Kredit Serbaguna Mandiri, Ini Cara Mengajukan Sampai 1 Milyar!

Kredit Serbaguna Mandiri adalah salah satu layanan kredit Bank Mandiri. Berupa jenis pinjaman fleksibel tanpa agunan yang bisa kamu pakai untuk berbagai keperluan. Misalnya pembelian barang, biaya pendidikan, renovasi rumah, atau kebutuhan lainnya.

Kalau kamu sedang punya banyak kebutuhan dan ingin meminjam uang, maka bisa coba pinjaman kredit dari Bank Mandiri ini. Tapi, alangkah baiknya kalau kamu tahu terlebih dahulu tentang beberapa informasi yang disajikan di dalam artikel ini.

Jumlah Pinjaman KSM

Jumlah pinjaman disediakan oleh KSM dapat bervariasi sesuai kebutuhan dan kelayakan calon nasabah. Bank Mandiri biasanya juga menetapkan batas pinjaman minimum dan maksimum yang dapat diajukan.

Menurut informasinya, pinjaman KSM atau Mandiri kredit serbaguna mikro ini bisa dimulai dari Rp1.000.000 sampai dengan Rp.1.000.000.000 atau 1 miliar. Lantas, berapa lama KSM Mandiri cair? Sebagian besar pencairannya adalah mengikuti proses hari kerja, yaitu dengan estimasi 14 hari.

Bunga Kredit Serbaguna Mandiri

Suku bunga yang diterapkan pada program KSM ini berbeda-beda tergantung pada kebijakan Bank Mandiri dan profil kredit calon nasabah. Suku bunga bisa tetap atau tidak mengikuti suku bunga yang berlaku pada saat pinjaman diajukan.

Kamu dapat memilih jangka waktu pembayaran sesuai dengan kesanggupan. Bank Mandiri biasanya menawarkan pilihan jangka waktu yang fleksibel, seperti 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, atau lebih lama tergantung pada kebijakan mereka.

Di dalam website resminya, kredit serbaguna Bank Mandiri ini punya suku bunga kompetitif mulai dari 8,50% dengan jangka waktu minimal 10 tahun atau maksimal 15 tahun khusus tenaga medis. Sementara bagi non medis dikenai bunga sebesar 10,50% dengan tenor 15 tahun lewat cabang Mandiri.

Tetapi jangan khawatir kalau kamu bukan dokter, tenaga kesehatan, maupun bekerja di bidang tersebut. Karena kamu bisa mendapatkan suku bunga sebesar 9,99% jika mengajukan pinjaman lewat aplikasi Livin’ by Mandiri.

Persyaratan Pengajuan Kredit

Jika tertarik dengan pinjaman KSM Mandiri, ada persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun syarat Kredit Serbaguna Mikro Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. WNI atau tinggal di Indonesia.
  2. Minimal 21 tahun atau sebelum usia pensiun saat kredit lunas.
  3. Memiliki masa kerja pegawai tetap minimal 1 tahun lamanya.
  4. Punya penghasilan minimal Rp3.000.000 per bulan.

Selain itu, kamu juga perlu membuktikannya dengan memenuhi persyaratan dan mengajukan dokumen yang diperlukan. Misalnya, identitas pribadi, informasi keuangan, dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh Bank Mandiri.

Adapun beberapa jenis dokumen yang perlu kamu siapkan adalah formulir aplikasi yang telah diisi lengkap dan benar. Biasanya kamu akan mendapatkan formulir ini saat datang ke Bank Mandiri atau lewat formulir online di aplikasinya.

Dokumen berikutnya adalah copi foto KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan terakhir, dan SK pengangkatan pegawai dari instansi bagi TNI/POLRI. Pastikan telah menyiapkan dokumen ini sebagai syarat lengkapnya.

Jika tidak bisa membuktikan kesesuaian dengan syarat yang diminta oleh Bank Mandiri, maka pinjaman yang kamu ajukan besar kemungkinannya ditolak. Selain itu, proses pengajuan ini bisa dilakukan secara langsung di cabang Bank Mandiri atau melalui aplikasi perbankan online.

Kelebihan KSM Mandiri

Kredit Serbaguna Mandiri merupakan produk pinjaman yang dikenal cocok bagi para ASN atau pegawai negeri dan pegawi tetap lainnya yang sudah stabil dari segi finansial. Untuk itu, mari simak beberapa kelebihan KSM Mandiri:

1. Fleksibilitas Penggunaan Dana

KSM Mandiri memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dana yang dipinjam. Kamu bisa menggunakan pinjaman tersebut untuk berbagai keperluan. Di antaranya kebutuhan konsumsi, pendidikan, perbaikan rumah, atau keperluan bisnis.

2. Jangka Waktu yang Fleksibel

Bank Mandiri biasanya menawarkan pilihan jangka waktu pembayaran yang fleksibel untuk KSM Mandiri. Kamu dapat memilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan finansialmu, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

3. Proses Pengajuan yang Cepat

Proses pengajuan KSM umumnya cepat dan mudah. Kamu bisa mengajukan pinjaman melalui cabang Bank Mandiri atau melalui layanan perbankan online Mandiri. Persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan juga relatif mudah untuk dipenuhi.

4. Bunga yang Bersaing

Bank Mandiri memberikan tingkat bunga yang kompetitif untuk KSM Mandiri. Tingkat bunga yang kompetitif dapat membantu mengurangi beban pembayaran bunga dan memperoleh keuntungan dalam pengelolaan keuangan.

5. Kemudahan Pembayaran

Pembayaran KSM Mandiri dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti transfer bank, ATM, atau melalui layanan perbankan online. Bank Mandiri juga menyediakan layanan otomatis untuk memudahkan pembayaran secara tepat waktu.

6. Layanan Pelanggan yang Baik

Bank Mandiri memiliki reputasi yang baik dalam memberikan layanan pelanggan yang memadai. Tim layanan pelanggan yang berdedikasi siap membantu menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan terkait KSM Mandiri.

7. Tanpa Jaminan

Program KSM Mandiri atau Kredit Serbaguna Mandiri termasuk ke dalam jenis pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Keuntungan ini membuat kamu tidak perlu repot-repot memberikan surat berharga atau aset apapun untuk melakukan pinjaman.

Pinjaman tanpa jaminan umumnya tidak memerlukan penilaian aset oleh pihak bank atau lembaga keuangan. Hal ini menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan proses penilaian karena persyaratan KSM hanya berpatokan pada minimal jumlah gaji kamu tiap bulannya.

Cara Mengajukan KSM Mandiri

Kalau sudah mantap ingin mengajukan pinjaman KSM di Bank Mandiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapkan Dokumen

Pastikan kamu sudah menyiapkani dokumen-dokumen sesuai dengan persyaratan pengajuan kredit yang sudah dibahas sebelumnya. Meliputi KTP atau identitas resmi lainnya, NPWP, bukti pendapatan seperti slip gaji, laporan keuangan, atau surat keterangan usaha, dan rekening koran.

2. Kunjungi Cabang Bank Mandiri atau Lewat Livin’ by Mandiri

Silakan kunjungi cabang Bank Mandiri terdekat untuk mengajukan KSM Mandiri. Temui petugas jika ada hal yang kurang kamu pahami terkait proses pengajuan. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengakses aplikasi Livin’ by Mandiri untuk melakukan pendaftaran.

3. Isi Formulir Aplikasi

Mintalah petugas untuk memberikan formulir aplikasi KSM Mandiri. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan jujur. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan dokumen pendukung yang disediakan. Kalau lewat aplikasi, cukup ikuti instuksi yang ada di dalamnya saja. Lalu ajukan pinjaman.

4. Tunggu Persetujuan

Setelah mengajukan pinjaman, kamu perlu menunggu proses persetujuan dari pihak Bank Mandiri. Biasanya, proses persetujuan membutuhkan waktu tertentu untuk dilakukan evaluasi dan verifikasi data.

5. Penandatanganan Perjanjian

Jika pengajuan disetujui, kamu akan diminta untuk menandatangani perjanjian pinjaman yang berisi informasi detail. Di antaranya adalah mengenai jumlah pinjaman, suku bunga, jangka waktu, dan persyaratan pembayaran lainnya. Terakhir, tunggu sampai pinjaman tersebut dicairkan.

Mendaftar untuk Kredit Serbaguna Mandiri memang tidak rumit dan tergolong mudah. Apalagi proses pencairannya yang tidak memakan waktu lama. Sangat cocok bagi kamu yang sedang buru-buru ingin mendapatkan pinjaman.

Meskipun begitu, tetap pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan tingkat bunga dan biaya lainnya sebelum mengajukan KSM Mandiri. Selalu pastikan kalau kamu mampu membayar cicilan pinjaman secara tepat waktu sesuai dengan jadwal.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan