Lagi Lamar Pekerjaan? Ini 10 Tips Lolos Tes Psikotes Seleksi Kerja

Mello.id – Untuk yang tengah mencari pekerjaan terutama fresh graduate harus memahami beberapa hal. Persiapkan diri untuk bisa menghadapi tes psikotes seleksi kerja. Simak tips lolos psikotes kerja.

Tes psikotes bagi sebagian orang mungkin terdengar mudah. Namun, tes psikotes kerja butuh persiapan yang matang agar bisa mengerjakannya dengan lancar dan baik. Dan tentunya berharap bisa lolos dalam tes psikotes kerja.

Untuk diketahui, tes psikotes atau psikologi merupakan serangkaian pengujian untuk mengetahui karakter dan kondisi psikologis seseorang atau calon pelamar kerja. Dan psikotes menjadi salah satu rangkaian proses dalam merekrut karyawan baru.

Tes psikotes kerja dilakukan sebelum calon lolos ke tahap interview. Namun, tak jarang juga perusahaan melakukan tes ini usai tahap interview. Semua itu tergantung dengan kebutuhan dan prosedur perusahaan yang akan dilamar.

Tes psikotes dilakukan sesudah atau sebelum interview, calon pelamar wajib untuk melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi tes tersebut. Agar tak kesulitan untuk menghadapinya, Balitteknologi memberikan tips lolos psikotes kerja agar bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Ini Tips Lolos Tes Psikotes Kerja

  1. Persiapkan Fisik dengan Baik

Persiapan yang paling pertama adalah fisik calon pelamar. Hal ini sangat penting mengingat tes psikotes kerja membutuhkan fokus untuk dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan. Terlebih soal-soal tersebut memiliki batasan waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Usahakan untuk tidak begadang atau tidur terlalu malam, sebelum jadwal tes psikotes berlangsung. Pastikan kondisi fisik benar-benar fit. Dan jangan lupa untuk sarapan di pagi hari sebelum menjalani tes psikotes agar stamina tetap terjaga.

  1. Belajar Soal dan Jenis Pertanyaan yang Biasanya Muncul

Meski psikotes merupakan tes yang unik, tak berarti calon pelamar tidak melakukan persiapan mempelajari jenis atau soal terkait psikotes. Beberapa tes psikotes kerja merupakan gabungan dari berbagai metode psikotes dengan tujuan yang berbeda-beda.

Tes psikotes ada yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian, hingga tingkat kecerdasan juga bakat calon pelamar. Contohnya adalah tes Pauli, tes Wartegg, dan jenis tes psikotes lainnya.

Maka dari itu, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan telah mengerjakan latiahn soal psikotes. Saat ini, contoh-contoh soal telah banyak tersedia di internet atau buku-buku yang sekaligus ada pembahasannya.

  1. Buat Kelompok Belajar

Jika merasa bingung dan kurang bersemangat belajar sendiri, disarankan untuk membentuk kelompok belajar kecil agar dapat lebih memotivasi sebelum melakukan psikotes. Bisa mengajak teman seperjuangan terkat review konsep, materi, dan diskusi di mana tak bisa dilakukan sendiri.

Jika tak dapat mengikuti kelompok belajar, bisa mengikuti tes atau tutorial secara online.

  1. Gunakan Alat yang Diperbolehkan

Harus tahu apa saja alat yang harus dibawa saat tes psikotes. Persiapkan alat tulis lengkap. Sebab, tak pernah tahu kapan diperbolehkan untuk memakai pensil atau pena dalam tes. Persiapkan pula kertas kosong untuk digunakan sebagai coretan dalam hitung-hitungan.

  1. Manfaatkan Waktu dengan Baik

Dalam mengerjakan tes psikotes, calon peserta harus memperhatikan waktu dengan baik. Sebisa mungkin untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang diberikan saat mengerjakan psikotes.

Caranya bisa dengan mengerjakan latihan soal jauh sebelum jadwal psikotes dimuali, dan kerjakan dengan menggunakan stopwatch dalam mengukur waktu pekerjaan. Pada umumnya, orang dapat mengerjakan soal pilihan ganda dalam waktu 30 detik sampai 60 detik.

  1. Rilesk sebelum dan selama ujian dimulai
  2. Bacalah instruksi dengan cermat sebelum tes dimulai
  3. Cermat menjawab pertanyaan
  4. Jangan mencontek dan memalsukan jawaban hanya untuk terlihat baik
  5. Tepat waktu saat datang ke tempat ujian

Demikian adalah ulasan beberapa tips lolos psikotes kerja. Terapkan masing-masing tips di atas, agar dapat menghadapi psikotes dengan lancar dan mudah. Semoga membantu, ya.

Baca Juga:

  • 7 Tips OOTD Ketemu Calon Mertua, Dijamin Direstui Nikah!
  • 8 Tips OOTD Bukber di Hotel Mewah, Sopan dan Stylish!
  • Apa Itu Baju Thrift? Ini Pengertian, Manfaat dan Tips Memilihnya
  • Apa Itu Problem Solving, Tujuan, Penerapan, Tips dan Contoh
  • Fitting Baju Adalah: Ini Pengertian dan Tips serta Trik Saat Fitting
  • Contoh Makalah yang Benar & Baik untuk Mahasiswa, Smp, Sma
  • Cara Top Up Higgs Domino 3K Lewat Dana, Praktis & Ada Bonus!
  • 8 Cara Terbaik Mengatasi Ketiak Basah dan Bau Badan, Ampuh!

Tinggalkan Balasan