Alasan Seorang Wirausahawan Disebut sebagai Inovator

    Wirausahawan merupakan seorang yang memiliki ide atau gagasan, kreatif, berkemampuan untuk menciptakan produk, melihat peluang, dan memasarkannya hingga mengatur permodalan. Lalu mengapa seorang wirausahawan disebut sebagai inovator? Berikut dijelaskan alasannya.

    Alasan mengapa seorang wirausahawan disebut sebagai inovator karena memiliki keterampilan untuk menciptakan ataupun mengembangkan ide atau gagasan. Lalu menerapkannya pada aktivitas produksi hingga dapat menciptakan produk baru yang memiliki perbedaan dengan yang sebelumnya.”

    Orang yang memiliki kemampuan kewirausahaan bahkan dapat membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Melalui ide atau gagasan yang dikembangkan dengan inovasinya. Karena itu, wirausahawan bisa digolongkan sebagai inovator. Tetapi tidak semua inovator bisa disebut sebagai wirausahawan.

    Lebih lanjut

    Wira dan usaha

    Wirausaha menurut asal kata, terdiri dari kata wira dan usaha. Wira memiliki arti, pahlawan atau bisa juga sebagai pejuang. Sedangkan usaha memiliki arti, kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud atau bisa juga sebagai pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu.

    Wirausaha

    Pengertian wirausaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mengacu pada wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

    Entrepreneur

    Pelaku wirausaha, dikenal dengan sebutan wirausahawan atau entrepreneur, yaitu seorang yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan inovator pemikiran untuk melakukan usaha. Entrepreneur dapat diartikan pula sebagai seseorang yang bisa memanifestasikan ide pada inovasi yang sukses.

    Entrepreneurship

    Kewirausahaan atau entrepreneurship dapat memiliki banyak pengertian. Salah satu di antaranya, entrepreneurship merupakan sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian mengambil risiko, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.

    Peran

    Pada umumnya, wirausahawan mempunyai dua peran, yakni sebagai inovator dan perencana. Sebagai inovator, seorang wirausaha dapat menemukan dan menciptakan produk, teknologi, dan cara baru melalui ide baru ataupun dengan mengembangkan ide sebelumnya untuk usaha. Sementara sebagai perencana, seorang wirausaha dapat merancang usaha baru, merencanakan strategi perusahaan baru, merencanakan ide, dan melihat peluang yang bisa dipakai untuk menciptakan organisasi perusahaan baru.

    Seperti pada definisi umumnya yaitu seorang wirausaha dapat menciptakan ataupun mengembangkan ide. Dengan demikian, tidak semua wirausahawan diharuskan menciptakan ide baru dari awal, melainkan bisa juga dengan mengembangkan ide yang sebelumnya.

    Contoh

    Banyak wirausahawan yang menghasilkan inovasi untuk usahanya. Semisal di zaman modern seperti sekarang, wirausahawan yang dikenal juga sebagai entrepreneur ini bisa mendirikan perusahaan digital seperti Gojek, Bukalapak, dll.