Linimasa atau Lini Masa? Berikut Adalah yang Benar

    Beberapa waktu terakhir nampaknya kerap terdengar kata baru di berbagai situs web berita dan media sosial. Kata yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah linimasa. Mungkin sebagian orang belum mengetahui arti kata ini meski telah beberapa kali menemuinya. Karena itu berikut adalah pembahasan apa itu linimasa.

    Pengertian linimasa

    Linimasa adalah suatu representasi kronologis urutan peristiwa atau jadwal kegiatan penting dalam rentang periode waktu tertentu. Nama lain dari linimasa adalah garis waktu atau alur waktu. Sedangkan dalam Bahasa Inggris diucap sebagai Timeline.

    Linimasa bisa dibuat menurut era, abad, tahun, bulan, minggu, hari, dan bahkan jam yang panjangnya bisa bervariasi. Pada linimasa, terdapat titik-titik yang merepresentasikan peristiwa atau jadwal penting.

    Linimasa di KBBI

    Kata ini sebenarnya telah masuk di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), namun penulisannya adalah lini masa. Jadi yang benar adalah lini masa, bukan linimasa. Kata majemuk biasanya tulisannya tidak tersambung, melainkan ditulis terpisah.

    Lini dan masa

    Seperti yang kita lihat bahwa kata ini merupakan dua kata yang digabung untuk menghasilkan kata baru, lini dan masa. Lini merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris, yakni line yang artinya garis. Sementara masa merupakan sinonim dari kata waktu. Karena itu jika kita mengacu pada arti dua kata tersebut, maka lini masa adalah garis waktu.

    Di KBBI, garis waktu didefinisikan sebagai daftar tabel kegiatan penting dalam rentang periode waktu tertentu. Sedangkan lini masa didefinisikan sebagai gambaran peristiwa penting secara linear dalam subjek tertentu, ditampilkan dalam urutan kronologis. Dengan demikian, tidak salah jika kita mengikuti pengertian linimasa di atas.

    Penutup

    Sebagai penutur Bahasa Indonesia tentu kita senantiasa berupaya untuk berbahasa yang baik dan benar. Kita pun sebenarnya bisa meminimalisir atau mempersempit penggunaan berbagai kata serapan dari bahasa asing, lalu menggantinya dengan kata dari Bahasa Indonesia yang sepadan atau paling tidak artinya mendekati. Semisal kita bisa menggunakan kata garis waktu daripada lini masa.

    Dengan begitu, kita dapat menjaga kemurnian Bahasa Indonesia. Tentu tidak ada salahnya dan justru positif, jika kita lancar berbahasa Inggris. Namun tidak berarti harus mencampuradukkannya dengan kata dari bahasa lain. Jadi jika kita bisa berbahasa dengan kata dari Bahasa Indonesia yang seluruhnya murni, mengapa tidak?

    Referensi:
    1. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Lini%20masa
    2. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Ganti%20waktu

    Loading...