Alasan Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia

    Mungkin banyak dari orang Indonesa yang merasa ragu terhadap kualitas produk lokal. Keraguan ini pastinya menciptakan sudut pandang yang negatif pada produk dalam negeri dan akhirnya banyak orang memilih produk impor. Padahal jika kita terus menerus menggunakan produk luar negeri dan mengabaikan produk lokal, justru semakin melemahkan kualitas produk Indonesia. Karena itu, kita harus berupaya untuk cinta produk Indonesia, mengapa demikian? Banyak alasannya, berikut dijelaskan.

    Alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia adalah untuk mempertahankan produk lokal dari banyaknya produk impor yang datang dan meningkatkan produksi di dalam negeri. Dengan menggunakan produk Indonesia, bisa memberikan banyak dampak positif. Misalnya yaitu meningkatkan jumlah lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan, menambah jumlah pendapatan nasional, meningkatkan perkembangan ekonomi negara, dan meningkatkan kemakmuran masyarakat.”

    Apa contoh tindakan dari cinta produk Indonesia?

    Berikut merupakan contoh tindakan dari cinta produk Indonesia.

    1. Menggunakan pakaian hasil produksi dalam negeri.

    2. Membeli buah-buahan hasil pertanian lokal.

    3. Membuat daftar belanja dengan prioritas merek lokal.

    4. Mengajak keluarga dan teman untuk ikut memilih produk lokal.

    5. Memberi review yang positif terhadap penggunaan produk lokal.

    Jika Kamu ingin mengenali berbagai produk yang diproduksi di dalam negeri, Kamu bisa membuka berbagai situs web resmi pemerintah. Misalnya situs web Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan UKM. Kedua kementerian ini menaungi banyak pengusaha lokal kecil dan menengah.

    Apa yang terjadi jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri?

    Jika kita lebih banyak membeli barang dari luar negeri, maka produsen lokal mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya dan kualitas hasil produksi semakin menurun. Lalu berisiko mengalami kerugian yang pada akhirnya dapat berujung pada melemahnya perekonomian negara.

    Jika kita lebih banyak memilih barang dari luar negeri, berarti rasa cinta tanah air kita perlu dipertanyakan. Karena kita harus menghargai hasil kreasi dalam negeri kita dan bukan sebaliknya. Sedangkan jika kita memilih produk Indonesia, banyak dampak positifnya.

    Apa yang akan terjadi jika lebih banyak menggunakan produk Indonesia?

    Dengan menggunakan produk lokal, maka kita membantu usaha dalam negeri untuk berkembang dan maju. Lalu dengan kemajuannya, berpeluang untuk membuka lapangan kerja yang dapat menyerap banyak tenaga kerja. Dengan banyaknya tenaga kerja yang diserap, maka jumlah pengangguran berkurang. Dengan berkurangnya jumlah pengangguran, otomatis kemakmuran masyarakat dapat meningkat. Pada akhirnya berhubungan dengan peningkatan perekonomian negara.

    Kita pun bisa merasa bangga sebagai Warga Negara Indonesia, yang di mana dengan berkembang dan majunya usaha dalam negeri, bisa memicu peningkatan kualitas produk lokal. Lalu produk lokal memiliki peluang untuk bersaing di pasar internasional.

    Apa dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negeri?

    Dampak cinta produk Indonesia bagi para pengrajin dalam negeri adalah membuat produk mereka semakin dikenal dan mereka bisa mendapatkan banyak permintaan. Lalu mereka memiliki peluang untuk berkembang dan maju.

    Dengan meningkatnya permintaan produk lokal, pengrajin dalam negeri bisa menjadi produktif untuk menghasilkan barang. Dengan begitu, pemasukan dan pendapatan mereka bertambah, sehingga membawa kesejahteraan dan membuat mereka lebih kreatif untuk mengembangkan produk kerajinan.

    Apa dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia?

    Dampak cinta produk Indonesia bagi kemajuan perekonomian bangsa Indonesia adalah produk lokal memiliki peluang untuk bersaing di pasar internasional. Lalu jika mendapati banyak peminat, memungkinkan peningkatan ekspor Indonesia.

    Kesimpulan

    Banyak alasan mengapa kita harus cinta produk Indonesia sebab memiliki banyak dampak positif. Meski demikian, pada kenyataannya memang terdapat produk dalam negeri yang kalah untuk kualitasnya daripada produk impor. Oleh sebab itu, semua produsen diharapkan untuk memperhatikan kualitas barang sebelum dipasarkan. Biar konsumen mendapat kepuasan dan tidak merasa ragu untuk menggunakan produk lokal.

    Dikutip dari Antara 2013, Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan menerangkan “Bila konsumen Indonesia lebih senang membeli barang-barang impor, yang akan memetik manfaat terbesar adalah produsen barang di luar negeri. Uang kita akan mengalir ke luar tanpa ada manfaat ekonomi ke dalam.” ujar Mendag pada saat membuka Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional di Pontianak.

    Lalu bagaimana dengan Kamu, apakah Kamu sudah menggunakan produk Indonesia?

    Refrensi: antaranews.com/berita/374003/mendag-mencintai-produk-lokal-kunci-kesejahteraan-indonesia