Jenis-Jenis Standing Banner serta Ukuran Standar

    Standing banner merupakan alat untuk menampilkan banner yang mudah digunakan untuk berbagai acara. Dengan kerangkanya yang sederhana, cetakan banner di alat ini mudah diganti ketika sewaktu-waktu ingin mengubah tampilannya. Alat ini biasanya banyak digunakan di pameran dagang, ruang pertemuan, atau ditempatkan di lobi.

    Dengan memberi desain grafis di cetakan banner, lalu dipasangkan pada kerangkanya. Maka standing ini dapat menciptakan tampilan yang menarik perhatian untuk menyampaikan informasi. Kegiatan seperti konferensi pers dan presentasi pun juga dapat memanfaatkan alat ini.

    Lalu untuk menentukan pilihan jenis standing banner mana yang tepat, dapat dengan mempertimbangkannya dengan berdasarkan penggunaannya. Misalnya untuk gaya tampilan yang diinginkan, untuk penggunaan jangka panjang atau pendek, lalu berapa bujet yang dimiliki. Sedangkan untuk menentukan ukuran dapat mengacu pada ruang yang tersedia.

    Di bawah ini adalah jenis-jenis standing banner yang dapat dipilih beserta ukuran yang standar.

    1. Roll Banner

    Roll Banner merupakan jenis standing banner yang paling populer, karena sangat mudah ditampilkan dan juga sangat praktis untuk mengemasnya kembali. Disebut roll karena cara memasangnya dengan menarik cetakan banner yang telah dimasukkan di dalamnya dengan menggulung. Jenis stand ini memiliki tiang penyangga dengan ketinggian yang dapat disesuaikan.

    Cara mengemasnya pun cukup dengan melepas tiang penyangga, lalu menggulung banner ke dalam alat. Dengan menggunakan roll banner ini, memungkinkan pemasangan, penyimpanan, dan pengiriman dengan cepat.

    Standing bisa menjadi solusi yang sempurna untuk bisnis yang rutin mengikuti pameran dagang. Namun jenis stand ini juga dapat dijadikan untuk tampilan banner jangka panjang di ruang publik. Roll banner bisa ditempatkan di lokasi yang dilewati pejalan kaki seperti pusat perbelanjaan.

    Percetakan biasanya memiliki beberapa variasi ukuran standar dengan selisih harga yang berbeda. Di bawah ini adalah ukuran standar roll banner.

    1. 60 x 160 cm
    2. 85 x 200 cm
    3. 120 x 200 cm

    Bahan cetakan roll banner dapat menggunakan bahan banner Albatros, Flexi, dan Luster. Standing ini mudah dibawa karena biasanya memiliki tas kecil hitam yang ringan untuk pengemasannya.

    Standing Roll Banner
    Credit: Google Images

    2. X Banner

    X banner bersifat praktis, namun untuk menampilkan standing banner ini tidak sekadar dengan ditarik. Disebut X karena kerangkanya mirip dengan huruf X. Cara memasang standing ini adalah dengan melubangi setiap sudut banner, lalu memasangkan ring. Lalu mengaitkan ring di keempat sudut dengan empat ujung kerangka masing-masing. Dengan model kerangka ini, cara mengemasnya adalah dengan melepas cetakan banner secara manual dari kerangkanya.

    X banner biasanya banyak diletakkan di titik pembelian atau penjualan. Kendati pemasangannya tidak secepat dan semudah roll banner, jenis standing ini juga populer karena lebih ringan dan harganya cenderung lebih murah. Alat ini sangat populer untuk bisnis yang memiliki bujet terbatas namun menginginkan standing banner berkualitas.

    X banner memiliki berbagai ukuran ketinggian dan lebar. Di bawah ini adalah ukuran standarnya.

    1. 60 x 120 cm
    2. 60 x 160 cm
    3. 80 x 180 cm

    Bahan cetakan X banner dapat menggunakan Albatros, Kanvas, Flexi, dan Luster. Standing ini mudah dibawa karena biasanya memiliki kain pembungkus yang ringan untuk pengemasannya.

    Standing X Banner
    Credit: storageracksg.com

    3. Mini X Banner

    Mini X banner serupa dengan X banner, namun versi yang kecil. Biasanya stand ini untuk diletakkan di atas meja. Mini X Banner memiliki ukuran standar di bawah ini.

    1. 26 x 38 cm
    2. 25 x 40 cm

    Lain dengan X banner, Bahan cetakan yang bisa digunakan untuk alat stand ini tidak harus bahan banner. Namun dapat juga dengan jenis kertas yang terbal seperti kertas karton.

    Standing Mini X Banner
    Credit: Alibaba

    4. Y Banner

    Y banner mendapatkan namanya karena ketika ditampilkan kerangkanya seperti huruf Y. Standing banner ini sangat mirip dengan X banner, Cara pemasangan dan pengemasannya juga serupa. Perbedaannya dengan X banner adalah Y banner memiliki dua lengan penyangga di kerangkanya untuk mengencangkan dan memperkokoh tampilan. Y Banner memiliki ukuran standar 60 x 160 cm.

    Standing Y Banner
    Credit: x-claremont.revprint.co.za

    5. Backwall Portable

    Backwall portable merupakan jenis standing banner berukuran besar dan berstandar tinggi. Alat ini dikenal juga sebagai Magnetic backdrop. Stand ini memiliki kualitas tinggi dan tahan lama, oleh karena itu ditujukan untuk penggunaan jangka panjang. Backwall portable ini memiliki kerangka khusus yang dibuat untuk memberikan tampilan yang sempurna. Biasanya digunakan oleh peserta untuk pameran kelas atas. Dengan demikian, tentu stand ini memiliki harga yang relatif mahal.

    Backwall portable ini dapat menarik perhatian dengan jangkauan yang lebih luas, bisa digunakan untuk presentasi penjualan dan pameran yang besar. Bahkan dapat digunakan sebagai latar belakang foto. Alat ini bisa menjadi solusi yang tepat ketika harus tampil mewah dari biasanya.

    Backwal portable memiliki bentuk melengkung dan lurus. Keduanya memiliki ukuran standar di bawah ini.

    1. 3 x 3
    2. 3 x 4

    Bahan cetakan backwall portable biasanya menggunakan bahan stiker vinyl yang ditempelkan ke bahan banner PVC. Standing ini biasanya memiliki wadah khusus untuk pengemasan dan penyimpanannya.

    Backdrop Portable
    Credit: Alibaba

    6. Tripod Banner

    Tripod banner merupakan standing banner yang tahan lama, ringan, dan hemat biaya. Jenis standing ini mudah untuk dipasang dan diganti cetakannya. Cukup dengan memasang cetakan ke lengan penyangga yang fleksibel, tidak memerlukan alat tambahan khusus. Tampilan banner ini juga mudah diatur dan tampak kokoh.

    Tripod banner memungkinkan untuk diaplikasikan satu ataupun dua sisi dengan pilihan lebar dan tinggi yang dapat disesuaikan.  Jika dengan dua sisi, banner dapat menjangkau audiens dari semua arah. Bahan cetakan tripod banner ini biasanya menggunakan bahan stiker vinyl yang ditempelkan ke papan board. Namun bisa juga dengan bahan banner flexi yang diselongsong.

    Standing Tripod Banner
    Credit: aliexpress.com