Mau Beli Google Pixel 5? Ini Harga Terbaru dan Spesifikasinya

Tidak hanya pintar dalam membuat teknologi yang berguna untuk kehidupan manusia. Google pun juga terus-terusan membuat ponsel epik untuk dipakai semua para penggemarnya di dunia. Adalah Google Pixel 5, jadi smartphone tipe flagship yang lahir saat pandemi mendera dunia.

Dalam beberapa spesifikasi tidak ada perubahan berarti yang terjadi di dalam ponsel cerdas milik Google tersebut. Namun sebagai raja teknologi dunia, Google memberikan tingkat efisiensi dalam ponsel besutannya.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ponsel pintar buatan Negeri Paman saham tersebut. Penjelasannya akan diurai dalam informasi berikut ini.

Review Google Pixel 5

Ponsel generasi ini merupakan sebuah smartphone yang diumumkan pada tahun 2020 dan diluncurkan pada Oktober 2020. Ini adalah salah satu perangkat flagship dari Google dengan kelebihan dan juga kekurangan di dalamnya.

Smartphone ini menghadirkan berbagai peningkatan di beberapa fitur dan spesifikasinya. Tapi ada juga yang dikurangi dari pada hal lain yang berguna supaya meningkatkan bagian lain di dalamnya. Ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ponsel pintar ini.

1. Desain Body

Gawai pintar ini memiliki desain body yang sama dengan pendahulunya, dengan dimensi 144.7 mm x 70.4 mm x 8 mm dan cuma punya berat 151 gram. Dengan berat yang demikian akan sangat ringan ketika digenggam hanya dengan satu tangan saja.

Smartphone ini dilengkapi dengan bahan aluminium yang memberikan kesan yang kokoh dan terasa wah bagi semua penggunanya. Ponsel yang berukuran cukup mini ini memiliki dua varian warna terdiri dari Just Black dan juga Sorta Sage.

Masih dengan spesifikasi yang lama dengan ponsel generasi sebelumnya,  pixel 5 juga dilengkapi dengan sertifikat IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan juga air. Jika anda tidak sengaja membuatnya terjatuh ke dalam air dengan ketinggian satu setengah meter.

Maka tenang saja ponsel tersebut akan tetap bertahan hanya saja tidak boleh terendam cukup lama lebih dari 30 menit.

Pada bagian belakang, tetap mempertahankan modul kamera berukuran kotak yang memuat dua kamera. Di bagian belakangnya juga tetap ada pemindai sidik jari yang terletak di tengah atas. Sisi kanan daripada body ponsel ini memiliki tombol power dan juga volume di dalamnya.

Di bagian bawahnya terdapat port USB beserta speaker stereo namun saya tidak ada Jack audio di ponsel mewah tersebut.

2. Layar

Layar daripada ponsel buatan perusahaan Google ini Memiliki ukuran 6 inci dengan resolusi full HD + 1080 x 2340 pixel  dengan kerapatan piksel 431 ppi.

Layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6, dan smartphone ini juga telah dilengkapi dengan teknologi layar OLED yang memungkinkan warna-warna yang hidup dan kontras yang tinggi. Kualitas tampilan pada layar Pixel 5 sangatlah baik, terutama untuk menonton video dan bermain game.

3. Performa

Google Pixel 5 didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang sangat cepat dan hemat daya. Prosesor ini dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Meskipun bukan chipset flagship terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 765G tetap bisa menghasilkan performa yang sangat baik untuk menjalankan berbagai aplikasi yang ada di smartphone. Kinerja smartphone ini sangat lancar dan mulus, tanpa adanya lag atau masalah performa.

4. Kamera

Salah satu fitur unggulan dari seri pixel 5 adalah kamera canggihnya. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang 12,2 megapiksel dengan aperture f/1.7 dan kamera ultra-wide 16 megapiksel dengan aperture f/2.2.

Kamera utama pun juga dilengkapi dengan dua fitur terdiri dari fitur PDAF dan juga OIS yang berperan sebagai auto fokus dan stabiliser. Kemampuan dari perekaman video ini bisa memiliki kualitas dari mulai 1080p hingga 4K dengan menggunakan 60 fps.

Fitur lain yang tersedia dalam kamera utama ini diantaranya adalah stabilisasi locked yang bisa zoom 2 hingga 5 kali. Dibekali juga hal lain seperti active mode dan cinematic pan di dalam kameranya.

Kamera depannya sendiri memiliki ukuran 8 MP dengan aperture f/2.0 yang bisa mengambil video ukuran HD 1080p di 30fps. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun gambar yang bisa diambil untuk selfie cukup jernih.

5. Baterai

Google Pixel 5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4080 mAh, yang cukup besar dan mampu bertahan sepanjang hari dengan pemakaian normal.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat 18W, serta dukungan untuk pengisian daya nirkabel 12W dan pengisian daya terbalik 5W. Meskipun kualitas baterai tidak sampai angka lima ribu, tapi pengisiannya yang cepat membuat kekurangan tersebut tertutup.

6. Fitur Lain

Ponsel pintar ini juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya, seperti NFC, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802 hingga USB Type C. Seri pixel 5 juga menjalankan sistem operasi Android 11, dan mendapatkan update ke versi terbaru Android 12.

Android tersebut merupakan generasi terbaru yang dihadirkan oleh Google untuk semua para customernya. Jadi untuk Anda yang memang membeli seri pixel 5 ini sudah tidak perlu lagi takut karena tidak bisa mengupdate ke OS terbaru.

Harga Google Pixel 5 Terbaru 2023

Meskipun termasuk jenis HP flagship yang dapur pacu prosesornya relatif turun dibandingkan seri yang sebelumnya. Namun harga awalnya ternyata bisa tembus di angka 600 dollar atau sekitar 10 juta rupiah.

Termasuk kategori mahal untuk SoC yang versinya lebih rendah daripada Google Pixel 4. Untuk tahun terbaru ini harga Google Pixel 5 sendiri berada di Kisaran 4 hingga 5 juta saja. Jadi untuk saat ini harganya relatif turun 50 persennya daripada beberapa tahun lalu.

Varian daripada ponsel generasi kelima ini sendiri hanya memiliki satu jenis saja yakni ukuran RAM 8 GB dan ROM nya lumayan besar sebanyak 128 GB.

Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 5

Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh pixel 5, salah satu smartphone Google yang punya daya tahan lama dalam hal baterai. Inilah beberapa informasinya:

1. Kelebihan

  • Desain body yang compact dan juga cukup minimalis
  • Diberikan pada layar OLED full HD+ yang memiliki refresh rate sebesar 90 Hz
  • Punya chipset kelas menengah yakni Qualcomm Snapdragon 765G
  • Dilengkapi dengan ultra wide membuat gambar jadi lebih bagus
  • Konektivitasnya dinaikkan menjadi 5G
  • Baterainya cukup tahan lama untuk digunakan seharian

2. Kekurangan

  • Kamera telefoto di seri sebelumnya tidak diterapkan ke seri pixel 5
  • Mengalami downgrade di chipset nya
  • Tidak memiliki variasi RAM
  • Belum ada slot memori tambahan

Google Pixel 5 adalah smartphone yang cukup mengesankan. Dengan desain yang lumayan, layar berkualitas tinggi, performa kencang, kamera canggih, daya tahan baterai yang kuat, serta fitur-fitur menarik lainnya.

Smartphone ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan perangkat yang serbaguna dan handal. Untuk Anda yang terbiasa multitasking akan tetap cocok dengan handphone ini meski chipsetnya yang turun ke snapdragon 765G.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan