Kerja Bakti Dapat Dilakukan untuk Usaha Pelestarian Lingkungan

    Kerja bakti adalah kegiatan yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan, yaitu dengan sukarela dan hasilnya untuk dinikmati bersama. Dalam situasi publik yang seperti sekarang ini, nampaknya kegiatan semacam ini tidak mudah untuk dilakukan. Sebab kebanyakan warga memiliki kesibukan dan bahkan beberapa memiliki rasa egoisme pribadi.

    Namun bagaimanapun juga perlu kita sadari pentingnya kegiatan ini. Lebih-lebih kalau kita ingin menjaga kelestarian lingkungan sekitar bersama. Nah apa saja yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan? Berikut adalah pembahasannya.

    Apakah yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan?

    Dengan kerja bakti kita dapat melakukan usaha pelestarian lingkungan, misalnya yakni dengan membersihkan selokan di depan rumah masing-masing dan membersihkan sampah di lingkungan sekitar.

    Apakah manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?

    Kerja bakti juga memiliki manfaat dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga. Sebab ada banyak pembelajaran yang bisa diambil. Misalnya kegiatan mendorong kita untuk menempatkan persatuan dan kesatuan sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

    Karena itu, tidak salah kalau kegiatan ini dikatakan mampu mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa. Selain mempererat rasa persatuan tersebut, lingkungan juga menjadi bersih.

    Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?

    Kerja bakti dimaksudkan untuk mempertemukan para warga, sebab masing-masing warga pasti memiliki kesibukan sehari-hari. Karena itu, lewat kegiatan ini mereka jadi bisa menikmati suasana kebersamaan dan keakraban satu sama lain.

    Saat kerja bakti, pejabat atau pemerintah setempat bisa memberikan arahan dalam persoalan kebersihan dan kebijakan lingkungan. Tentu diperlukan kemauan dari mereka semua untuk turun ke lapangan.

    Kegiatan ini memanglah bisa menjadi semacam sarana untuk menghidupkan kebersamaan sesama warga. Melalui kegiatan semacam ini pula kenyamanan bisa dicapai.

    Penutup

    Di kebanyakan daerah di Indonesia, kerja bakti dilakukan oleh bapak-bapak dan pemuda yang berkumpul. Sementara itu ibu-ibu menyiapkan makanan dan minuman seadanya. Dengan kesederhanaan itu, sikap gotong royong mampu menghasilkan kerukunan yang mungkin tidak mudah diperoleh di saat kesempatan yang lain.

    Sifat kekeluargaan dan jiwa gotong royong merupakan bagian penting dari bangsa Indonesia. Sifat tersebut didasarkan oleh kemanusiaan dan kebudayaan. Semua sifat itu bisa diperlihatkan ketika ada kegiatan kerja bakti untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam kepentingan bersama.

    Selain itu, dalam pengambilan keputusan yang melibatkan kepentingan bersama harus selalu dilaksanakan dengan musyawarah dan mufakat. Sebab itu adalah yang mampu mendorong terwujudnya persatuan bangsa Indonesia.

    Mungkin sementara itu cukup untuk pembahasan tentang apa yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.


    Share this post:
    Loading...