Alasan Mengapa Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui

    Minyak bumi (petroleum) merupakan cairan alami yang berwarna coklat kehijauan yang berada dalam formasi geologi di bawah permukaan bumi. Minyak ini digunakan dalam pembuatan berbagai jenis bahan bakar. Dengan begitu, minyak bumi mencakup minyak mentah yang belum diproses dan produknyai terdiri dari minyak mentah olahan. Lalu mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui? Jika ingin mengetahui deskripsi singkat minyak mentah bisa membaca paragraf kedua berikut, sedangkan alasan mengapa tidak dapat diperbarui bisa membaca di paragraf ketiga.

    Minyak mentah ini terdiri campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon yang terjadi secara alami dengan penampilan, komposisi, dan kemurnian yang bervariasi. Minyak tersebut bisa terbentuk ketika sejumlah besar organisme mati. Lalu terkubur di bawah batuan sedimen dan mengalami panas dan tekanan yang ekstrem. Lalu bisa diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Sumur-sumur tersebut bisa didapatkan melalui berbagai proses studi dan analisis. Minyak mentah diambil dan diproses di tempat pengilangan minyak untuk menghasilkan berbagai jenis bahan bakar, misalnya bensin dan minyak tanah.

    Mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui?

    Alasan mengapa tidak dapat diperbarui adalah karena minyak bumi dihasilkan dari fosil hewan yang telah terkubur dalam waktu yang sangat lama, diperkirakan bisa ratusan ribu bahkan jutaan tahun.”

    Dengan alasan tersebut, eksplorasi dan penggunaan minyak bumi harus dilakukan dengan bijak. Jika perlu berupaya untuk menemukan alternatif lain biar pemakaiannya bisa diminimalisir. Namun juga mengacu pada alasan tersebut, secara harfiah minyak bumi bisa diperbarui, tetapi memerlukan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, dikelompokkan ke jenis Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbarui.

    Catatan

    Minyak bumi merupakan SDA yang tidak dapat diperbarui ini dalam arti, ketika sudah habis maka sangat sulit untuk bisa didapatkan kembali. Karena proses terbentuknya memerlukan waktu yang sangat lama, maka jika tidak digunakan dengan efisien bisa habis. Tidak mungkin kita menunggu ratusan ribu dan jutaan tahun biar bisa mendapatkan SDA ini lagi. Lain dengan air, cahaya, dan udara yang berada di sekitar kita. Mereka masuk kelompok SDA yang dapat diperbarui karena tidak bisa habis meskipun digunakan terus menerus.

    Meskipun begitu, sampai sekarang ini minyak bumi menjadi SDA yang sangat diperlukan dan memiliki peran penting. Berbagai aktivitas yang kita jalankan banyak yang memerlukan energi yang dihasilkan dari olahan minyak bumi. Misalnya untuk menyalakan listrik, mesin motor, mesin pabrik, dan sebagainya.


    Share this post:
    Loading...