Mengapa Kompor Dapat Menyala? Perubahan Energi Apa yang Terjadi?

    Mengapa Kompor Dapat Menyala – Sebuah energi tidak bisa dibuat oleh manusia. Energi tidak bisa pula kita lenyapkan begitu saja. Namun kita bisa mengubah energi tersebut dari suatu wujud menjadi wujud yang lain.

    Sekadar contoh misalnya ketika kita sedang memasak atau membantu ibu di dapur. Kita bisa melihat di dapur ada kompor yang menyala. Kompor yang sedang dipakai ibu tersebut tidak dapat menyala begitu saja, mengapa demikian?

    Nah, di bawah ini adalah pembahasan tentang mengapa kompor yang dipakai ibu dapat menyala serta di tuliskan perubahan energi apa yang terjadi saat tersebut.

    Mengapa kompor ibu dapat menyala?

    Kompor dapat menyala sebab diberi suatu bahan bakar, yakni gas dan minyak tanah.

    Perubahan energi apakah yang terjadi saat kompor menyala?

    Perubahan energi yang terjadi saat kompor menyala adalah dari energi kimia ke energi panas.

    Berbagai perubahan energi tidak cuma terjadi pada kompor yang dapat menyala, bahkan tubuh kita membutuhkan perubahan energi. Berikut di tuliskan perubahan energi apa yang terjadi di dalam tubuh kita.

    Perubahan energi apakah yang terjadi di dalam tubuh kita?

    Makanan termasuk sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut dapat diolah untuk menjadi sari makanan. Lalu diubah untuk menjadi energi.

    Apakah manfaat energi bagi tubuh kita?

    Manfaat energi sangat penting bagi tubuh kita sebab kita membutuhkannya untuk dapat membuat seluruh bagian tubuh mampu bekerja.

    Apakah yang terjadi jika tubuh kita berenergi?

    Jika tubuh kita berenergi, maka tubuh kita bisa bekerja. Kaki, tangan, mata, serta berbagai bagian tubuh kita lainnya dapat bekerja karena ada energi.

    Catatan

    Perlu diingat bahwa, energi pada bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan kompor tersebut merupakan energi kimia. Semisal pada pada minyak tanah, sumbu kompor mampu menyerap cairan minyak tersebut. Lalu sumbu tersulut api sampai menyala. Nah ketika kompor menyala, perubahan energi yang terjadi adalah energi kimia ke energi panas.

    Demikian pula pada kompor gas yang menyala, perubahan energi yang terjadi juga sama. Namun yang membedakan adalah pada kompor minyak tanah kita membutuhkan sumbu, sementara itu untuk kompor gas tidak memerlukannya.

    Kompor minyak membutuhkan media seperti sumbu untuk menyerap cairan minyak tanah dan mengangkut bahan bakar tersebut dari bawah ke atas atau ujung sumbu. Sedangkan untuk kompor gas, maka dapat mengantarkan bahan bakar tersebut ke ujung lubang api tanpa harus merambatkannya lewat sumbu, melainkan langsung dengan sebuah pipa.

    Penutup

    Sebagai tambahan, sekarang ini kompor tidak cuma bahan bakar cair dan gas saja. Namun ada pula kompor dengan unsur pemanas yaitu menggunakan energi listrik.

    Mungkin sementara itu cukup untuk pembahasan mengapa kompor ibu dapat menyala dan perubahan energi apa yang terjadi?, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.


    Share this post:
    Loading...