Cara Menggambar Imajinatif dengan Langkah Singkat

    Cara Menggambar Imajinatif dengan Langkah Singkat – Dengan menggambar, kita bisa meningkatkan daya konsentrasi dan ketelitian. Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu menggambar imajinatif. Apa itu gambar imajinatif? Berikut di jelaskan pengertian dan langkah-langkahnya.

    Pengertian gambar imajinatif

    Gambar imajinatif adalah sebuah gambar yang dihasilkan dari imajinasi atau pemikiran pelukis. Dengan itu, gambar imajinatif ini tidak harus sama dengan objek asli, sebab dihasilkan melalui pemikiran. Misalkan kita mau menggambar lumba-lumba, maka tidak harus mengacu pada foto lumba-lumba sungguhan. Penyesuaian memanglah butuh, namun melalui imajinasi bisa menjadikan hasil menggambar memiliki keunikan dan menjadi karya seni yang berbernilai.

    Langkah-langkah menggambar imajinatif

    Berikut ini merupakan langkah-langkah menggambar imajinatif singkat yang bisa diterapkan.

    1. Pikirkan apa yang mau digambar, misalkan mau menggambar hewan atau karakter tertentu. Bila belum memiliki gambaran, maka bisa mencari inspirasi di internet, majalah, komik, dll.
    2. Mulai menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar, seperti buku gambar, pensil, penghapus, penggaris, dll bila dibutuhkan.
    3. Merancang sketsa gambar memakai pensil. Tidak perlu terlalu tebal atau keras menekannya, sehingga gampang dihapus bila mendapati kesalahan. Gambarlah dengan rinci tiap-tiap objeknya.
    4. Menambahkan latar belakang (background) di area sekitarnya untuk memperkaya nilai estetis.
    5. Bila pembuatan sketsa selesai, warnai sedikit demi sedikit. Bagi pemula, bisa memberi warna dari pinggir, karena biasanya kesalahan yang riskan terjadi yaitu warna melewati batasan garis yang ditetapkan.

    Sehabis menerapkan langkah-langkah dan menghasilkan gambar imajinatif, bisa meminta masukkan dari guru, orang tua, atau teman untuk mengetahui kekurangannya.

    Cara menggambar imajinatif versi PRO

    Berikut merupakan cara menggambar imajinatif versi PRO bila mungkin merasa kurang dengan langkah-langkah yang di atas.

    1. Pikirkan atau bayangkan objek yang sangat memungkinkan untuk digambar

    Semisal gambar yang sedang terlintas di pikiran kita atau dengan mengaktifkan imajinasi. Contoh lain kita bisa menggambar seekor hewan yang biasa kita amati. Namun bila tidak yakin dengan hewan yang dipilih, bisa pula mencari wujud hewan yang lain di internet untuk mendapatkan ide. Atau bisa juga menggambar karakter fantasi favorit yang tentunya sangat diingat bagaimana karakternya.

    2. Dapatkan inspirasi di tempat atau media tertentu

    Inspirasi bisa didapatkan, misalnya di lokasi pameran seni, media lukisan, atau dapat pula berkunjung ke seniman yang bisa memberikan inspirasi. Tidak masalah untuk pergi menemui seniman atau teman yang ahli seni, bila memang kita sedang tidak memiliki ide atau bimbang tidak tahu yang ingin digambar. Dapat pula pergi ke museum untuk melihat karya orang lain dan dijadikan inspirasi. Cari yang memungkinkan untuk dilakukan dan pelajari metode yang mereka pakai untuk menghasilkan karya seni.

    3. Mulai menggambar dengan memakai sketsa atau dasarnya

    Gambar imajinatif tidak langsung jadi, karena proses pembuatan sketsa ini sangat diperlukan. Bisa mengawalinya dengan menggambar ringan menggunakan pensil, sehingga tidak menghasilkan banyak kesalahan dan gampang memperbaikinya jika terjadi. Bila telah merasa lumayan dan sesuai dengan yang dikehendaki, maka mulai bisa menggelapkan atau menebalkan garis-garis sketsa dengan pensil atau tinta.

    Sketsa Gambar Imajinatif
    Image credit: Pixabay/Hans

    4. Gambar dengan rinci dan berhati-hati

    Berhati-hati pada proses pembuatan sketsa dan perlu dimaksimalkan biar menyerupai gambar imajinatif yang hendak dijadikan. Biar tidak memerlukan banyak perubahan di langkah berikutnya. Gambar dengan rinci dan yang butuh diperbaiki sebaiknya diperbaiki, sehingga sketsa nampak seperti realistis.

    5. Menambahkan unsur lingkungan

    Unsur lingkungan bisa dikombinasikan dengan sketsa, baik itu lingkungan alam ataupun buatan. Contoh lingkungan alam seperti gunung, sungai dll. Bisa pula menambahkan unsur alam lain yang terdapat di sawah misalnya, seperti gubuk, pengairan, burung terbang, dll. Atau bila menggambar seekor kambing, dapat menambahkan padang rumput.
    Bila memasukkan unsur gambar manusia, maka sedapat mungkin menyerupai manusia sungguhan dan jangan yang bukan-bukan biar tidak menyusahkan atau menjadi masalah di langkah mewarnai berikutnya.

    6. Memberi pewarnaan pada gambar sketsa

    Langkah menggambar inspiratif terakhir adalah memberi pewarnaan yang pas pada sketsa biar gambar dapat lebih hidup dan mempunyai nilai estetis.

    Tips menggambar imajinatif

    • Memahami kalau karya seni tidak seluruhnya harus realistis.
    • Dapat memakai alternatif, seperti mendengarkan musik dikala menggambar.
    • Berpindah lokasi bila bosan di satu tempat dikala menggambar.
    • Menggambar sedikit demi sedikit, tidak perlu tergesa-gesa ataupun mememaksakan biar gambar cepat selesai.

    Loading...