Lingkungan Alam

    Guna mencukupi keperluan hidup, manusia perlu berinteraksi dengan lingkungan alam. Dalam interaksi tersebut, terjadi peristiwa yang di mana semua saling memberikan pengaruh satu sama lain. Dalam persoalan itu, apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Berikut adalah pembahasannya.

    Daftar Isi:

    Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?

    Lingkungan alam adalah lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup dan benda mati yang saling berinteraksi satu sama lain.

    Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?

    Interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam adalah interaksi antara makhluk hidup dengan benda mati, serta interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain.

    Contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas benda hidup dan mati

    Berikut di jelaskan salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati.

    Contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang berdiri atas lingkungan benda mati dengan makhluk hidup adalah di daerah yang memiliki banyak tumbuhan biasanya dapat menjadikan suhu udara lebih sejuk.

    Interaksi apa sajakah yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya?

    Berikut di jelaskan interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya.

    Interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya bisa dibagi menjadi dua, yakni interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.

    Contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam

    Contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam adalah berikut.

    1. Seorang petani yang perlu menyesuaikan waktu penanaman dengan musim penghujan biar padi dapat tumbuh dengan baik.
    2. Seorang nelayan perlu menentukan waktu berlayar dengan menyesuaikan cuaca untuk menghindari bencana serta untuk mendapatkan banyak tangkapan ikan.

    Penutup

    Seluruh makhluk hidup di bumi ini perlu melakukan interaksi dengan makhluk hidup yang lain dan juga dengan lingkungan alamnya. Semua saling memberikan pengaruh satu sama lain.

    Sekadar contoh misalnya adalah hubungan antara benda mati ke makhluk hidup. Seperti jenis tanah, suhu, serta curah hujan di sebuah wilayah bisa berpengaruh pada jenis tumbuhan yang bisa ditanam serta jenis hewan yang bisa hidup di wilayah itu.

    Demikian pula sebaliknya, makhluk hidup pun bisa memberikan pengaruh pada benda mati. Seperti sebuah daerah yang memiliki banyak tanaman bisa membuat daerah itu terasa lebih sejuk. Bisa demikian karena dengan banyaknya tanaman, sebuah daerah cenderung memiliki air tanah yang baik. Sebab tanaman dapat membantu tanah untuk menahan serta menyimpan air di dalam tanah dengan baik.

    Nah, mungkin sementara itu cukup untuk apa yang dimaksud dengan lingkungan alam serta contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam. Mudah-mudahan bisa membantu untuk dasar pembelajaran ya.


    Share this post:
    Loading...