Alasan Program Kesehatan Kerja Wajib Digalakkan

    Semua pekerja pastinya ingin bekerja dengan aman dan terlindungi. Oleh sebab itu, keselamatan ketika bekerja sangat penting bagi semua pekerja di perusahaan. Dengan begitu, keselamatan dan kesehatan kerja menjadi faktor kunci bagi semua perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan perusahaan. Lalu program kesehatan kerja wajib digalakkan dalam perusahaan, mengapa demikian? Berikut di jelaskan alasannya.

    1. Agar pekerja memperoleh jaminan keselamatan dan kesehatan kerja

    Sebagian besar orang pasti setuju bahwa mencegah kecelakaan dan potensi kematian bagi karyawan adalah prioritas utama. Beberapa masalah bisa muncul bukan karena adanya kejahatan saja, melainkan juga bisa karena mengabaikan keselamatan dan kesehatan. Oleh sebab itu, bisa menjadi alasan pertama mengapa program kesehatan kerja wajib digalakkan dalam perusahaan.

    2. Menghindari gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh lingkungan kerja

    Semua pekerjaan memang dapat memiliki risiko keselamatan, oleh sebab itu perusahaan harus memperhatikan dan menyusun pencegahan risiko bahaya yang mungkin bisa terjadi. Tindakan pencegahan risiko dapat ditujukan untuk memastikan bahwa pekerja cukup aman sepanjang waktu.

    3. Agar pekerja merasa terlindungi ketika bekerja

    Beberapa perusahaan menerapkan ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja dengan baik, namun beberapa mungkin belum demikian. Keadaan ini menyesuaikan kesadaran perusahaan tersebut. Jika kemungkinan kecelakaan tinggi namun tidak dengan disertai perlindungan yang maksimal. Maka bahaya tampak di depan mata. Dengan begitu, program keselamatan dan kesehatan kerja wajib digalakkan agar pekerja merasa terlindungi ketika bekerja.

    4. Menciptakan lingkungan kerja yang aman

    Semua orang yang meninggalkan rumahnya untuk bekerja harus kembali ke rumahnya dengan sehat dan selamat. Pernahkah Kamu membayangkan jika orang yang Kamu tunggu tidak kembali ke rumah? Atau Kamu mendapat telepon jika dia sedang di rumah sakit karena peristiwa tertentu terjadi? Pikiran-pikiran tersebut bisa menakutkan. Oleh sebab itu jelas, dapat menjadi alasan mengapa program kesehatan kerja wajib digalakkan dalam perusahaan. Yakni untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan pekerja bisa ke rumah dengan sehat dan selamat.

    5. Mematuhi kewajiban hukum

    Kesehatan kerja menurut Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 48 tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran adalah sebagai berikut.

    “Kesehatan Kerja adalah upaya peningkatan dan pemeliharaan derajat kesehatan yang setinggitingginya bagi karyawan di semua jabatan, pencegahan penyimpangan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi karyawan, perlindungan karyawan dari risiko akibat faktor yang merugikan kesehatan, penempatan dan pemeliharaan karyawan dalam suatu lingkungan kerja yang mengadaptasi antara karyawan dengan manusia dan manusia dengan jabatannya.”

    Sederhananya, pekerja memiliki hak hukum untuk mendapatkan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Meskipun seolah-olah kewajiban tersebut tampak menjadi beban bagi perusahaan, namun yang demikian memiliki keunggulan untuk produktivitas dan loyalitas pekerja. Oleh sebab itu, perusahaan harus memahami bahwa tempat kerja yang aman merupakan faktor kunci untuk mengembangkan perusahaan yang positif. Namun jika perusahaan melanggar peraturan keselamatan dan kesehatan kerja, maka konsekuensi hukum dapat terjadi.

    6. Mengurangi risiko kecelakaan kerja

    Kecelakaan kerja bahkan bisa terjadi di tempat kerja yang paling aman. Bahkan jika perusahaan memiliki asuransi bagi pekerja, namun jika lalai untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, maka karyawan dan keluarga karyawan yang mendapati kecelakaan kerja dapat menuntut ganti rugi. Bagi usaha kecil mungkin dapat membuat perusahaan menjadi bangkrut. Namun kecelakaan dapat ditekan jika program kesehatan kerja wajib digalakkan dalam perusahaan, misalnya pekerja diwajibkan memakai peralatan kerja yang sesuai ketentuan kemanan.

    7. Menghindari karyawan jatuh sakit jika lingkungan kerja merupakan tempat riskan

    Perusahaan perlu mengkonfirmasi semua pekerja terkait dengan pekerjaan dan kenyamanannya. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil langkah yang sama sesuai dengan yang diinginkan pekerja. Lalu dapat membantu meningkatkan produktivitas, kualitas produk, dan banyak lagi.

    8. Tanggung jawab sosial bagi perusahaan

    Program keselamatan kerja merupakan tanggung jawab sosial bagi perusahaan, karena jika terjadi kecelakaan kerja, lingkungan di sekitar perusahaan juga dapat terpengaruh dampaknya.

    Kesimpulan

    Beberapa penjelasan di atas merupakan sebagian dari banyaknya alasan mengapa program kesehatan kerja wajib digalakkan dalam perusahaan, banyak lagi alasan lain yang belum di jelaskan di atas. Namun intinya, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memperhatikan keselamatan dan kesehatan pekerjanya. Yakni dengan menciptakan peraturan tentang keselamatan dan kesehatan, lalu dilaksanakan oleh semua pekerja dan pimpinan perusahaan.