Keyboard Test untuk Windows (Semua Seri) via Aplikasi & Online

Keyboard test merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan papan tik supaya dapat memastikan apakah secara keseluruhan berfungsi dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi keyboard test untuk Windows.

Tujuannya, supaya dapat memastikan bahwa setiap tombol bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila kamu menekan satu tombol dan gambar papan tik sesuai pada layar bersinar hijau, maka artinya bahwa tombol tersebut tidak mengalami error.

Namun ada juga beberapa model tombol yang berwarna kuning. Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan pengecekan tombol yang ada di keyboard. Untuk caranya, silahkan cek ulasan berikut.

Cara Cek Keyboard Secara Manual

Papan tik yang ada di komputer atau laptop memang menjadi komponen yang sangat penting. Mengingat bahwa fungsinya untuk menginput angka, huruf, simbol atau bahkan membuat perintah yang ada di perangkat.

Oleh karena itu, apabila ada keyboard yang error tentu hal ini bisa mengganggu penggunaan dari keyboard itu sendiri. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan tombol mana saja yang mengalami error.

Apabila ada tombol yang error, otomatis perintah yang diberikan tidak akan muncul di layar LCD. Pada biasanya hal ini dikarenakan beberapa faktor. Seperti menekan tombol yang terlalu keras, tombol keyboard terlepas dari pin pengunci pada bagian belakang, atau dikarenakan faktor lain.

Kamu bisa menggunakan cara manual untuk melakukan keyboard test untuk Windows. Caranya seperti berikut ini:

  • Pertama, silahkan kamu membuka aplikasi notepad atau aplikasi word yang ada di perangkat PC atau laptop.
  • Setelah itu, tekan semua tombol, baik itu angka, huruf, simbol, maupun fungsi lainnya yang ada di keyboard.
  • Apabila seluruh tombol tersebut berfungsi dengan baik, maka artinya bahwa keyboard tidak mengalami permasalahan. Akan tetapi, apabila ada tombol yang tidak muncul pada saat ditekan maka kemungkinan besar bahwa keyboard tersebut error atau rusak.
  • Untuk lebih meyakinkan bahwa tombol tersebut mengalami error kamu bisa menggunakan aplikasi bantuan aplikasi atau situs keyboard test untuk Windows laptop.

Aplikasi Keyboard Test untuk Windows

Apabila keyboard di laptop atau komputer mengalami error, maka tidak perlu khawatir, karena dapat memanfaatkan software maupun aplikasi untuk melakukan cek keyboard laptop. Hal ini sama seperti keyboard test yang mana ini merupakan sebuah aplikasi cukup membantu bagi pengguna.

Cara ini bisa dilakukan supaya bisa memastikan bahwa tidak ada tombol yang error. Kalaupun ada yang mengalami masalah, bisa mengetahui tombol mana saja yang bermasalah. Tenang saja, berikut ini terdapat 6 keyboard test yang paling direkomendasikan untuk pengguna Windows, di antaranya:

1. Passmark Keyboard Test

Untuk aplikasi Passmark Keyboard Test ini, pada biasanya digunakan untuk melakukan review hardware komputer atau laptop. Mungkin terdapat beberapa pengguna yang merasa asing dengan keberadaan aplikasi ini.

Passmark dapat digunakan untuk melakukan pengecekan dari kestabilan keyboard yang ada di komputer atau PC. Untuk cara penggunaannya sangatlah mudah, karena kamu tinggal melakukan penginstalan aplikasi.

Setelah itu, langsung saja digunakan, karena kamu nanti akan disuguhkan dengan tampilan keyboard yang membantu untuk melakukan pengecekan fungsi dari keyboard laptop atau PC kamu.

2. Keyboard Test Utility

Untuk aplikasi yang kedua yaitu Keyboard Test Utility yang memberikan penawaran berupa antarmuka sangat sederhana. Dengan demikian, sangat mudah digunakan bagi siapapun, khususnya pemula.

Aplikasi ini mempunyai cara kerja dan fungsi yang hampir sama seperti aplikasi yang pertama. Seperti melakukan pengecekan kenormalan dari keyboard yang menggunakan sistem Windows. Hal menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu sudah adanya support Windows versi terbaru.

Sehingga kamu tidak perlu merasa takut, apabila aplikasi ini tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika ingin memperoleh aplikasi ini, maka dapat melakukan pengunduhan pada perangkat yang kamu miliki. Tenang saja, untuk penggunaan aplikasi ini tanpa berbayar, alias gratis.

3. Aqua’s Keytest Software

Untuk aplikasi keyboard test untuk Windows yang ketiga pastinya tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan kedua aplikasi yang ada di atas. Bersama dengan Aqua’s software, kamu dapat melakukan pengecekan apakah ada keyboard laptop atau pc yang mengalami error.

Perlu diingat, bahwa ini adalah keyboard test untuk Windows portable. Sehingga penggunaannya tidak harus melakukan penginstalan aplikasi ini. Kamu bisa menemukan aplikasi melalui browser. Selain dapat diakses secara portable, kamu juga dapat melakukan download dalam bentuk aplikasi.

Untuk aplikasi Aqua’s software tidak terlalu besar, yaitu 445 KB saja. Sehingga hal ini tidak akan memakan kuota dan ruang penyimpanan yang ada di perangkat.

Cara Menggunakan Keyboard Test Untuk Windows Secara Online

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga dapat menggunakan situs online yang bisa membantu kamu untuk melakukan test keyboard. Cara yang dilakukan tidak terlau sulit, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. KeyboardTester.Com

Apabila kamu tidak ingin menggunakan aplikasi dengan alasan ruang penyimpanan yang tidak memadai, maka kamu bisa menggunakan situs online yaitu Keyboardtester.com. Dengan situs ini, maka kamu dapat dengan mudah melakukan pengecekan keyboard atau laptop dengan mudah.

Untuk situs ini memang banyak digunakan karena fungsi utamanya untuk melakukan pengecekan keyboard yang sedang kamu gunakan. Interface dari situs sangat sederhana, sehingga bisa dipastikan kamu tidak akan mengalami kebingungan meskipun baru pertama kali menggunakannya.

2. Keyboardchecker.com

Meskipun ini sebuah situs secara online, namun bukan berarti fitur yang tersedia di dalamnya kurang. Perlu diketahui bahwa ini adalah situs yang sudah mempunyai sistem super canggih. Khususnya dalam melakukan pengecekan fungsi keyboard pada laptop atau komputer.

Cara untuk menggunakan situs ini, kamu tinggal mengakses melalui browser yang ada di Keyboardchecker.com. Ikuti perintah yang diberikan dengan cara menekan tombol laptop sesuai isyarat yang diminta. Biasanya situs ini digunakan untuk melakukan pengetesan keyboard gaming.

3. Onlinemictest.Com

Situs yang terakhir ini sudah dibekali dengan fitur unggulan yang dapat digunakan untuk melakukan test fungsi. Tidak hanya pada bagian keyboard saja, akan tetapi juga bisa mengetes fungsi mikrofon, speaker, atau webcam. Kamu bisa mencoba aplikasi online yang dapat diakses melalui browser.

4. Keytest.Ru

Keytest.Ru dapat dijadikan sebagai rekomendasi tes keyboard secara online yang paling bisa diandalkan. Bagaimana tidak? Jika dilihat dari segi fiturnya memang lebih lengkap dan canggih. Di bagian background memiliki warna biru.

Sementara untuk menandai tombol keyboard yang sedang kamu pencet akan berwarna merah dan tombol keyboard yang berhasil dipencet berwarna putih.

5. En.Key-Test.Ru

Keyboard test untuk Windows selanjutnya bisa diakses secara online yaitu melalui browser en.key-test.ru. Untuk website ini memang direkomendasikan bagi para pengguna internet, karena cara penggunaannya yang sangat mudah.

Kamu tinggal memasukkan url website en.key-test-ru di bagian mesin pencari. Kemudian barulah membuka websitenya. Nantinya tampilan website akan berwarna hijau dan kamu dapat mencoba memencet beberapa tombol keyboard.

Untuk tombol yang sudah dipencet akan berwarna putih. Silakan mengikuti perintah untuk memencet tombol supaya bisa mengetahui bagian tombol mana saja yang mengalami error atau rusak.

Jika ada satu tombol yang error, maka akan berpengaruh terhadap tombol yang lainnya. Oleh karena itu, solusi yang bisa dilakukan segera perbaiki tombol yang rusak tersebut supaya tidak menyebar ke tombol yang lainnya.

Sebelum memperbaiki, kamu harus memastikan penyebab dari kerusakan tombol yang terjadi. Pentingnya menggunakan keyboard test untuk Windows supaya bisa mengetahui tombol yang error secara akurat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan