Kertas Kokoru Adalah: Kreasi, Jenis, dan Harganya

    Istilah Kokoru kedengarannya seperti kata yang berasal dari Bahasa Jepang ya? Namun yang ini tidak demikian, di Indonesia terdapat merek kertas yang bernama Kokoru. Kertas ini diproduksi oleh Asia Pulp & Paper (APP). Berikut merupakan pengertian, kreasi, jenis, dan harga Kertas Kokoru.

    Pengertian Kertas Kokoru

    Kertas Kokoru adalah salah satu jenis kertas yang memiliki tekstur bergelombang pada permukaannya. Gelombang ini biasa dikenal dengan istilah Corrugated. Namun kertas ini lain dengan kertas Corrugated yang biasa digunakan untuk kardus.

    Jika kita perhatikan, pada kertas kardus biasanya memiliki 3 lapisan, yang di mana lapisan tengah merupakan kertas bergelombang, lalu pada bagian atas dan bawah bukan kertas bergelombang alias rata. Sedangkan kertas ini tidak seperti kertas kardus.

    Kertas Corrugated
    Credit: kobak.com

    Meski demikian, Kertas Kokoru juga terdapat bagian yang memiliki permukaan rata. Pada penggunaan untuk bahan kreasi kerajinan atau disebut juga sebagai papercraft, biasanya yang bergelombang dijadikan permukaan depan. Lalu permukaan yang rata bisa dijadikan bagian belakang untuk dilem.

    Jika kertas kardus umumnya memiliki warna dasar cokelat, Kertas Kokoru ini biasanya memiliki banyak warna yang bisa dipilih. Namanya pun sebenarnya berhubungan dengan warna (Color) dan gelombang (Corrugated) yang dimilikinya, yaitu Color Corrugated Paper. Jika memang begitu, seharusnya disingkat Cocorru bukan Kokoru ya? Entahlah, mungkin biar lebih mudah dieja seperti Bahasa Indonesia, karena itu disebut Kokoru.

    Kreasi Kokoru

    Kokoru cenderung ringan, gampang dipotong, gampang dibentuk, dan banyak warna yang bisa dipilih. Karena itu, kertas ini banyak peminatnya, yang mana kebanyakan digunakan untuk bahan kreasi kerajinan.

    Kreasi kerajinan menggunakan Kertas Kokoru tidak terbatas pada kerajinan 2 dimensi, melainkan juga 3 dimensi. Dengan kertas ini, kita bisa menghasilkan beragam kreasi kartu, scrapbook, boneka binatang, bingkai foto, hiasan pensil, bahkan rupa-rupa dekorasi.

    Cara gampang untuk berkreasi dengan kertas ini, misalkan bisa dengan menggulung, melipat, menempelkan, dll. Lalu untuk tingkat lebih lanjut, bisa dengan menggunakan alat bantu seperti penggaris, pensil, cutter, gunting, dan lem tembak.

    Jika ingin bisa menghasilkan banyak kreasi dari kertas, pastinya memerlukan kreativitas pada proses pembuatannya. Di internet seperti di YouTube, biasanya banyak video kreatif yang bisa ditonton sebagai panduan berkreasi menggunakan Kertas Kokoru ini. Bahkan jika perlu, di toko buku seperti Erlangga dan Gramedia biasanya terdapat buku panduan untuk berkreasi dengan kertas.

    Kerajinan dari kertas ini juga bisa ditujukan untuk macam-macam keperluan. Misalkan untuk hiasan, kado ulang tahun, bahkan suvenir pernikahan.

    Kreasi Kokoru Caterpillar
    Kreasi Kokoru Caterpillar | Credit: kokoru.co.id
    Kreasi Kokoru Kartu Lebaran
    Kreasi Kokoru Kartu Lebaran | Credit: kokoru.co.id
    Kreasi Kokoru Kucing Biru
    Kreasi Kokoru Kucing Biru | Credit: kokoru.co.id

    Kokoru vs Origami

    Pembuatan kerajinan dengan bahan kertas sudah berlangsung sejak lama dan sampai sekarang ini pun terus berkembang dengan aneka variasi. Semisal Origami, yaitu seni melipat kertas dari Jepang. Origami sudah sejak lama menjadi bagian dari kebudayaan Jepang dan sudah dikenal sejak abad ke 17. Meski mulai populernya adalah di tahun abad ke 19.

    Pada Origami, proses pembuatannya biasanya hanya dengan melipat, tidak dengan menggunting dan merekatkan. Terdapat juga Kirigami, yang menyerupai origami, tetapi pada proses pembuatannya melibatkan memotong dengan gunting dan merekatkan dengan lem.

    Sementara, di negara lain juga terdapat kerajinan dengan bahan kertas. Yaitu Quilling, seni menggulung sejumlah potongan kertas, lalu menyusun dan merekatkan satu sama lain untuk bisa mendapati bentuk tertentu. Kerajinan ini muncul di Eropa, seperti di Perancis dan Italia pada abad ke 18. Seperti halnya origami, seni ini terus digunakan sampai sekarang.

    Seni kerajinan dari kertas semakin berkembang hingga dapat menghasilkan karya yang semakin bervariasi. Terdapat kreasi kerajinan kertas lain seperti paper model hingga pembuatan diorama dari kertas.

    Beberapa waktu terakhir, mulai populer kreasi kerajinan dengan Kertas Kokoru ini. Jika dibandingkan dengan origami, Kertas Kokoru lebih tebal dan memiliki keunikan dengan tekstur gelombangnya.

    Lain dengan origami, kreasi kerajinan kertas ini memerlukan proses menggunting dan merekat. Dengan demikian, hasilnya bisa lebih realistis karena bisa memiliki bentuk 3 dimensi.

    Jenis Kokoru

    Kertas Kokoru memiliki 2 jenis, yaitu Ichi dan Hachi. Ichi memiliki bentuk seperti garis panjang, sedangkan Hachi memiliki dimensi yang serupa dengan ukuran kertas A4. Keduanya tersedia dengan 8 warna dasar, yakni biru, hijau, hitam, putih, merah, orange, emas, dan kuning.

    Terdapat lagi jenis Ichigo dan Hachigo. Ichigo memiliki dimensi yang serupa dengan Ichi. Sedangkan ukuran Hachigo serupa dengan Hachi. Yang membedakan adalah warna kertas Ichigo dan Hachigo lebih soft daripada Ichi dan Hachi.

    Ichigo dan Hachigo tersedia dengan 8 warna pastel, yaitu abu-abu, putih, krem, kuning muda, hijau muda, biru muda, ungu muda, dan pink. Sedangkan Kertas Kokoru jenis Ichiro dan Hachiro tersedia dengan warna gelap seperti hitam, coklat, krem, kuning, hijau tua, merah, ungu tua dan biru tua. Dimensinya sama dengan Ichi dan Hachi, juga Ichigo dan Hachigo.

    Karena itu, jika berdasarkan warna, maka Kokoru memiliki 3 jenis, yaitu

    1. Ichi dan Hachi (8 warna terang)

    2. Ichigo dan Hachigo (8 warna pastel)

    3. Ichigo dan Hachiro (8 warna gelap)

    Dengan berbagai warna yang tersedia, kita bisa semakin bebas berkreasi untuk membuat aneka bentuk yang diinginkan.

    Pertanyaan umum lainnya tentang Kertas Kokoru

    1. Di mana kertas ini bisa dibeli?

    Kertas ini bisa dibeli di toko buku terdekat dan modern market. Di marketplace seperti BukaLapak dan Tokopedia pun biasanya banyak yang menyediakannya.

    2. Tips dan trik membuat karakter dengan Kokoru?

    Tips dan trik untuk membuat dengan Kokoru berdasarkan dari kreativitas. Jika ingin mengetahui contoh cara berkreasi dengan Kokoru, bisa melihatnya di halaman Facebook atau situs web resmi Kokoru.

    3. Mungkinkah terdapat jadwal event di daerah tertentu dan kapan?

    Jadwal event reguler di Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek bisa dilihat melalui halaman Facebook atau situs web resmi Kokoru.

    4. Di mana tempat untuk belajar Kokoru lebih lanjut?

    Untuk sekarang ini, jika ingin belajar mengenai Kokoru bisa menghubungi email [email protected]

    5. Berapa harga kertas Kokoru?

    Harga kertas Kokoru berbeda-beda berdasarkan tempat yang menjualnya.

    6. Di mana tempat untuk membeli aksesoris?

    Aksesoris untuk membuat kreasi Kokoru bisa dibeli di toko buku dan toko aksesoris terdekat.

    7. Lem yang disarankan?

    Lem yang disarankan untuk anak-anak yaitu lem PVAc atau lem handicraft adhesive, namun perlu diingat tingkat keamanan lem berdasarkan dari perusahaan yang memproduksinya. Sedangkan untuk orang dewasa dapat menggunakan lem tembak.

    Harga Kertas Kokoru di Gramedia

    Kroscek pada Hari Sabtu, 05 Oktober 2019 di gramedia.com/search?q=kokoru, Kertas ini memiliki harga berikut.

    1. Harga Kokoru Fp A4 Hachigo Rp 24.500

    2. Harga Kokoru Fp A4 Hachiro Rp 24.500

    3. Harga Kokoru Corrugated A4 8W Hachi Rp 24.500

    Referensi:
    1. Fanpage Facebook Kokoru: facebook.com/kokoru.paper
    2. Situs web resmi Kokoru: kokoru.co.id