Apa yang Dimaksud Kertas Kalkir dan Fungsinya?

    Banyak jenis kertas dengan berbagai karakteristik yang berbeda yang bisa ditemui di pasaran. Ketika kita ingin menggunakan bahan ini untuk keperluan tertentu, maka perlu menyesuaikannya dengan karakteristik kertas yang tepat. Misalnya terkait dengan permukaan, warna, dan ketebalan. Salah satu contoh yang populer adalah Kalkir. Di bawah ini adalah apa yang dimaksud Kertas Kalkir dan apa fungsinya.

    Apa yang dimaksud Kertas Kalkir?

    Kertas Kalkir adalah jenis kertas yang tampak tembus pandang. Kertas ini dibuat dengan struktur yang serupa dengan kaca bening, yang mana bisa dilihat hingga tembus ke sisi belakang pada kertas tersebut.

    Dengan begitu, kertas ini bisa digunakan oleh desainer untuk merancang desain. Dengan kertas ini, pekerjaan desain untuk menyelesaikan gambar bisa menjadi lebih mudah.

    Fungsi

    Fungsi Kertas Kalkir ini bisa digunakan untuk membantu pekerjaan desain untuk bangunan rumah dan proses pemfilman yang biasa digunakan di industri percetakan.

    Ukuran

    Seperti halnya jenis kertas lainnya, jenis kertas ini yang beredar di pasaran memiliki beberapa ukuran reguler. Ukuran Kertas Kalkir yang beredar di pasaran biasanya dinyatakan dengan Seri A dan dengan ukuran satuan sentimeter dan milimeter. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Kalkir seri A4 memiliki ukuran 21 cm x 29,7 cm atau 210 mm x 297 mm.
    2. Kalkir seri A3 memiliki ukuran 29,7 cm x 42 cm atau 297 mm x 420 mm.
    3. Kalkir seri A2 memiliki ukuran 42 cm x 59,4 cm atau 420 mm x 594 mm.
    4. Kalkir seri A1 memiliki ukuran 59,4 cm x 84,1 cm atau 594 mm x 841 mm.
    5. Kalkir seri A0 memiliki ukuran 84,1 cm x 118,9 cm atau 841 mm x 1189 mm.

    Penutup

    Jika Kamu tertarik menggunakan Kertas Kalkir dapat memesannya di toko kertas dan percetakan di kota Kamu. Namun jika ingin memesannya secara online, di toko online seperti BukaLapak dan Tokopedia biasanya banyak juga yang menyediakannya.


    Share this post:
    Loading...