Cara Menciptakan Kesadaran dan Ketertiban di Masyarakat

    Ketertiban adalah suatu keadaan yang di mana secara keseluruhan masyarakat begitu teratur, yaitu dengan berdasarkan prinsip kesopanan dan kedisiplinan hingga dapat mencapai tujuan bersama. Tujuan bersama tersebut yakni untuk menciptakan sebuah situasi yang tenteram serta damai.

    Nah, bagaimana cara untuk menciptakan kesadaran dan ketertiban di masyarakat serta apa sajakah faktor yang dapat menyebabkan ketidaktertiban tersebut? Berikut adalah pembahasannya.

    Bagaimana cara menciptakan kesadaran dan ketertiban di masyarakat?

    Cara menciptakan kesadaran dan ketertiban di masyarakat adalah dengan menciptakan peraturan di dalam masyarakat tersebut dan harus ditaati. Kalau ada yang melanggar diberikan sanksi berdasarkan dengan pelanggarannya.

    Apa faktor yang dapat menyebabkan ketidaktertiban tersebut?

    Faktor yang menyebabkan ketidaktertiban tersebut adalah egoisme tiap-tiap individu yang tidak bersedia untuk mengikuti peraturan yang telah diberlakukan. Mereka justru mengutamakan kepentingan pribadi.

    Mengapa pelanggaran ketertiban tersebut bisa terjadi?

    Pelanggaran ketertiban tersebut terjadi karena masyarakat kurang menyadari betapa pentingnya keamanan serta keselamatan dan juga kurangnya pengawasan dari pihak berwajib

    Apakah ketidaktertiban hanya terjadi di kota besar?

    Ketidaktertiban tidak hanya terjadi di kota besar, melainkan bisa hampir di semua wilayah mana pun. Sebab tetidaktertiban bisa terjadi bukan karena wilayah, melainkan karena kurangnya rasa kepedulian dan kedisiplinan masyarakat serta kurang tegasnya peraturan dan sanksi yang diberlakukan.

    Jadi, ketertiban memanglah harus diimplementasikan di berbagai lingkungan. Entah itu lingkungan sekolah, masyarakat, dll dan di kota besar maupun kecil untuk mencapai situasi yang aman dan damai.

    Guna menciptakan ketertiban tersebut, maka perlu ada hukum yang mengikat dalam sebuah kehidupan masyarakat. Dalam masyarakat yang teratur, tiap-tiap anggota masyarakat harus mengikuti norma atau kaidah atau peraturan hidup yang telah diberlakukan dalam masyarakat.

    Meski begitu, hukum tidak mudah untuk dideskripsikan, sebab sudut pandang yang dapat dikaji kompleks dan beragam. Pada umumnya hukum memiliki arti himpunan aturan-aturan yang diciptakan oleh pihak yang memiliki wewenang dengan maksud untuk mengatur tata kehidupan masyarakat yang bercirikan memerintah dan melarang serta sifatnya memaksa dengan memberikan sanksi atau hukuman untuk siapapun yang melanggar.

    Guna mencapai tujuannya, maka hukum perlu difungsikan berdasarkan berbagai fungsi tertentu. Hukum juga harus ditegakkan dalam keadaan apapun. Contohnya penegakan hukum di negara kita sekarang ini sangat diperlukan. Penegakan ini bukan cuma untuk menunjukkan bahwa pemerintah memiliki kepedulian terhadap penegakan hukum, melainkan diperlukan pula untuk memastikan bahwa hukum memanglah bekerja untuk seluruh masyarakat.

    Melalui bekerjanya hukum, keadilan bisa ada dalam kehidupan sehari-hari dan bukan cuma ada di ruang sidang. Namun bisa kita rasakan dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu pula, maka tujuan negara Indonesia yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tercapai, seperti yang tertulis dalam Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila.


    Share this post:
    Loading...