Solusi ketika Merasa Bosan dalam Hidup yang Dijalani

    Jika kita mengikuti alur kehidupan normal, kita sekolah selama 12 tahun atau ditambah dengan kuliah 4 tahun atau mungkin lebih. Lalu kita beralih ke dunia kerja dengan permulaan sebagai fresh graduate. Di dunia kerja, mungkin kita mulai berpikir dan berupaya untuk bisa membeli rumah, menikah, dan menabung untuk masa depan. Setidaknya itu adalah rencana, kendati bisa berjalan sesuai yang diharapkan atau tidak. Lalu melakukan hal yang sama berulang-ulang waktu demi waktu hingga menjadi bosan hidup.

    Hidup membutuhkan pembaruan, jika tidak mendapati pembaruan, maka menimbulkan rasa bosan. Kita tidak bisa terus-menerus melakukan hal yang sama dan berharap untuk menikmatinya selamanya. Kita bisa mendapati rasa bosan dan dapat menyebabkan masalah.

    Kita mungkin membutuhkan waktu luang. Namun ketika memiliki banyak waktu, kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya. Sepertinya tidak ada hal yang cukup menarik untuk memanfaatkan waktu berharga kita. Kita akhirnya tidak melakukan apapun dan bosan hidup.

    Namun kebosanan merupakan alat yang ampuh sebagai pengingat untuk memikirkan kembali hubungan kita dengan dunia. Di bawah ini adalah solusi ketika merasa bosan dalam hidup yang sedang dijalani.

    1. Mengubah rutinitas

    Kendati mengubah rutinitas merupakan jawaban klise tetapi mungkin benar. Mengubah rutinitas bisa dimulai dengan melakukan suatu hal yang tidak biasa dilakukan setiap hari. Kapan terakhir kali Kamu mencoba sesuatu yang baru? Bergabung dengan mereka yang memiliki hobi yang sama? Belajar bahasa baru?

    2. Memiliki tujuan 

    Jika Kamu tidak memiliki tujuan atau memiliki namun tidak lagi menantang, maka Kamu perlu memperbaruinya. Beri diri Kamu tujuan yang berharga yang bisa membuat Kamu merasa semangat untuk manifestasi pencapaian hidup. Dapat memulainya dengan mengidentifikasi apa yang ingin Kamu capai dan ke mana untuk bisa mencapainya. Lalu menarasikan tujuan yang berharga dan bagaimana cara membuat semuanya terjadi.

    Namun jika tujuan tampak di luar jangkauan, tentu merasa sulit untuk mengejarnya. Lalu mulai menganggap tujuan adalah membosankan dan mengesampingkannya. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan tujuan yang realistis untuk diri sendiri. Turunkan sasaran jika Kamu merasa terlalu sulit untuk menjangkaunya. Mulailah dengan hal kecil setiap hari untuk terus meningkatkan standar hidup dan suatu saat bisa mencapainya. Kejar tujuan satu per satu dan pilah setiap tujuan menjadi bagian-bagian kecil yang memungkinkan untuk dicapai.

    3. Rayakan keberhasilan apapun

    Tidak ada gunanya mencapai tujuan jika Kamu tidak merayakannya. Luangkan waktu untuk merayakan pekerjaan apapun yang telah dilakukan dengan baik. Penting untuk menghargai diri dan meningkatkan kepercayaan diri untuk bisa mengambil tujuan yang lebih menantang. Sedangkan jika Kamu terus mengingatkan diri sendiri terkait kekurangan dan kelemahan dalam bentuk penyalahaan ke diri sendiri atas kesalahan yang pernah dibuat, justru mengakibatkan merasa rendah diri. Bisa membuat harga diri menurun. Oleh karena itu, rayakan keberhasilan apapun dalam arti apresiasi diri.

    4. Berubah seiring waktu

    Ketika kita merasa bosan, kita menginginkan lebih banyak hiburan dan tantangan. Namun justru itu bisa memperbanyak kekecewaan. Untuk mengalahkan kebosanan, Kamu membutuhkan pembaruan Setiap orang tumbuh dan berkembang seiring waktu. Apa yang tampak menarik bagi Kamu dulu mungkin tidak begitu menarik sekarang. Untuk mengatasi kebosanan, biarkan diri Kamu mengalami pengalaman baru dan belajar hal-hal baru.

    5. Membuka peluang baru

    Tidak ada yang menyukai kegagalan untuk hal apapun. Namun jika tanpa berusaha, tidak akan ada keberhasilan. Jangan meremehkan peluang baru yang berpotensi untuk mengubah hidup. Jika kita menjauhkan diri dari hal-hal yang sulit, justru akan membatasi kita untuk mencoba berbagai hal baru. Ketakutan akan kegagalan harus diatasi. Buat daftar peluang baru, lalu lakukan yang potensial untuk meraih keberhasilan. Pekerja seni dan kreatif jarang merasa bosan hidup karena pikiran mereka selalu sibuk dengan menciptakan sesuatu yang baru.

    6. Membaca buku

    Tentu tidak semua orang suka membaca buku. Namun fakta bahwa beberapa buku yang tepat dapat memiliki dampak signifikan pada kehidupan, dampak yang bahkan tidak dapat dibayangkan. Dalam sejarah, buku telah mengubah seluruh dunia dan kehidupan banyak orang menjadi lebih baik. Ada banyak buku di luar sana yang memiliki informasi potensial yang dapat mengubah segala sesuatu di dalam diri Kamu. Mempelajari lebih banyak hal  merupakan salah satu hal yang bisa membantu Kamu ketika merasa kosong dan bosan dengan hidup. Pergi ke toko buku atau perpustakaan, melalui kategorinya, Kamu dapat dengan mudah menemukan buku yang tepat bagi Kamu untuk dijelajahi.

    Kesimpulan

    Hidup itu membosankan, namun ada banyak hal yang bisa dilihat, dipelajari, dan dilakukan. Ada misteri untuk dijelajahi, pemandangan indah untuk disaksikan, dan cinta untuk dialami.

    Loading...