Kelebihan, Kekurangan & Harga Terbaru

Tablet yang dikeluarkan oleh Xiaomi tidak kalah bagus dengan tablet Samsung atau bahkan iPad. Keunggulannya, tablet Xiaomi dibanderol dengan harga yang terjangkau, siapa pun bisa menabung dan membelinya. Seperti Xiaomi Pad 6 Pro, tablet terbaru yang dikeluarkan Xiaomi tahun 2023 ini.

Memang, Xiaomi baru saja merilis tablet terbaru mereka, yakni Xiaomi Pad 6 Indonesia dan Xiaomi Pad 6 Pro. Bedanya jelas, versi pro lebih baik dibandingkan dengan versi biasa, harganya pun lebih mahal. Nah, artikel ini akan khusus membahas dan mengulas tentang Xiaomi Pad 6 Pro.

Review Xiaomi Pad 6 Pro

Tablet ini termasuk baru, mungkin belum banyak yang memilikinya. Jadi, kamu tidak bisa tanya sembarang orang untuk mendapatkan testimoni tentang tablet ini. Mau tidak mau, kamu memang harus membaca ulasannya di internet.

Kabar baik, di bawah ini akan diulas beberapa sektor penting dari tablet ini, mulai dari kamera, chipset, layar sampai harganya. Jika kamu tertarik untuk membeli tablet ini, pastikan untuk membaca dan memahami ulasannya sampai akhir.

1. Network

Seperti yang telah kamu duga, dan seperti yang umumnya terjadi pada tablet, Xiaomi Pad 6 Pro tidak memiliki jaringan seluler. Tentunya, tablet ini tidak akan memiliki port untuk memasukkan SIM Card. Lalu bagaimana agar tablet ini terhubung dengan internet?

Layaknya tablet pada pada umumnya, kamu hanya bisa terhubung ke internet dengan WiFi. Tablet ini sudah mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/a/6e, dual band dan WiFi Correct. Pastikan untuk berada di tempat yang ada WiFi-nya, atau menggunakan WiFi Hotspot ketika menggunakan tablet ini.

2. Waktu Rilis

 Xiaomi Pad 6 Pro rilis berbarengan dengan versi biasanya, yaitu Xiaomi Pad 6, tepatnya pada 30 April 2023. Namun, sementara tablet ini hanya rilis di China saja. Sekarang sudah masuk Mei, tentunya tablet ini sudah dipasarkan di Indonesia, jadi cari di toko resmi Xiaomi di dekatmu.

3. Bodi

Sekarang kita akan membahas spesifikasi bodi yang dimiliki oleh tablet Xiamoi ini. tablet ini hadir dengan dimensi 254 x 165.2 x 6.5 mm, dan berat 490 gram. Tentu, dimensi dan beratnya jauh dibandingkan dengan ponsel, mungkin kamu butuh tas untuk membawa tablet ini.

Bagian depan tablet sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3, yang meski bukan versi terbaru, namun tetap bisa memberikan perlindungan maksimal dari goresan dan benturan. Adapun bagian belakangnya terbuat dari aluminium, begitu pula dengan bagian tepinya.

Soal warna, versi pro ini sama dengan versi biasa, yakni hitam, biru dan emas. Semuanya didesain dengan sangat mewah nan elegan, mirip seperti tablet premium. Jika kamu hanya memiliki dana terbatas, ini bisa menjadi pilihan yang cerdas.

4. Tampilan Layar

Spesifikasi layar menjadi penting saat kamu ingin membeli sebuah tablet. Tablet dengan layar yang tajam dan jernih tentu lebih nyaman digunakan daripada layar yang biasa saja. Kabar baiknya, Xiaomi Pad 6 Pro telah dibekali dengan spesifikasi layar yang luar biasa.

Layar tablet ini memang masih menggunakan panel IPS LCD, namun layar tersebut bisa menampilkan 10 miliar warna, memiliki refresh rate 144Hz, HDR10 dan Dolby Vision. Layarnya memiliki kecerahan maksimal sampai 550 nits, cukup jelas terlihat ketika berada di luar ruangan atau di bawah terik matahari.

Layarnya memiliki luas 11,0 inci, akan terasa lega untuk berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, mendesain, menonton multimedia atau bermain game. Rasio layar ke bodi mencapai 83.6%, membuat layar tablet ini semakin luas.

Soal resolusi, Xiaomi Pad 6 Pro memiliki resolusi Full HD+, yakni 1800 x 2880 pixel, dengan kerapatan 309 ppi (pixel per inch). Pastinya, dengan spesifikasi seperti ini, layar tablet ini sudah sangat luar biasa, cocok untuk melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman layaknya di iPad.

Kemudian, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layar tablet ini telah dilindungi dengan Gorilla Glass 3. Pelindung layar ini memiliki kualitas jempolan, meski bukan versi terbaru. Karena itu, kamu tidak perlu lagi membeli screen protector secara mandiri.

5. Performa

Selanjutnya kita akan membahas performa dari Xiaomi Pad 6 Pro, yang semuanya tergantung dari hardware yang dimilikinya. Tablet ini menggunakan Android sebagai sistem operasinya, yaitu Android 12. Untuk interface, mereka menggunakan MIUI 14 terbaru, yang pastinya ramah pengguna.

Beralih ke chipset, tablet ini ditenagai dengan Qualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm). Chipset ini menggunakan delapan inti, untuk performa dan irit daya. Soal pengaturan grafis, Xiaomi menyerahkannya kepada GPU Andreno 730.

Lalu, bagaimana performa tablet ini? Dengan spesifikasi seperti di atas, tablet ini bisa kamu andalkan untuk aktivitas apa saja, mulai dari gaming, membuka aplikasi, desain dan lain sebagainya. Terutama untuk bermain game, kamu bisa memainkan banyak game berat nyaris dengan lancar.

Apalagi, ada dukungan RAM 8GB dan ROM 128GB, yang cocok untuk multitasking dan menyimpan banyak file ukuran besar. Ada banyak varian RAM/ROM yang tersedia, dengan harga yang berbeda-beda, pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Kamera

Meski tablet, namun Xiaomi Pad 6 Pro tetap dibekali dengan spesifikasi kamera yang bagus, tidak kalah dengan smartphone. Pastinya, kamera tablet ini bisa kamu andalkan untuk mengambil foto yang keren, detail, minim noise dan memiliki tone warna yang pas.

Ada dua kemera utama, masing-masing berukuran 50MP (f/1.8, (wide), 1/2.76″, 0.64µm, PDAF) dan 2MP (f/2.4, (depth)). Ada fitur pendukung seperti HDR, panorama dan Dual-LED flash, untuk memastikan hasil jepretan yang berkualitas.

Kamera utamanya mampu menghasilkan video dengan kualitas jempolan, yakni 4K di 30/60fps dan 1080p di 30/60 fps. Kalau kamu sering membuat video dengan tablet, maka bisa mengeditnya sekalian lalu mengunggahnya ke media sosial.

Beralih ke kamera depan, tablet ini memiliki kamera depan ukuran 20MP (f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm). bisa diandalkan untuk mengambil foto selfie yang tajam dan jernih. Kamera depannya juga bisa merekam video dengan kualitas yang baik, yakni 1080p di 30/60fps.

7. Baterai

Terakhir, kita akan membahas baterai dari tablet ini, yang mana sudah sangat jumbo, mencapai 8.600mAh. Baterainya sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 67W, yang konon bisa mengisi daya sampai penuh hanya dalam waktu 1 jam.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 6 Pro

Sebagai bahan pertimbangan, bisa cek kelebihan dan kekurangan tablet ini, yaitu :

1. Kelebihan

  • Baterai awet.
  • Chipset gahar.
  • GPU bagus.
  • Desain kekinian.
  • Kamera bisa diandalkan.
  • Kualitas video 4K.
  • Layar Full HD+

2. Kekurangan

  • Tidak ada SIM Card.
  • Tidak ada koneksi seluler, hanya WiFi.
  • Tidak ada slot SD Card.
  • Tidak ada  radio dan NFC.

Harga Xiaomi Pad 6 Pro

Varian Harga
8/256GB Rp5.800.000
12/256GB Rp6.400.000
12/512GB Rp7.000.000

Xiaomi Pad 6 Pro adalah versi upgrade dari Xiaomi Pad 6, unggul di beberapa sektor seperti chipset, kamera dan RAM/ROM. Jika kamu memiliki dana lebih, sangat disarankan untuk membeli versi pro, karena memang lebih baik.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan