Apa Saja Manfaat Pameran Seni Rupa di Sekolah?

    Pameran seni rupa tidak terbatas untuk seniman besar saja, melainkan untuk siapa saja yang memiliki karya seni. Baik itu seni rupa 2 dimensi ataupun 3 dimensi, keduanya bisa ditampilkan. Biasanya penyelenggara memiliki ketentuan dan mereka memiliki panitia yang ditugaskan untuk menyeleksi mana karya yang bisa dipamerkan. Namun jika Kamu ingin menyelenggarakannya, Kamu bisa melakukannya di sekolah, misalnya memulai dengan membuat susunan kepanitiaan pameran. Pameran di sekolah ini bisa di manfaat kan untuk menampilkan hasil karya siswa.

    Lalu penyelenggaraannya bisa dilangsungkan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Misalnya jika di dalam sekolah, bisa di aula sekolah. Pameran ini bisa ditujukan untuk warga sekolah dan masyarakat umum.

    Manfaat Pameran di Sekolah

    1. Meningkatkan kemampuan untuk membuat karya seni.

    2. Bisa untuk mendapatkan penilaian dan melakukan evaluasi.

    3. Sebagai sarana untuk hiburan.

    4. Melatih siswa bersosial dan mendapatkan pengalaman bersosial.

    5. Meningkatkan kemampuan untuk memberikan apresiasi karya seni.

    6. Melatih dan mempraktikkan kerja kelompok.

    7. Melatih siswa untuk membuat perencanaan kerja dan melaksanakannya.

    Penjelasan

    1. Meningkatkan kemampuan untuk membuat karya seni

    Dengan mengadakan pameran seni rupa di sekolah ini, bisa bermanfaat untuk mendorong kreativitas antar siswa di sekolah. Baik itu siswa yang berpartisipasi mengikutinya maupun siswa yang sekadar menontonnya. Lalu dapat mengembangkan keterampilan untuk membuat karya seni.

    2. Bisa untuk mendapatkan penilaian dan melakukan evaluasi

    Pameran seni biasanya dibuat dengan menyediakan buku tamu dan buku pesan. Yang mana buku tamu diletakkan di pintu masuk untuk mendapatkan informasi siapa saja yang mengunjunginya. Lalu buku pesan diletakkan di pintu keluar untuk mendapatkan ulasan dari pengunjung. Ulasan tersebut bisa digunakan untuk acuan penilaian dan evaluasi pameran yang diselenggarakan.

    3. Sebagai sarana untuk hiburan

    Pameran bisa dijadikan sarana untuk hiburan, baik bagi warga sekolah maupun warga luar sekolah yang mengikutinya. Bagi siswa, kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk melepas kejenuhan belajar di kelas.

    4. Melatih siswa bersosial dan mendapatkan pengalaman bersosial

    Dengan mengundang masyarakat umum, pameran di sekolah bisa menjadi sarana penghubung antara warga sekolah dengan masyarakat.

    5. Meningkatkan kemampuan untuk memberikan apresiasi karya seni

    Pameran dapat dijadikan media untuk memberikan apresiasi, karena di pameran menampilkan berbagai jenis karya seni rupa. Yang mana bisa memberikan pengetahuan dan menambahkan wawasan tentang berbagai gaya dan teknik seni rupa melalui berbagai karya yang dipajang.

    6. Melatih dan mempraktikkan kerja kelompok

    Penyelenggaraan pameran tidak mungkin dilakukan oleh satu orang, melainkan dengan kerja kelompok yang melibatkan banyak orang. Sehingga, dengan mengadakannya di sekolah dapat melatih siswa untuk bekerjasama.

    7. Melatih siswa untuk membuat perencanaan kerja dan melaksanakannya

    Kegiataan pameran memerlukan banyak persiapan, dari perencanaannya hingga pelaksanaannya, untuk bisa dilangsungkan. Bahkan kepanitiaan harus disusun dengan terstruktur. Karya seni yang ditampilkan juga harus yang cocok dan relevan. Lalu dengan berbagai keperluan lainnya. Dengan begitu, pameran di sekolah ini memiliki manfaat untuk melatih pembuatan rencana kerja dan melaksanakannya.