Jenis-Jenis Bahan untuk Banner Indoor dan Outdoor

    Bahan banner dapat menjadi solusi sederhana namun efektif untuk keperluan bisnis. Baik untuk mengiklankan produk ataupun untuk mendatangkan konsumen ke toko. Di luar keperluan bisnis, banner dapat dimanfaatkan untuk merayakan acara khusus. Seperti dekorasi ulang tahun, menunjukkan dukungan ketika perlombaan, mengikuti pameran, dan acara-acara lainnya.

    Banner bisa dibuat dari berbagai bahan. Ada beberapa opsi, jadi perlu memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Bahan yang digunakan sangat memengaruhi kualitas dan dampak visual banner. Dengan memilih jenis bahan yang tepat, maka dapat membantu mengoptimalkan fungsi banner.

    Sekarang ini kebanyakan banner diproduksi dengan menggunakan mesin printer large format. Printer ini mampu mencetak macam-macam banner Outdoor / luar ruangan dan Indoor / dalam ruangan. Cara memilih jenis bahan dapat didasarkan bagaimana dan di mana banner dipasang.

    Di bawah ini adalah macam-macam jenis bahan banner yang paling populer di Indonesia dan ciri-ciri yang dimiliki masing-masing.

    1. Flexi

    Flexi merupakan pilihan tepat untuk banner outdoor yang tahan cuaca dengan memiliki daya tahan optimal. Bahan ini menghadirkan cetakan dengan kualitas bagus dan dapat dilihat jelas dari kejauhan. Tinta outdoor yang digunakan juga tidak mudah memudar atau rusak ketika banner terkena air hujan dan sinar matahari. Dapat digunakan di luar ruangan dalam jangka waktu bulanan, bahkan tahunan. Kecuali dalam cuaca ekstrem.

    Flexi memiliki variasi dan gramasi berbeda. Berikut adalah tiga jenis bahan Flexi yang paling populer di Indonesia.

    1. Fexi China 280 gsm
    2. Flexi Korea 440 gsm
    3. Flexi Jerman 510 gsm

    Gramasi banner berhubungan dengan ketebalan bahan. Semakin tinggi gsm, semakin tebal bahannya. Kekuatan untuk menahan kerusakan juga meningkat dengan meningkatnya jumlah gsm.

    Flexi ditujukan untuk fungsionalitas, bahkan dapat digunakan sebagai kain yang lebih keras. Secara umum, Flexi ini dapat menjadi pilihan utama bagi mereka yang menginginkan bahan spanduk outdoor yang bagus dan tahan lama. Kebanyakan pemasangan ukuran banner besar di depan toko dan papan reklame di sepanjang jalan perkotaan pun menggunakan jenis bahan ini. Pemasangan yang paling sederhana biasanya melibatkan lubang dengan ring di sudut atau di sekelilingnya untuk dapat digantung.

    Bahan Banner Flexi
    Bahan Flexi | Credit: shjanehong.en.made-in-china.com

    2. Albatros

    Albatros menawarkan kualitas gambar yang bagus, namun biasanya digunakan untuk banner indoor. Bahan ini tidak ditujukan untuk menahan cuaca, dengan demikian bahan ini tidak cocok untuk kontak lama dengan air hujan dan sinar matahari. Paparan langsung sinar matahari dalam waktu yang lama akan menyebabkan cetakan memudar.

    Sebagian besar standing banner indoor seperti X Banner dan Roll Banner menggunakan bahan ini. Albatros juga dapat menjadi alternatif untuk bahan poster yang dipasang di dalam ruangan. Jenis bahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk media dinding, jendela, atau tempat pemasangan yang permukaannya halus.

    Bahan Banner Albatros
    Bahan Albatros | Credit: en.zjfly.com

    3. Backlite

    Backlite merupakan salah satu bahan paling populer untuk menampilkan banner di Neon Box. Bahan ini memiliki efek semi transparan saat ditampilkan. Oleh karena itu, menembak desain dari dalam dengan cahaya lampu neon, memungkinkan untuk menampilkan desain dengan visual yang mengesankan.

    Bahan Banner Backlite
    Bahan Backlite | Credit: werbecenter-onlineshop.de

    4. PVC

    PVC memiliki kekuatan tarik yang luar biasa sambil mempertahankan bentuk yang ringan. Bahan ini memiliki karakteristik kaku, dengan begitu dapat memastikan bahwa bahan tidak sobek saat ditarik ketika pemasangan. Oleh karena itu, backwall portable biasanya menggunakan jenis bahan ini.

    Bahan Banner PVC
    Bahan PVC | Credit: drysuit-repairs-uk.co.uk

    5. Kanvas

    Kanvas terasa lebih tebal daripada bahan banner lain, tetapi jangan keliru. Jenis bahan ini biasanya hanya untuk penggunaan indoor. Kanvas cocok digunakan di dalam ruangan untuk menjaga kualitas gambar.

    Warna dan detail desain dari cetakan Kanvas cukup mengesankan. Bahan ini menawarkan tampilan profesional dan sering dilukis dengan tangan karena hasil akhirnya yang semi glossy. Tekstur pada permukaan Kanvas juga menambahkan kesan berkelas dan artistik.

    Bahan Banner Kanvas
    Bahan Kanvas | Credit: canvasdiscount.com

    6. Polyester

    Polyerster dapat digunakan untuk umbul-umbul atau bendera dan spanduk. Kebanyakan orang menggunakan jenis bahan ini untuk banner luar ruangan, tetapi juga dapat digunakan di dalam ruangan. Bahan ini tidak kaku, memungkinkan angin melewatinya, sehingga meningkatkan visibilitas banner di tempat terbuka. Jika memilih jenis bahan kain tipis, ingat bahwa bahan ini dapat mudah robek atau sobek. Namun jika diterapkan di lingkungan yang tepat, banner bisa lebih tahan lama.

    Polyester sedikit transparan, bila ditampilkan di depan jendela atau sumber cahaya, memungkinkan cahaya menembus banner. Namun tentu saja, efek transparan Polyester tidak sebanding dengan sifat semi transparan dari Backlite.

    Bahan Banner Polyester
    Bahan Polyester | Credit: ffis.co.uk

    7. Luster

    Luster biasanya digunakan untuk cetak foto berukuran besar dengan resolusi tinggi. Namun bahan ini dapat juga ditujukan untuk banner indoor. Kendati bisa diklasifikasikan sebagai jenis kertas, namun Luster tidak serupa dengan kertas lain pada umumnya. Cetakan bahan ini awet dan tidak mudah pudar. Luster juga tidak mudah sobek atau robek jika dibandingkan dengan kertas biasa.

    Bahan Banner Luster
    Bahan Luster | Credit: loxleycolour.com