Jika Kita Mencuci Baju Menggunakan Air Tercampur Minyak Terjadi?

    Sebagian besar air yang menutupi planet bumi ini merupakan air laut. Meski begitu, air tersebut bukan yang diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga serta kebanyakan industri. Namun paling tidak, sebagian kecil air di planet bumi ini merupakan air segar, yakni air yang tidak asin dan bisa kita pakai untuk minum, masak, mencuci, dll. Nah membahas tentang mencuci baju, bagaimana kalau kita menggunakan air yang tercampur minyak, apa yang terjadi? Berikut adalah pembahasannya.

    Daftar Isi:

    Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air tercampur minyak?

    Ketika mencuci baju kita perlu memakai sabun detergen untuk mengangkat noda dan minyak yang menempel hingga bersih. Kalau air yang dipakai untuk mencuci baju tercampur minyak, maka diperlukan sabun detergen yang lebih banyak biar minyak tidak menempel pada baju. Tapi air yang bercampur dengan minyak tidak bisa dipakai untuk membersihkan baju, sebab minyak dapat menempel pada baju.

    Apa yang terjadi jika kita meminum air yang tercemar kuman?

    Jika kita meminum air yang tercemar kuman, maka dapat menyebabkan sakit perut. Dengan begitu, air untuk keperluan minum perlu di masak hingga mendidih dan disimpan di dalam tempat minum yang tertutup. Misalnya teko, termos, botol dll.

    Apa yang terjadi pada ikan jika di sungai menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?

    Limbah cair dari industri biasanya memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya. Kalau limbah cair tersebut dibuang ke sungai, maka mencemari sungai dan ekosistemnya terganggu bahkan mati, yakni ikan dan tumbuhan yang hidup di sungai.

    Kesimpulan dari pembahasan di atas

    Kesimpulan dari pembahasan ini adalah kualitas air memiliki pengaruh terhadap kehidupan di bumi, entah itu untuk manusia, hewan, serta tumbuhan.

    Persyaratan air bersih

    Persyaratan air bersih meliputi tiga unsur, yakni syarat fisik, kimia, dan mikrobiologi.

    1. Syarat fisik

    Syarat fisik harus diperhatikan bukan sekadar karena kenyamanan saja, melainkan juga menyangkut kebersihan dan keamanan penggunaannya. Contoh syarat fisik air yang berkualitas meliputi.

    • Tidak berkeruh
    • Tidak berwarna
    • Tidak berasa
    • Tidak berbau
    • Suhu antara 10 hingga 25 derajat C
    • Tidak meninggalkan endapan.

    2. Syarat kimia

    Unsur kimia yang terkandung di dalam air harus memiliki kadar serta tingkat konsentrasi tertentu yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia maupun mahluk hidup lainnya yang bersangkutan. Beberapa persyaratan kimia air antara lain sebagai berikut.

    • Tidak mengandung bahan kimia yang beracun
    • Tidak mengandung zat kimia yang berlebihan
    • Cukup yodium
    • pH air antara 6,5 hingga 9,2.

    3. Syarat mikrobiologi

    Pada syarat ini ditentukan oleh batasan mengenai jumlah bakteri pada umumnya dan khususnya bakteri yang menyebabkan penyakit. Air tidak boleh mengandung kuman penyakit.

    Penutup

    Air dapat diperoleh dari sungai terdekat ataupun sumber lain seperti sumur. Sumur merupakan sumber air yang bisa diperoleh dengan menggali tanah. Saat ini kebanyakan orang sudah membuat sumur sebagai sumber air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

    Dulu orang memakai sebuah timba untuk mengambil air dari sumur. Tapi saat ini, kebanyakan orang telah memakai pompa air yang memakai tenaga listrik. Dengan pompa tersebut, air bisa dialirkan ke atas lewat pipa hingga ke tempat air, kamar mandi, wastafel, dll.

    Nah sementara mungkin itu cukup untuk pembahasan apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air tercampur minyak. Mudah-mudahan bermanfaat ya.


    Share this post:
    Loading...