Kertas HVS Adalah: Pengertian, Fungsi, Ukuran, dan Gramasi

    Kita bisa menemukan berbagai macam kertas di pasar dengan ciri-ciri, fungsi, ukuran, gramasi, dan harga yang berbeda. Salah satunya yang paling banyak digunakan misalnya adalah HVS. Namun di luar, mungkin informasi untuk HVS tidak begitu banyak dan hanya sebatas pengertian bahwa kertas ini bisa digunakan untuk menulis dan mencetak. Oleh karena itu, berikut adalah ulasan lebih lengkap untuk pengertian, ciri-ciri, fungsi, ukuran, dan gramasi Kertas HVS yang bisa dijadikan referensi.

    Daftar Isi:

    Pengertian

    Kertas HVS adalah salah satu jenis kertas uncoated, yaitu kertas yang tidak dilapisi lilin dan memiliki nuansa alami. Di kedua sisi permukaannya, baik itu depan ataupun belakang mempunyai permukaan yang serupa.

    HVS merupakan singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier. Mungkin terdengar rada asing? Benar, karena istilah tersebut dari Bahasa Belanda, bukan Bahasa Inggris. Pada Bahasa Inggris dikenal sebagai Wood-free paper. Sedangkan di Indonesia biasanya disebut dengan HVS saja.

    HVS ini merupakan kertas yang paling banyak kita temui. Bisa demikian, karena kertas ini merupakan yang paling cocok digunakan untuk berbagai keperluan umum, permukaannya yang tidak silau menjadikannya nyaman untuk membaca. Lalu harganya juga relatif murah jika dibandingkan dengan kertas lainnya.

    Ciri-Ciri

    Ciri-Ciri Kertas HVS adalah memiliki tekstur rada kasar yang membuatnya mudah untuk menulis, baik itu menggunakan pensil maupun pulpen. Selain tinta pulpen, kertas ini juga mudah untuk menyerap tinta mesin printer.

    HVS biasanya memiliki warna putih polos pada kedua sisinya dan mudah diwarnai dengan warna apapun. Meski putih polos dan cenderung tipis, kertas ini dibuat sedemikian rupa biar tidak mudah berubah warna kekuningan.

    Namun jika dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya disimpan di tempat yang sebaik mungkin. Bagaimanapun juga, kertas yang tipis cenderung mudah sobek atau robek. Lalu jika terkena cahaya lampu ataupun cahaya matahari berlebih untuk jangka waktu yang lama dan terus menerus, pada akhirnya dapat menurunkan kualitasnya juga. Oleh sebab itu, jika kertas ini ditujukan untuk pengarsipan, sebaiknya gunakan perlengkapan kearsipan yang memadai.

    Fungsi

    Kertas HVS dapat digunakan untuk macam-macam keperluan, seperti kertas fotokopi, kop surat, isi buku catatan, hingga perlengkapan kantor. Kertas ini memiliki kontras yang dapat memberikan kejelasan dan cocok untuk semua kebutuhan tulis menulis. Lalu dengan permukaannya yang putih polos dan mudah menyerap tinta, memungkinkan untuk mendapatkan hasil cetak yang tajam dan bersih untuk cetakan hitam putih maupun semua warna.

    Namun karena HVS cenderung tipis, penggunaannya menjadi terbatas. Kertas ini tidak ditujukan untuk cetak brosur, kartu nama, undangan, dll. Pada umumnya HVS digunakan untuk keperluan jangka pendek.

    Ukuran

    Ukuran Kertas HVS yang terdapat di pasar dan paling banyak digunakan mulai dari A5, A4, Letter, F4, dan A3. Berikut adalah Ukuran Kertas HVS pada umumnya.

    1. A5: 14.85 cm x 21 cm / 148.5 mm x 210 mm
    2. A4: 21 cm x 29.7 cm / 210 mm x 297 mm
    3. Letter: 21.6 cm x 27.9 cm / 216 mm x 279 mm
    4. F4: 21.6 cm x 33 cm / 216 mm x 330 mm
    5. A3: 29.7 cm x 42 cm / 297 mm x 420 mm

    Di tempat fotokopi, biasanya ukuran yang disediakan terbatas. Semisal tidak mendapatkan ukuran HVS sesuai dengan yang diinginkan, maka bisa memesan ukuran plano di toko kertas, lalu menggunakan jasa pemotongan kertas.

    Gramasi

    Ketebalan Kertas HVS bisa diukur dengan gramasi atau gsm. Gramasi HVS yang lebih tinggi, maka lebih tebal dari gramasi yang dibawahnya. Berikut ini beberapa gramasi HVS yang terdapat ini.

    1. HVS 70gsm
    HVS 70gsm biasa digunakan untuk kertas fotokopi.

    2. HVS 80gsm
    HVS 80 gsm biasa digunakan untuk skripsi kampus, makalah, tugas sekolah, dan dokumen penting di kantor.

    3. HVS 100gsm
    HVS 100 gsm dapat digunakan untuk kebutuhan presentasi yang di halaman dokumennya terdapat gambar. Pada umumnya gramasi ini yang paling tinggi untuk HVS.

    Perbedaan HVS dan Art Paper

    Baik itu HVS maupun Art Paper merupakan kertas yang cenderung tipis. Namun keduanya memiliki perbedaan. HVS merupakan jenis kertas uncoated dan tidak memiliki efek glossy. Sedangkan Art Paper merupakan jenis kertas coated, yaitu kertas yang permukaannya ditambahkan lapisan untuk menambahkan efek glossy.

    Kertas Art Paper umumnya digunakan untuk keperluan percetakan, bukan untuk tulis menulis. Karena lapisan di permukaannya, menjadikan Art Paper memiliki daya serap tinta pulpen yang rendah dan tidak mudah kering, bahkan justru kertas bisa jadi kotor. Meski demikian, Art Paper dapat bekerja untuk tinta mesin printer.

    Perbedaan lain antara keduanya juga terdapat pada harga, yaitu HVS lebih murah daripada Art Paper.

    Referensi:
    1. BukaLapak
    2. Tokopedia
    3. https://en.wikipedia.org/wiki/Wood-free_paper


    Share this post:
    Loading...