Kata-Kata di Balik Senyuman: Ada Luka, Ada Kesedihan

    Kata-Kata di Balik Senyuman РBahagia dan sedih, jelas keduanya tidaklah tidak sama. Jadi kita mungkin tidak bisa merasakan keduanya dalam satu waktu bersamaan. Tetapi ada situasi yang sangat memungkinkan seseorang harus menutupi kesedihannya dengan senyuman. Seolah-olah dari senyumannya, dia menunjukkan perasaan yang bahagia. Padahal, bisa saja dibalik senyuman ada kesedihan, juga bisa ada luka.

    Sekadar contoh misalnya, ada seseorang yang mengalami penghinaan di depan publik atau seseorang yang perasaannya tergores oleh peristiwa yang memalukan. Dia mungkin di depan orang lain akan menunjukkan sikap bahwa dia tidak apa-apa atau mengatakan kalau dia tidak apa-apa. Dia tidak akan mengatakan, saya kecewa, saya malu, saya terhina, dll di depan publik.

    Mengapa demikian? Itu karena mekanisme pertahanan diri, yaitu satu-satunya cara terakhir yang bisa dilakukan oleh korban untuk membela dirinya. Di dalam ilmu psikologi itu disebut sebagai Cassandra Complex.

    Secara etimologi, Cassandra itu nama Putri Raja Priamos dan Ratu Hekabe di Troya dalam Mitologi Yunani. Diceritakan bahwa Cassandra itu sangat cantik, sehingga Apollo jatuh cinta padanya. Nah, karena itu Apollo menghadiahinya kemampuan untuk meramal. Namun ternyata Cassandra tidak mau jadi pasangannya Apollo. Akhirnya Cassandra dikutuk bahwa apapun yang diucapkannya tidak akan dipercayai oleh siapapun.

    Jadi meskipun Cassandra itu bisa meramal masa depan, namun sayangnya apapun yang dia ucapkan tidak akan dipercayai orang lain. Nah di dalam ilmu psikologi, itu bisa digunakan untuk menjelaskan bahwa di kala seseorang merasa tertekan atau terbebani secara psikis. Maka dia tidak akan bisa mengungkapkan yang sedang terjadi pada dirinya kepada orang lain. Karena itu, dikenalnya sebagai Cassandra Complex.

    Oke, sekarang kita kembali ke pembahasan tentang kata-kata di balik senyuman ada luka dan ada kesedihan. Seperti yang kita tahu bahwa seiring datangnya kesedihan, keceriaan pasti semakin memudar. Biarpun begitu, hidup tetaplah harus dilanjutkan. Kata-kata di bawah ini mungkin beberapa di antaranya bisa menggambarkan perasaanmu.

    Daftar Isi:

    Kata-Kata di Balik Senyuman Ada Luka

    Berikut adalah kata-kata di balik senyuman ada luka.

    1. Tidak semua senyuman bermakna kebahagiaan. Sebab ada beberapa senyum yang menjadi penutup hati yang sedang terluka.

    2. Bukan karena bahagia maka aku harus tertawa, dan di kala tersenyum bukan berarti aku bahagia.

    3. Ada senyum yang dapat membuatku lupa di mana luka berada.

    4. Kalau Kamu pernah menikmati hujan di kala langit tak mendung, mungkin Kamu tahu rasanya air mata turun di kala tersenyum.

    5. Jangan tersenyum hanya untuk menyembunyikan kesedihanmu, namun tersenyumlah untuk menyembuhkan luka hatimu.

    6. Di kala hidup memberimu seratus alasan untuk menangis, beri hidup seribu alasan untukmu tersenyum.

    7. Cobalah tetap tersenyum di kala sakit dan cobalah tetap bersabar di kala terluka. Sebab hanya senyum dan sabar yang bisa menguatkan hati.

    8. Dia yang terluka tetapi tetap tersenyum bukan berarti menipu orang lain. Namun dia sedang menguatkan hatinya untuk tetap kuat menghadapi semua masalahnya.

    Kata-Kata di Balik Senyuman Ada Kesedihan

    Menjaga ekspresi wajah biar tetap kelihatan bahagia di kala sedang bersedih memanglah tidak mudah. Jika ingin mengekspresikan perasaan yang lagi tidak karuan, ungkapkan saja dengan kata-kata jika memang itu dapat membantu. Berikut adalah kata-kata di balik senyuman ada kesedihan.

    1. Kalau lagi sedih mending pura-pura bahagia. Barangkali bisa lupa pura-puranya dan jadi bahagia sungguhan.

    2. Bisa jadi seseorang memilih untuk tersenyum karena dia tidak mau menjelaskan mengapa dirinya bersedih.

    3. Sebaiknya tersenyum dan bersikap semua baik-baik saja, daripada bersedih dan harus menjawab semua pertanyaan mereka.

    4. Terima kasih telah membuatku tersenyum. Terima kasih juga telah membuatku bersedih.

    5. Di balik senyuman dan canda tawa, seseorang bisa saja memiliki kesedihan dan kekecewaan yang tak diketahui oleh orang lain.

    6. Hidup adalah pilihan. Siapa yang biasa membuatmu bersedih, tinggalkan. Siapa yang membuatmu tersenyum, pertahankan.

    7. Hidup cukup rumit di kala Kamu harus pura-pura tersenyum, cuma karena tidak ingin dia tahu, bahwa dia adalah yang membuat kamu bersedih.

    8. Alasan tersenyum dari tiap-tiap orang bisa beda-beda. Ada yang tersenyum karena memang hatinya sedang bahagia, tapi ada juga yang tersenyum karena menyembunyikan kesedihan dan luka.

    Kata-Kata Mutiara Tersenyum dalam Kesedihan

    Berikut adalah kata-kata mutiara tersenyuman dalam kesedihan.

    1. Gunakan senyumanmu untuk mengubah dunia, namun jangan sampai dunia mengubah senyumanmu.

    2. Kamu bisa percaya pada seseorang yang sanggup melihat sedih dibalik senyummu, cinta dibalik kemarahanmu, dan arti dibalik diammu.

    3. Diam dan senyuman, keduanya memiliki kekuatan besar. Dengan senyum, memudahkan kita mengatasi berbagai masalah. Dengan diam, mencegah kita terlibat dengan berbagai masalah lainnya.

    4. Seseorang menangis tidak karena mereka lemah, namun karena dia telah tersenyum untuk waktu yang cukup lama.

    5. Kebahagiaan memanglah sumber dari senyuman, tetapi bisa jadi juga senyuman menjadi sumber kebahagiaan.

    6. Di kala seseorang tersenyum, banyak orang yang bilang dia sedang berbahagia. Namun bisa jadi itu adalah cara dia agar tidak kelihatan lemah.

    7. Bisa jadi seseorang tersenyum bukan karena bahagia, melainkan karena dia tahu bahwa dengan bersedih tidak mungkin bisa menyelesaikan masalah.

    8. Jangan membalas mereka yang tidak menyukaimu. Tersenyum dan bahagialah di depan mereka, sebab tidak ada cara yang lebih menyakiti mereka selain itu.

    9. Tersenyumlah jika ingin orang lain memberikan senyumannya padamu.

    10. Senyum adalah cara gampang untuk membuat orang lain bahagia.

    11. Jangan mudah percaya pada senyuman seseorang padamu.

    12. Senyuman tidak menunjukkan bahwa kita bahagia, namun senyuman bisa menjadi awal dari kebahagiaan

    13. Di kala Kamu memaafkan dan tersenyum kepada orang yang telah menyakitimu, di situ Kamu telah memastikan bahwa dirimu lebih baik dari mereka.

    Penutup

    Sebagai manusia pada umumnya, kita tidak bisa selamanya bahagia ataupun sedih. Pasti ada waktunya kita bahagia dan ada waktunya juga kita sedih dengan silih berganti. Mudah-mudahan kata-kata di balik senyuman ada luka dan ada kesedihan di atas dapat mewakili perasaan yang Kamu alami sekarang ini, yang mungkin dikarenakan ada masalah dengan teman dekat, sahabat, keluarga, pasangan, ataupun soal pekerjaan.


    Share this post:
    Loading...