20 Macam Jenis Kertas serta Gambar dan Ciri-Cirinya

    Setiap jenis kertas yang tersedia di pasaran memiliki gramasi, penampilan, daya tahan, dan hasil akhir yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis kertas yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk proyek cetak ataupun keperluan lainnya.

    Semisal dimulai dari memilih gramasi atau gsm. Semakin tinggi gramasi, maka kertas semakin berat. Kekuatan untuk menahan kerusakan juga meningkat dengan meningkatnya angka gsm.

    Penting untuk menyesuaikan gramasi kertas ini. Misalnya kertas fotokopi menggunakan gramasi antara 60gsm dan 100gsm. Kertas flyer biasanya menggunakan gramasi antara 120gsm dan 150gsm. Kertas kartu nama dapat menggunakan gramasi mulai dari 210gsm hingga 310gsm.

    Kendati gramasi yang lebih tinggi biasanya berhubungan dengan kertas yang lebih tebal, faktor lain dapat memengaruhi. Misalnya dua lembar kertas memiliki gramasi yang sama, namun memiliki jenis yang berbeda. Maka ketebalan kertas dapat berbeda karena dipengaruhi oleh bahan baku dari komposisi kertas.

    Baik untuk kartu nama, buku, iklan, atau proyek cetak lainnya, setiap produk percetakan memiliki saran gramasi yang dapat disesuaikan. Jika memilih gramasi kertas yang salah, dapat menimbulkan efek negatif. Misalnya, jika memilih gramasi yang terlalu rendah untuk katalog. Halaman katalog akan menjadi semi transparan, lalu gambar di balik halaman menjadi terlihat.

    Memilih kertas juga harus mengacu pada tingkat kecerahan, kehalusan, ketahanan, keawetan, dan ketebalan. Parameter ini menentukan bagaimana kertas terlihat dan kesesuaian kegunaannya. Di bawah ini adalah 20 macam jenis kertas serta gambar dan ciri-cirinya.

    Daftar Isi:

    1. HVS

    HVS banyak digunakan untuk kertas fotokopi, kop surat, dan kertas untuk printer perlengkapan kantor. Kertas ini memiliki ciri-ciri warna putih dan permukaan kasar. Jenis kertas ini dapat bekerja untuk tulisan tangan, baik itu pulpen maupun pensil. Gramasi yang paling banyak digunakan adalah 80gsm dan 100gsm.

    Kertas HVS
    Gambar Kertas HVS | Credit: Bukalapak

    2. NCR

    NCR biasanya digunakan untuk kertas buku nota, kwitansi, dan bukti transaksi lainnya. Jenis kertas ini memiliki ciri-ciri serupa dengan HVS, namun memiliki beragam warna yang bisa digunakan untuk rangkap dan menyalin tulisan tangan.

    Kertas NCR
    Gambar Kertas NCR | credit: doubleanamsailtd.com

    3. Art Paper

    Art Paper memiliki ciri-ciri warna putih dan terlihat mengkilau. Dengan permukaan yang halus, jenis kertas ini tidak cocok untuk menulis. Tetapi Art Paper dapat bekerja untuk tinta hitam maupun tinta berwarna dari printer. Cetakan dengan Art Paper terlihat jelas. Kertas ini banyak digunakan untuk flyer, katalog, dan voucher. Kertas Art Paper lebih tahan lama untuk bagian isi katalog daripada kertas HVS yang terlalu tipis dan mudah sobek atau robek. Gramasi yang paling banyak digunakan adalah 120gsm dan 150gsm.

    Kertas Glossy Paper
    Gambar Kertas Mengkilau | Credit: Bukalapak

    4. Art Carton

    Art Carton memiliki ciri-ciri serupa dengan Art Paper, namun yang membedakan adalah ketebalannya. Art Carton banyak digunakan untuk kertas kartu nama, buku menu, poster, pamflet, dan sampul buku. Kertas ini adalah pilihan tepat bagi sampul majalah, katalog, dan buku-buku berkualitas tinggi. Gramasi yang paling banyak digunakan adalah 210gsm, 260gsm, dan 310gsm.

    5. Matt Paper

    Bila dilihat sekilas, Matt Paper memiliki ciri-ciri serupa dengan Art Paper. Namun bila dilihat lebih saksama, jenis kertas ini memiliki perbedaan pada permukaan. Matt Paper tidak mengkilau, namun terlihat redup. Dengan demikian, dapat membuatnya lebih cepat menyerap tinta. Dengan permukaan yang memiliki nuansa redup, Matt Paper biasa digunakan untuk kertas majalah pada bagian isi. Gramasi yang paling banyak digunakan adalah 120gsm dan 150gsm.

    Kertas Matte Paper
    Gambar Kertas Redup | Credit: cutcardstock.com

    6. BW Carton

    BW Carton memiliki ciri-ciri permukaan yang redup seperti Matt Paper. Namun ketebalannya berbeda dan juga kertas ini mudah digunakan menulis dan menggambar manual dengan tangan. BW Carton banyak digunakan untuk kertas kalender, kartu nama, sertifikat, poster, dan sampul buku.

    7. Linen Jepang

    Linen Jepang memiliki tekstur dan terlihat redup. Dengan permukaan kasar, kertas ini dapat ditulis tangan dengan baik. Kertas ini biasa digunakan untuk keperluan mewah seperti kertas untuk sertifikat dan undangan pernikahan.

    Kertas Linen Jepang
    Gambar Kertas Linen | Credit: Google Images

    8. Ivory

    Ivory memiliki ciri-ciri dengan dua sisi yang berbeda, satu sisi permukaannya memiliki tampilan mengkilau dan sisi lain memiliki tampilan redup. Dengan demikian, kita bisa menganggap bahwa Kertas Ivory adalah perpaduan antara Art Carton dan BW Carton. Ivory biasa digunakan untuk kertas box kemasan. Gramasi kertas ini mulai dari 210gsm hingga 400gsm.

    9. Duplex

    Duplex memiliki ciri-ciri dengan dua sisi yang berbeda. Satu sisi permukaannya memiliki warna putih, sedangkan di sisi lain memiliki warna abu-abu dan terlihat redup. Kertas Duplex biasa digunakan untuk box makanan. Gramasi populer kertas ini mulai dari 250gsm hingga 400gsm.

    Kertas Duplex
    Gambar Kertas Duplex | Credit: indonesian.alibaba.com

    10. Fancy

    Fancy termasuk jenis kertas premium dan memiliki nuansa mewah. Jenis kertas ini memiliki beragam warna dan harganya relatif mahal. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan biaya keseluruhan untuk memilih Fancy.

    Kertas Fancy
    Gambar Kertas Fancy | Credit: Bukalapak

    11. Kraft

    Kraft memiliki ciri-ciri warna coklat, tampilan permukaannya kasar dan terlihat redup. Kertas Kraft banyak digunakan untuk kertas paper bag.

    Kertas Kraft
    Gambar Kertas Kraft | Credit: aliexpress.com

    12. Corrugated

    Corrugated memiliki warna coklat dan terlihat redup. Namun berbeda dengan Kraft, Corrugated memiliki ciri-ciri gelombang di bagian tengah. Dengan memiliki ketebalan yang tinggi, kertas ini dapat digunakan untuk kardus.

    Kertas Corrugated
    Gambar Kertas Corrugated | Credit: kobak.com

    13. Jasmine

    Jasmine memiliki beragam warna dan permukaannya memiliki tekstur kerlap-kerlip dengan nuansa mewah. Jasmine banyak digunakan untuk kertas undangan pernikahan.

    Kertas Jasmine
    Gambar Kertas Jasmine | Credit: Bukalapak

    14. Yellow Board

    Yellow Board memiliki beragam ketebalan dan kaku. Karena ketebalannya, jenis kertas ini biasa digunakan untuk hardcover jilid buku dan undangan pernikahan. Kendati demikian, penggunaan Yellow Board biasanya tidak dicetak. Namun dengan cara dilapisi kertas lain yang telah dicetak, misalnya Art Paper dan Matt Paper.

    Kertas Yellow Board
    Gambar Kertas Yellow Board | Credit: aliexpress.com

    15. Manila

    Manila terlihat memiliki karakteristik kertas yang serupa dengan BW Carton. Mungkin dapat dikatakan sejenis, namun biasanya kebanyakan percetakan menyediakan kertas BW Carton dengan permukaan yang berwarna putih. Sedangkan Kertas Manila ini memiliki beragam warna yang bisa dipilih. Misalnya merah muda, biru, hitam, hijau, dan kuning.

    Kertas Manila
    Gambar Kertas Manila | Credit: indonesian.alibaba.com

    16. Doorslag

    Doorslag sangat tipis bahkan rada terlihat transparan. Kertas ini memiliki beberapa variasi warna yang bisa dipilih, antara lain adalah putih, merah, kuning, hijau, dan biru. Kertas Doorslag biasanya digunakan untuk nota, karena bisa disisipkan karbon untuk bisa menembuskan tulisan ke kertas di bawahnya. Namun kelihatanya, kertas ini sekarang tidak begitu banyak digunakan. Banyak yang beralih memilih menggunakan Kertas NCR.

    Kertas Doorslag
    Gambar Kertas Doorslag | Credit: Tokopedia

    17. Buffalo

    Buffalo memiliki tekstur seperti guratan kayu dengan permukaan yang relatif kasar. Jenis kertas ini biasanya tersedia dengan berbagai opsi warna yang bisa dipilih. Banyak yang menggunakan Kertas Buffalo ini untuk sampul jilid buku, map, dan papercraft.

    Kertas Buffalo
    Gambar Kertas Buffalo | Credit: Tokopedia

    18. Concorde

    Concorde memiliki ciri-ciri permukaan dengan tekstur serat garis yang sedikit timbul tetapi terlihat tidak beraturan. Kertas ini dapat digunakan untuk keperluan cetak yang ingin menampilkan ciri khusus. Namun tidak sekadar untuk proyek cetak, Kertas Concorde juga dapat digunakan untuk menggambar dengan pensil. Dengan perpaduan teksturnya, arsiran dari pensil bisa terlihat begitu artistik.

    Kertas Concorde
    Gambar Kertas Concorde | Credit: Bukalapak

    19. Asturo

    Asturo memiliki warna yang berbeda di kedua sisinya, biasanya satu sisi berwarna putih, lalu di sisi satunya bisa warna lain yang beragam. Bisa satu warna solid, namun ada juga yang berwarna gradasi. Kertas Asturo ini biasanya digunakan untuk jilid buku, kerajinan tangan, majalah dinding, dan berbagai keperluan lainnya.

    Kertas Asturo
    Gambar Kertas Asturo | Credit: Bukalapak

    20. Buram

    Kertas Buram merupakan kertas daur ulang yang memiliki permukaan yang terlihat sangat redup. Jenis kertas ini bisa dimanfaatkan untuk tulis menulis dan keperluan lain yang jangka pendek. Kertas Buram banyak digunakan untuk buku novel, surat kabar, dan beberapa buku yang murah. Ketika kita mengikuti ujian matematika, biasanya kertas ini juga disediakan untuk coret-coret.

    Kertas Buram
    Gambar Kertas Buram | Credit: Bukalapak

    Penutup

    Ciri-ciri setiap jenis kertas bisa dievaluasi lebih lanjut dengan memesan sampel di toko kertas atau percetakan. Dengan memesan beberapa sampel, Kamu dapat membandingkannya secara langsung mana yang paling cocok untuk keperluan Kamu.


    Share this post:
    Loading...