Mengapa Indonesia Disebut sebagai Negara Maritim?

    Ada alasan yang singkat dan yang lebih rinci mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim. Namun keduanya serupa dengan didasarkan pada definisi umum dari negara maritim. Alasan utama yang singkat adalah sebagai berikut.

    Indonesia disebut negara maritim karena wilayahnya yang dikelilingi oleh perairan yang sangat luas, dengan lautan yang lebih luas daripada daratan.”

    Alasan tersebut merupakan yang paling sesuai dengan pengertian negara maritim secara umum dan paling banyak digunakan.

    Alasan Indonesia Negara Maritim Lebih Rinci

    Secara geografis, Indonesia berada di antara 2 samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, dengan memiliki kurang lebih 2/3 wilayah lautan dan 1/3 wilayah daratan. Bahkan pulau-pulau di Indonesia dihubungkan melalui perairan dan tidak satupun daratan menyentuh benua lain secara langsung. Lalu juga memiliki sumber daya alam di laut yang berlimpah. Dengan begitu, maka penduduk di Indonesia dapat memanfaatkan hasil laut sebagai mata pencaharian.

    Namun sebagai negara maritim, Indonesia harus dapat mengembangkan sektor kelautan. Dengan pengembangan sektor ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan perekonomian. Tetapi bukan sekadar untuk menangkap ikan di laut. Melalui potensi di bidang ini, laut dapat diberdayakan untuk pelayaran, perdagangan, eksplorasi, dan pelabuhan.

    Kendati belum sampai di tingkat tersebut, namun sebagai negara maritim kita memiliki potensi. Indonesia memiliki wilayah kedaulatan atas laut yang luas dengan sumber daya alam yang melimpah. Maka yang dibutuhkan untuk manifestasi ini adalah harus memiliki konsep dan mengedepankan pemanfaatan sumber daya laut secara keseluruhan. Konsep dibutuhkan sebagai modal utama dan pemahaman untuk dapat mengelola dan melindungi ekosistem.

    Di dalam upaya untuk menghasilkan peradaban baru melalui pengelolaan sumber daya ini, maka diperlukan jangka waktu yang panjang. Mulai dari memahami konsep hingga dapat menerapkannya. Ketika diterapkan juga harus dapat menyeimbangkan dengan unsur-unsur kebudayaan lokal. Pembangunan biasanya dilakukan dengan meninjau kondisi sosial dan budaya untuk dapat menghindari kerugian penduduk lokal. Dengan begitu, maka sumber daya laut dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan penduduk dan menumbuhkan perekonomian negara.


    Share this post:
    Loading...