Lebih Bagus Mana Antara JNE OKE, REG, dan YES?

    Perbedaan antara JNE OKE, REG, dan YES – Di zaman yang banyaknya bisnis online seperti sekarang ini, perusahaan jasa pengiriman memiliki peran yang penting. Bisa dikatakan demikian karena banyak transaksi yang memerlukan pengataran paket dari penjual ke pembeli. Oleh sebab itu, layanan pengiriman paket yang cepat dan aman sangat diperlukan. Salah satu yang biasa digunakan oleh banyak orang adalah Jalur Nugraha Ekakurir.

    Jalur Nugraha Ekakurir merupakan kepanjangan dari JNE, yakni perusahaan jasa kurir ekspres dan logistik yang kantor pusatnya berlokasi di Jakarta. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE). Perusahaan ini melayani pengiriman paket dan dokumen dengan ketepatan pada waktu dan tujuan.

    Terdapat beberapa istilah pada layanan JNE. Ketika hendak menggunakan jasa pengirimannya, biasanya diberikan beberapa pilihan. Misalnya adalah JNE OKE, REG, dan YES, yang mana ketiganya merupakan contoh dari beberapa jenis layanan yang diberikan JNE dan memiliki perbedaan.

    Banyak yang menanyakan apa perbedaan antara ketiganya, mungkin juga ada yang menanyakan mana yang lebih bagus antara JNE OKE, REG, dan YES.

    Oleh karena itu berikut merupakan penjelasan perbedaan antara JNE OKE, REG, dan YES.

    Perbedaan antara JNE OKE, REG, dan YES.

    1. JNE OKE

    OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) adalah layanan pengiriman ke semua wilayah di Indonesia dengan biaya yang murah, namun perkiraan sampainya kiriman cenderung lebih lama dari REG. Lalu juga berdasarkan pada zona wilayah tujuan pengiriman.

    JNE OKE memiliki beberapa ketentuan, antara lain berikut ini.

    1. Tidak melayani pengiriman pada hari sabtu, minggu, dan libur nasional

    2. Tidak memiliki garansi uang kembali.

    Pada 1 Oktober 2017, JNE mengumumkan bahwa pengiriman dengan layanan JNE OKE tidak diberlakukan untuk dalam kota.

    Kiriman paket ini dapat memiliki ukuran yang besar maupun berat. Karena layanan JNE OKE ini bisa menggunakan transportasi udara dan juga angkutan darat. Namun yang biasa diacu untuk perbedaan JNE OKE dengan REG dan YES adalah harganya dan juga waktu sampainya. Perkiraan waktu sampainya kiriman paling cepat biasanya 3 hari kerja.

    2. JNE REG

    REG (Reguler) adalah layanan pengiriman ke semua wilayah di Indonesia, dengan taksiran waktu sampainya kiriman antara 1 hingga 7 hari kerja. Lalu juga berdasarkan pada zona wilayah tujuan pengiriman.

    JNE REG memiliki beberapa ketentuan, antara lain berikut ini.

    1. Tidak melayani pengiriman pada hari minggu dan libur nasional.

    2. Tidak memiliki garansi uang kembali.

    Pengguna bisa melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill number lewat situs web JNE.

    Dengan gaya hidup masyarakat sekarang ini yang modern dan dinamis, lalu dengan pentingnya efektivitas dan efisiensi. Layanan JNE REG ini bisa digunakan untuk memastikan pengiriman paket yang cepat dan aman ke semua wilayah di Indonesia.

    Estimasi waktu sampainya kiriman untuk tujuan kota yang berada langsung di kota agen utama antara 1 hingga 3 hari. Sementara untuk tujuan kota di luar kota agen utama, estimasi waktu sampainya kiriman paling lama 7 hari.

    3. JNE YES

    YES (Yakin Esok Sampai) adalah layanan pengiriman dengan waktu sampainya ke tujuan pada keesokan harinya, termasuk pada hari minggu dan libur nasional.

    JNE YES memiliki beberapa ketentuan, antara lain berikut ini.

    1. Berlaku waktu batas maksimum pengiriman.

    2. Sampainya kiriman paling lambat adalah jam 23.59 waktu setempat.

    3. Berlaku bagi beberapa kota yang ditentukan.

    4. Memiliki garansi uang kembali, jika keterlambatan sampainya kiriman dikarenakan oleh pihak JNE.

    Pengguna bisa melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill number melalui lewat situs web JNE.

    JNE YES dapat dikatakan sebagai layanan premium, sesuai dengan namanya yakin esok sampai. Yang mana ditujukan untuk mengantisipasi keperluan pengiriman dengan target keesokan harinya harus sampai tujuan. Bahkan JNE memberikan garansi uang kembali jika kiriman tidak sampai di keesokan harinya. Ketentuan ini yang biasa menjadi acuan perbedaan antara layanan JNE YES dengan OKE dan REG.

    Namun yang perlu diingat adalah bahwa, layanan JNE YES ditujukan untuk beberapa kota yang ditentukan oleh pihak JNE. Oleh sebab itu, jika hendak menggunakan layanan ini sebaiknya periksa apakah kota tujuan yang dimaksud masuk di layanan YES.

    Kesimpulan

    Perbandingan perbedaan JNE OKE, REG, dan YES

    1. Layanan JNE YES lama pengirimannya 1 hari, untuk REG 1-3 hari dan paling lambat 7 hari jika kota di luar agen utama, dan untuk OKE paling cepat 3 hari.

    2. Layanan JNE YES memiliki garansi uang kembali. Sedangkan REG dan OKE tidak, meskipun paket tidak sampai dengan tepat waktu.

    3. Layanan JNE YES memiliki harga yang lebih mahal, REG adalah sedang, dan OKE biasanya yang paling murah.

    4. Layanan JNE YES pengantarannya tidak libur meskipun di hari minggu maupun hari libur nasional. Sedangkan REG libur di hari minggu dan hari libur nasional. Lalu OKE libur di hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional.

    Lebih bagus mana antara ketiganya?

    Jawaban untuk lebih bagus yang mana antara ketiganya, jelas JNE YES lebih bagus. Namun memerlukan biaya yang lebih mahal, oleh karena itu sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan saja.

    Taksiran/perkiraan/estimasi pengiriman JNE adalah tempo waktu pengiriman ketika paket diproses di kantor cabang hingga sampai ke tujuan. Nomor resi yang didapatkan bisa digunakan untuk pelacakan melalui situs web JNE ataupun situs pelacakan resi lainnya.

    Jika belanja online seperti di BukaLapak, Tokopedia, Shopee, dll, biasanya pengecekan bisa dilakukan melalui situs web ataupun aplikasi toko online tersebut. Lalu jika untuk melakukan pengiriman dengan jasa JNE ini, upayakan untuk mengemas paket dengan rapi dan memberikan alamat yang jelas biar kurir mudah menemukannya. Juga hindari mengirim jenis paket yang dilarang.

    Referensi: JNE Express (www.jne.co.id)