Syarat Air yang Layak Kita Gunakan untuk Air Minum dan Memasak

    Air bersih begitu penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, lebih-lebih untuk air minum dan masak. Nah, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan kebersihan air. Apa syarat-syarat kualitas air yang layak kita gunakan sebagai air untuk minum dan memasak? Berikut adalah pembahasannya.

    Daftar Isi:

    Apa saja syarat air yang layak kita gunakan sebagai air untuk minum dan memasak?

    Syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air untuk minum dan memasak di antaranya adalah harus jernih, tidak berasa, serta tidak berbau.

    Bagaimana syarat kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?

    Kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian adalah yang jernih dan bisa melarutkan detergen serta noda.

    Bagaimana syarat kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman?

    Kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman adalah yang tidak mengandung zat kimia berbahaya untuk tanaman. Semisal zat kimia pada sabun detergen. Tetapi kita bisa memakai air hujan untuk menyiram tanaman.

    Penutup

    Pemerintah pun turut mengatur standar kualitas air yang layak untuk air minum, yaitu melalui Permenkes Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010. Air bisa diakui sebagai air minum yang layak untuk kesehatan jika memenuhi syarat fisik, mikrobiologis, dan kimia berikut.

    1. Syarat fisik, yakni airnya jernih, tak berwarna, tak berbau, dan memiliki rasa alami.
    2. Syarat mikrobiologis, yakni airnya tak mengandung bakteri E Coli dan Coliform.
    3. Syarat kimia, yakni airnya bebas zat kimia beracun, logam berat, pestisida, dan radioaktif.

    Namun lain dengan air untuk mencuci pakaian, kita cukup menggunakan air yang jernih dan yang bisa melarutkan sabun detergen serta noda. Namun sebaiknya menghindari penggunaan air sadah.

    Air sadah yaitu air yang memiliki kandungan mineral tinggi. Kalau kita pakai untuk melarutkan sabun detergen, biasanya cuma menghasilkan busa yang sedikit. Dengan begitu, noda yang ada di pakaian kurang bisa terangkat. Selain itu, air sadah bisa pula membuat pakaian kita jadi nampak kusam.

    Sementara itu kalau untuk menyiram tanaman yang kita perlukan hanya air yang tidak mengandung zat kimia berbahaya untuk tanaman. Salah satu contoh yang perlu kita hindari ya air detergen bekas mencuci pakaian.


    Share this post:
    Loading...