Tips Memilih Teman yang Membawa Dampak Positif

    Apakah Kamu ingin mengetahui tiga tahun ke depan Kamu akan berada di mana? Kamu bisa mengetahui ke mana akan pergi, apa yang akan Kamu lakukan, dan bahkan memperkirakan berapa penghasilan Kamu nantinya. Acuannya adalah siapa orang-orang di sekitar Kamu dan perusahaan mana yang sedang Kamu pertahankan sekarang ini. Mereka sangat memiliki pengaruh dan dampak. Kamu juga bisa mengetahui di mana Kamu berada sekarang berdasarkan apa yang Kamu lakukan sebelum ini. Pengaruh ini adalah bukti bahwa pertemanan sangat penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, memilih teman juga sangat penting.

    Pertemanan memengaruhi kita dalam hidup dan membantu menentukan siapa kita. Bahkan bagi orang dewasa, pertemanan dapat memengaruhi bagaimana mereka merasakan, berpikir, dan berperilaku. Di bawah ini adalah tips untuk memilih teman yang dapat membawa dampak positif bagi kita.

    1. Berpengaruh positif

    Jika Kamu telah beralih ke kehidupan di mana Kamu bertekad untuk menentukan arah hidup sendiri. Maka cari orang yang dapat membantu Kamu mewujudkan seperti apa masa depan Kamu nantinya. Teman-teman akan memengaruhi perilaku Kamu, maka Kamu harus memilih orang yang memberi pengaruh positif.

    Penting untuk mengelilingi diri kita dengan mereka yang membantu kita untuk menemukan kebahagiaan, bukan justru yang berkontribusi untuk penderitaan kita. Jika Kamu mengelilingi diri Kamu dengan orang-orang berpengaruh negatif, maka Kamu tidak memiliki peluang untuk bahagia.

    2. Orang yang lebih tinggi

    Jika Kamu ingin membawa hidup ke tingkat yang lebih tinggi, baik untuk karier ataupun bisnis. Maka Kamu perlu memilih teman dan bergaul dengan orang-orang di tingkat yang lebih tinggi. Dengan demikian, pertemanan akan membantu mengembangkan pemikiran dan membuka peluang kemajuan hidup lebih besar. Dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman yang bisa membuat Kamu menambah informasi baru dan wawasan lebih luas. Lalu dapat membuka peluang untuk kehidupan baru yang potensial.

    3. Pemikiran yang sama

    Pilih teman yang memiliki pemikiran yang mirip dengan Kamu, yang mencerminkan nilai-nilai dan cara berpikir seperti Kamu. Hindari orang-orang yang tidak menghargai pilihan atau terus-menerus mengungkapkan keraguan tentang ide-ide yang Kamu miliki. Teman sejati akan mendukung Kamu dan dapat menginspirasi untuk bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan.

    4. Minat akan pengetahuan

    Hidup adalah tentang belajar, berkembang, dan maju. Dengan memilih teman yang memiliki minat akan pengetahuan, Kamu bisa belajar bersama. Lalu dapat merekomendasikan buku atau berbagi informasi yang berguna untuk membantu berkembang. Mereka yang gemar membaca biasanya menyenangkan untuk diajak bicara. Mereka juga tidak menjalani hidup dengan santai untuk membuang-buang waktu untuk kegiatan yang tidak berguna.

    5. Teman yang jujur

    Kepercayaan dan kejujuran adalah landasan dalam hubungan apapun. Memilih seorang teman yang jujur dapat memberi tahu Kamu bagaimana sesuatu akan terjadi. Teman yang jujur sangat penting di saat-saat Kamu membutuhkan nasihat yang tepat, bukan nasihat yang membuat Kamu bahagia karena Kamu menyukainya. Teman yang jujur akan memberi tahu Kamu apa yang mereka rasakan, baik Kamu suka atau tidak suka. Namun Kamu dapat mengandalkan saran mereka tanpa perlu khawatir.

    6. Teman yang memberi dan menerima

    Pilih teman yang memiliki keseimbangan antara memberi dan menerima. Kita semua memiliki teman yang menginginkan sesuatu dari kita dan kita pun ingin menerima bantuan ketika membutuhkan. Kendati memberi dan menerima adalah hal-hal yang tidak untuk dibicarakan secara langsung. Namun ini memengaruhi banyak hal dan kepentingan untuk bisa dilakukan lebih mudah.

    7. Teman yang bersedia berdiri saat masa sulit

    Orang yang berdiri di samping Kamu saat di masa yang sulit adalah teman sejati. Jika Kamu menghabiskan waktu bersama teman sejati, suasana hati Kamu pasti akan membaik. Namun jika komentar teman membuat Kamu merasa buruk, suasana hati Kamu pasti akan menurun. Seorang teman yang terus-menerus membuat komentar negatif tentang tujuan dan impian hanya akan mengalihkan perhatian dari persoalan yang sedang dihadapi.

    8. Memprioritaskan pertemanan

    Teman cenderung datang dan pergi sepanjang hidup. Perubahan pekerjaan, pindah ke kota baru, dan menjadi orang tua adalah sebagian dari banyak hal yang dapat mengubah pertemanan dalam hidup. Tuntutan hidup dan karier yang sibuk pun dapat memindahkan teman ke bagian daftar paling bawah dari prioritas.

    Namun perlu bijaksana dalam mengevaluasi kembali peran yang dimainkan oleh teman dalam hidup Kamu. Bahkan jika kita berisiko disakiti oleh orang lain, tidak ada gunanya hidup tertutup untuk diri kita sendiri. Hidup sendiri mengakibatkan kita merasa kesepian, takut berteman, takut mencintai, bosan hidup, dan menghindari komunikasi dengan orang-orang. Padahal kita semua memiliki keinginan untuk berhubungan satu sama lain.