Pluto itu Disebut Planet atau Tidak ya?

    Beberapa di antara kita mungkin pernah mendapati pembelajaran yakni tata surya terdiri dari 9 planet. Lalu salah satu di antaranya adalah pluto. Namun sekarang ini pluto tidak lagi disebut sebagai planet, mengapa demikian? Berikut adalah penjelasannya.

    Mengapa pluto tidak lagi disebut planet?

    Pluto ditemukan keberadaannya sejak tahun 1930. Kala itu astronom yang menemukannya mengira bahwa dia berhasil menemukan planet ke 9 di tata surya kita. Para astronom pun sangat yakin kala itu, meskipun bisa dibilang ukurannya pun cenderung kecil untuk sebuah planet.

    Lalu seiring berjalannya waktu, teleskop yang lebih canggih berhasil diciptakan. Melalui teleskop tersebut bisa didapati bahwa pluto ternyata hanyalah salah satu dari sekian banyak objek langit lainnya yang terletak di area kuiper belt.

    Setelah kasus ini, akhirnya para astronom membuat syarat untuk sebuah objek bisa disebut sebagai planet. Yang mana di syarat tersebut pluto tidak memenuhinya.

    Apa syarat sebuah objek bisa disebut planet?

    1. Objek harus mengorbit mengelilingi matahari.

    2. Objek harus berbentuk bulat sebagai tanda bahwa dia memiliki gravitasi yang cukup kuat.

    3. Dengan gravitasi yang cukup kuat, maka bisa membersihkan objek-objek lain di sekitarnya.

    Mengacu pada parameter tersebut, pluto mungkin memenuhi 2 syarat, namun tidak di syarat yang terakhir. Oleh karena itu, dia tidak disebut planet lagi.

    Sejak kapan pluto tidak lagi disebut planet?

    Pluto tidak lagi disebut sebagai planet sejak definisi dan syarat untuk sebuah planet diberlakukan, tepatnya pada 24 agustus 2006. Namun dengan demikian, sebelumnya pluto pernah dianggap sebagai planet selama kurang lebih 76 tahun.

    Pada 24 agustus 2006 tersebut, ribuan astronom berkumpul di Praha Ceko untuk pertemuan International Astronomical Union (IAU). Di kala itu juga, disepakati bahwa pluto tidak lagi disebut planet pada tata surya bima sakti, namun mendapatkan sebutan lain. Dengan begitu, sekarang ini di tata surya hanya terdiri dari 8 planet.

    Lalu apa status pluto sekarang?

    Pada pertemuan Internasional Astronomical Union di tahun 2006 yang lalu, disepakati bahwa pluto masuk sebagai kategori baru yaitu sebagai dwarf planet, yakni planet kerdil. Lalu juga terdapat objek-objek lain selain pluto yang juga disebut demikian, beberapa di antaranya adalah Charon, Xena, Ceres, dll.

    Catatan

    1. Kuiper belt (sabuk kuiper), merupakan sebuah wilayah di tata surya yang berada dari sekitar orbit Neptunus (sekitar 30 SA) hingga jarak 50 SA dari matahari.

    2. Internasional Astronomical Union (Persatuan Astronomi Internasional), merupakan badan resmi astronomi. IAU ini diakui sebagai pihak yang memiliki wewenang untuk penamaan bintang planet asteroid dan benda langit lainnya pada komunitas ilmiah.

    3. Dwarf planet (planet kerdil), merupakan sebutan untuk benda-benda langit yang mengorbit mengelilingi matahari, namun tidak membersihkan lingkungan di wilayah sekitar orbitnya. Dengan kata lain, dia tidak mengosongkan orbit biar tidak ditempati benda-benda lain yang berukuran cukup besar selain satelitnya sendiri. Planet kerdil ini disebut juga sebagai planet katai dan juga planet kurcaci.