Kumpulan Doa Nabi Muhammad S.A.W Mustajab Untuk Umatnya

Doa Nabi Muhammad – Nabi Muhammad adalah nabi terakhir yang lahir di Mekah pada tahun 570 Masehi dan menerima wahyu pertamanya dari Allah SWT pada usia 40 tahun ketika sedang beribadah di gua Hira. Setelah itu Ia menjadi seorang nabi dan Rosul yang mengajarkan ajaran Islam kepada umat manusia selama 23 tahun.

Selama hidupnya Nabi Muhammad SAW membawa ajaran Islam yang mengajarkan tentang keimanan, kebaikan, dan keadilan. Beliau juga memimpin umat Islam bukan hanya sebagai pemimpin agama melainkan menjadi tokoh politik dunia yang berjuang mensiarkan agama islam keseluruh penjuru dunia.

Nabi Muhammad SAW wafat pada tahun 632 Masehi di kota Madinah dan hingga saat ini nama Nabi Muhammad harum bahkan tempat bersemayam Beliau tidak pernah sepi dari ummat yang bertakziah. Sepeninggal Rosulullah SAW mewasiatkan dua peninggalan kitab yang agung yakni Al-Qur’an dan Al-Hadis sebagai pedoman ummat Islam.

Beberapa Doa Nabi Muhammad SAW Yang Masyhur

Nabi Muhammad SAW berdoa sebagai bentuk ibadah dan juga berkomunikasi dengan Allah SWT. Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam, karena melalui doa, seorang muslim dapat memohon pertolongan, kebaikan, keselamatan, dan ridha Allah SWT.

Selain itu, doa juga merupakan sarana untuk memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan mengingatkan manusia tentang ketergantungannya pada Allah dalam setiap aspek kehidupannya.

Nabi Muhammad SAW sendiri adalah contoh teladan dalam berdoa dan dalam banyak riwayat, beliau disebutkan sering berdoa pada berbagai kesempatan, baik dalam keadaan sempit maupun lapang.

Doa juga dianggap sebagai salah satu cara untuk membuka pintu rahmat Allah SWT menghindarkan dari bencana dan kesulitan, serta meningkatkan keimanan dan taqwa seseorang.

Oleh karena itu sebaiknya sebagai umat muslim untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT dalam segala hal, baik dalam keadaan suka maupun duka, agar selalu dijaga dan diberi keberkahan oleh-Nya.

Untuk selengkapnya terkait doa Nabi Muhammad SAW yang penulis sampaikan dalam artikel dapat disimak pada pembahasan selanjutnya hanya di Mello.id.

Doa Nabi Muhammad Untuk Ummatnya

Nabi Muhammad SAW sangat peduli dengan kebaikan dan kesejahteraan umatnya, oleh karena itu, beliau senantiasa berdoa kepada Allah SWT untuk memohon keberkahan, rahmat, dan perlindungan bagi umatnya.

Nabi Muhammad SAW juga berusaha untuk memperjuangkan hak-hak umatnya dan mengajarkan ajaran Islam yang akan membawa kesejahteraan dan kebahagiaan bagi umat manusia.

Adapun salah satu bacaan doa Nabi Muhammad SAW untuk ummatnya adalah yang tertulis didalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 201.

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā ātinā fid-dun-yā ḥasanataw wa fil-ākhirati ḥasanataw wa qinā ‘ażāban-nār(i).

Artinya :

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.”

Dari doa tersebut diatas menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW sangat peduli dan memiliki kasih sayangnya kepada umat muslim dan mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

Selain itu doa Nabi Muhammad SAW untuk umatnya juga menjadi bukti bahwa beliau sangat memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan umatnya dan ingin membawa umatnya kepada jalan yang benar dan lurus.

Doa Nabi Muhammad Ketika Dalam Kesulitan

Dalam menjalani kehidupan didalam dunia ini tentunya manusia akan mengalami berbagai macam cobaan hal ini dapat menjadikan manusia itu sendiri kesulitan baik dalam menutupi kebutuhan sehari-hari maupun yang lainnya.

Jika seseorang tersebut lupa dengan tuhannya bahwa semua yang sudah ada dimuka bumi ini baik dan buruknya sudah menjadi ketetapan Allah SWT maka ia akan rentan putus asa.

Rosulullah SAW sebagai seorang nabi dan Rosul yang sangat menyayangi ummatnya tentu tidak tega melihat kesulitan yang dirasakan ummatnya. Sehingga beliau mengajarkan salah satu doa sebagai pengobat dari kesulitan.

Adapun bacaan doa Nabi Muhammad SAW ketika dalam kesulitan adalah seperti dibawah ini :

Allahumma la sahla illa maa ja’altahu sahlan, wa anta taj’alu al-khazna idza syi’ta sahla

Artinya :

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali engkau yang menjadikannya mudah. Engkaulah yang menciptakan kesulitan ketika engkau berkehendak mudah.

Doa Nabi Muhammad Dipagi Hari

Memulai pekerjaan pada waktu pagi adalah suatu kebiasaan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, dan juga telah disarankan oleh banyak ahli produktivitas. Ada beberapa alasan mengapa waktu pagi dianggap sangat tepat untuk memulai pekerjaan :

Kondisi tubuh dan mental yang lebih baik, Lebih fokus, Lebih produktif sehingga menjadi kebiasaan yang baik untuk memulai pekerjaan pada pagi hari karena dapat membantu meningkatkan disiplin dan kemandirian.

Sebaiknya sebelum melaksanakan aktifitas dipagi hari sempatkan terlebih dahulu untuk berdoa kepada Allah SWT berharap semua katifitas yang dikerjakan dapat menjadi berkah.

Adapun bacaan doa Nabi Muhammad dipagi hari adalah seperti dibawah ini :

Artinya :

“Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali”

Doa Nabi Muhammad Doa Mustajab

Setiap manusia yang berdoa tentu memiliki rasa ingin doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena sangat dianjurkan ketika seseorang menginginkan sesuatu selain ia berikhtiar secara dzohir maka dikuatkan juga dengan membaca doa yang mustajab seperti halnya yang diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Adapun salah satu bacaan doa Nabi Muhammad doa mustajab adalah surat Al-Ikhlas yakni seperti hadis dibawah ini :

Artinya :

“Sesungguhnya Rasulullah mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya.” (HR Abu Daud)

Doa Nabi Muhammad Agar Wajahnya Berseri

Keistimewaan Nabi Muhammad SAW yang memiliki cahaya atau keberkahan dari Allah SWT yang melebihi cahaya yang dimiliki makhluk lainnya. Istilah ini juga sering dikaitkan dengan hadis qudsi yang menggambarkan keutamaan Nabi Muhammad SAW.

Dalam salah satu hadis qudsi, Allah SWT berfirman kepada Nabi Muhammad SAW, “Sesungguhnya Aku menciptakanmu dari cahaya-Ku sebelum Aku menciptakan segala sesuatu yang lain.”

Hadis qudsi ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki cahaya atau keberkahan dari Allah SWT yang sangat istimewa dan tidak dimiliki oleh makhluk lainnya.

Cahaya tersebut diyakini sebagai sumber kebijaksanaan, kebenaran, dan kasih sayang yang diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umat manusia.

Jadi sangat wajar ketika Rosulullah SAW memiliki doa agar wajah bisa berseri-seri dan doa ini bisa diamalkan ummatnya sebagai wasilah untuk cerahnya Nur diwajah.

Adapun bacaan doa Nabi Muihammad agar wajahnya berseri adalah seperti dibawah ini :

رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Robbana at-mimlana nuurona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir,”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” (At-Tahrim: 8)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan