Kaitan Antara Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk

    Pertumbuhan penduduk disebut pula sebagai dinamika penduduk. Pertumbuhan penduduk ini sangat berkaitan dengan jumlah penduduk. Berikut di jelaskan kaitan antara jumlah penduduk dan pertumbuhan penduduk.

    “Kaitan antara jumlah penduduk dan pertumbuhan penduduk adalah pertumbuhan penduduk merupakan penghitungan yang menunjukkan tingkat bertambahnya jumlah penduduk pada jangka waktu tertentu yang biasanya dinyatakan dengan persentase. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, maka jumlah penduduk semakin meningkat. Demikian pula sebaliknya.”

    Pertumbuhan penduduk bisa terjadi karena faktor tertentu, misalnya karena angka kelahiran yang tinggi dan migrasi dengan persebaran penduduk yang tidak merata.

    Lalu bagaimana kondisi persebaran penduduk Indonesia?

    Kondisi persebaran penduduk Indonesia adalah tidak merata. Sebagian besar penduduk di Indonesia menghuni di Pulau Jawa, khususnya di perkotaan. Sementara banyak daerah di luar Pulau Jawa yang berpenduduk sedikit.”

    Dengan demikian, di Indonesia terdapat pulau yang padat dan pulau yang sedikit penduduknya. Tingginya tingkat migrasi ke Pulau Jawa dikarenakan beberapa faktor, salah satunya karena daerah asal dianggap kurang mendukung kehidupan. Bisa demikian karena sejak lama Pulau Jawa merupakan pusat pemerintah, ekonomi, dan pendidikanTingkat pendidikan mempengaruhi kualitas penduduk, oleh karena itu kebanyakan orang berupaya untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi.

    Mengapa tingkat pendidikan mempengaruhi kualitas penduduk?

    “Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk menghasilkan penduduk yang berkualitas dan sangat mempengaruhi sumber daya manusia. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk, maka semakin berkualitas penduduknya. Oleh karena itu, pendidikan menjadi modal dasar untuk menghasilkan peradaban maju.”

    Membicarakan peradaban, di Indonesia memiliki banyak rumah adat. Rumah ini dibuat dengan cara yang serupa dari generasi ke generasi, tanpa atau paling tidak hanya sedikit sekali mengalami perubahan. Rumah adat juga bisa dikatakan sebagai rumah yang dibuat dengan menitikberatkan kegunaan, fungsi sosial, dan arti budaya dibalik gaya atau coraknya.

    Lalu bagaimana perkembangan rumah adat pada era modern saat ini?

    “Pada era modern seperti saat ini rumah adat tidak begitu berkembang. Terdapat beberapa penyebab mengapa saat ini tidak begitu banyak ditemukan rumah adat. Misalkan karena pembangunannya menghabiskan banyak biaya, perawatannya cenderung mahal, tata ruang pada rumah adat kurang sesuai dengan selera dan tuntutan era modern, dan desainnya dianggap beberapa orang tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Karena itu, saat ini kebanyakan orang lebih memilih rumah dengan gaya modern.”

    Meski demikian, rumah adat merupakan salah satu unsur kebudayaan yang terbentuk bersama dengan berkembangnya kebudayaan lain di Indonesia. Rumah ini dapat mencerminkan budaya yang terbentuk dari tradisi penduduk di Indonesia. Dari rumah adat penduduk bisa melambangkan cara hidup, ekonomi, dll.

    Di Indonesia banyak daerah yang memiliki rumah adat yang beragam karena beragamnya budaya pada daerah di Indonesia. Beberapa di antara rumah ini pun sangat berhubungan dengan suku bangsa di Indonesia, oleh karena itu kita harus menghargainya seperti halnya mengormati antar suku bangsa.

    Mengapa kita harus saling menghormati antar suku bangsa di Indonesia?

    Kita harus saling menghormati antar suku bangsa di Indonesia untuk mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan saling menghormati, kita dapat menjalin persatuan dan kesatuan, dengan menghindari diskriminasi ataupun perpecahan. Lalu menjaga kerukunan bersama dan mencegah terjadinya konflik horizontal.”