Apakah Manusia Dapat Hidup Tanpa Mengandalkan Lingkungan Alam?

    Lingkungan merupakan tempat di mana makhluk hidup tinggal. Karena itu pula manusia berinteraksi dengan alam serta lingkungannya dalam suatu hubungan timbal balik, entah itu positif ataupun negatif. Namun dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lindungan alamnya? Jika tidak dapat, mengapa demikian? Berikut adalah pembahasannya.

    Daftar Isi:

    Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

    Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alamnya karena kebutuhan hidup manusia diperoleh dari alam.

    Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitar kita

    Di sekitarmu pun banyak terjadi interaksi manusia dengan lingkungan alamnya, tidak hanya dua atau tiga, berikut di jelaskankan untuk contoh tersebut.

    Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah manusia melakukan reboisasi, manusia menanam tumbuhan, manusia memelihara hewan ternak, dll.

    Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia serta lingkungannya

    Berikut di sebutkan dan di jelaskan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya.

    Contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan adalah dengan membuang sampah tidak pada tempatnya hingga menyebabkan banjir, penebangan pohon sembarangan hingga menyebabkan tanah longsor, dll.

    Apa sajakah akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya?

    Berikut di jelaskan beberapa contoh akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya.

    1. Banjir yang disebabkan saluran air terhambat oleh sampah.
    2. Tanah longsor yang dikarenakan penerbangan pohon di tanah yang landai.
    3. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh kecerobohan manusia.

    Penutup

    Manusia memanglah tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Sebab dari alam manusia biasa mendapatkan berbagai manfaat untuk memenuhi keperluan hidupnya.

    Melalui pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dll merupakan contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam guna memenuhi keperluan hidupnya. Karena itu, alam perlu dipelihara sebaik mungkin biar bisa dimanfaatkan terus menerus dan juga untuk makhluk hidup lainnya.

    Sementara itu berbagai interaksi negatif yang bisa merugikan manusia dan lingkungannya harus dihindari. Misalnya pembuangan sampah di sungai dan di laut yang bisa menganggu makhluk hidup lain di dalamnya.

    Selain itu, interaksi negatif bisa pula menimbulkan kerugian dan bahaya bagi manusia sendiri. Contohnya adalah banjir yang dikarenakan saluran air yang terganggu oleh sampah dan limbah dari aktivitas manusia. Begitu pula tanah longsor, bencana tersebut terkadang disebabkan oleh manusia sendiri yang menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan pun demikian, bisa menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.


    Share this post:
    Loading...