengetahui ukuran tubuh Anda, langkah selanjutnya dalam proses fitting baju adalah memperhatikan bahan, warna, dan model busana yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Pilihlah bahan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa jenis bahan yang umum digunakan dalam busana adalah katun, sutra, wol, dan polyester.

Kemudian, dalam pemilihan warna, sesuaikan dengan warna kulit Anda supaya lebih kontras. Kendati demikian, ada sejumlah warna yang umumnya cocok untuk semua jenis kulit seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Terakhir, tentukan model busana yang sesuai dengan gaya pribadi Anda dan cocok untuk acara maupun kegiatan yang akan Anda hadiri.

3. Putuskan Waktu Pengerjaan dan Penyesuaian Busana

Kemudian, dalam proses pengerjaanya, biasanya ditemui bahwa busana pilihan Anda mungkin terlalu besar atau sebaliknya. Apabila hal tersebut terjadi, maka tanyakan berapa lama waktu yang diperlukan penjahit untuk menyesuaikannya.

Sebab, dengan memutuskan waktu pengerjaan dan penyesuaian busana, bisa memberikan waktu yang cukup untuk melakukan perubahan jika diperlukan.

Maka, Anda perlu menentukan waktu pembuatan busana, penyesuaian apabila diperlukan, termasuk waktu pengiriman dengan tepat, agar memastikan semua proses berjalan lancar dan selesai tepat waktu saat hendak digunakan.

4. Pemilihan Aksesoris Tambahan

Proses fitting baju tidak hanya terbatas pada penyesuaian ukuran dan model busana, tetapi juga termasuk pemilihan aksesoris tambahan yang dapat meningkatkan penampilan Anda.

Pemilihan aksesoris yang tepat dapat membuat busana Anda lebih menonjol dan memberikan kesan yang lebih elegan dan modern. Misalnya, dapat menambahkan scarf, ikat pinggang, atau jam tangan pada busana pria untuk memperkuat penampilan menjadi lebih stylish.

Namun, pada umumnya, penambahan aksesoris lebih banyak dibutuhkan saat fitting baju wanita. Beberapa aksesoris tambahan yang bisa dipertimbangkan saat fitting baju adalah anting-anting, kalung, gelang, dan juga bros.

Misalnya, jika Anda memakai gaun malam, Anda dapat mempertimbangkan aksesoris yang lebih glamor, seperti anting-anting dengan kristal atau gelang berlian. Namun, tetap pastikan untuk memilih aksesoris yang sesuai dengan busana dan acara yang dihadiri, supaya tidak terlalu berlebihan.

5. Pemilihan Sepatu atau Alas Kaki

Saat melakukan proses fitting baju, pemilihan sepatu atau alas kaki juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sepatu atau alas kaki yang tepat dapat membuat penampilan Anda lebih menarik dan seimbang dengan busana yang dikenakan.

Selain itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan warna sepatu atau alas kaki yang akan dipakai. Sebaiknya pilih warna sepatu yang senada atau setidaknya sejajar dengan warna busana yang dipakai untuk menciptakan kesan yang lebih harmonis.

Bagi pria, sebaiknya memilih sepatu model oxford atau sepatu kulit untuk menghadiri acara formal. Atau jika ingin mendapatkan kesan santai dan kasual, bisa menggunakan sneakers.

Sedangkan bagi wanita, untuk menghadiri acara formal, bisa memilih sepatu hak atau wedges untuk mendapatkan tampilan anggun dan feminine. Serta menggunakan flat shoes atau sneakers untuk mendapatkan kesan kasual namun tetap trendy.

Poin terpenting saat melakukan fitting baju adalah menyesuaikan pakaian yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Selain itu, beberapa tips di atas juga bisa Anda coba supaya proses fitting baju berjalan lancar serta mendapatkan busana yang sesuai dengan gaya Anda.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan