Apa itu Musik Modern serta Jenis-Jenisnya?

    Di kehidupan sehari-hari, musik bisa kita manfaatkan untuk hiburan dan menghilangkan stres. Berbagai jenis musik bisa kita pilih untuk didengarkan. Salah satunya adalah jenis modern. Apa itu musik modern serta jenisnya? berikut adalah penjelasannya.

    Apa itu musik modern?

    Musik modern adalah jenis musik yang berkembang dan populer di banyak masyarakat sekarang ini, yang mana memiliki ciri khas dengan ditambahkannya teknologi berupa alat musik modern untuk mengiringi lagu. Alat musik tersebut misalnya adalah keyboard, yang mana memiliki banyak efek suara yang beragam. Lalu juga banyak alat modern lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengiringi lagu.

    Kebanyakan musik yang berkembang dan populer sekarang ini adalah jenis musik yang mudah dipahami. Biasanya memiliki komposisi yang sederhana dan menyajikan tema tentang kehidupan sehari-hari yang ekspresif. Misalnya bertemakan pertemanan, percintaan, motivasi, kritik, dll.

    Musik modern hadir setelah musik klasik dan terus mengalami perkembangan sampai sekarang ini. Musik ini bisa terus mengalami perkembangan karena memiliki sifat yang terbuka dan universal, sehingga bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat manapun. Lalu apa saja jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia? Berikut adalah pembahasanya.

    Jenis-jenis musik modern

    Jenis-jenis musik modern yang populer di Indonesia adalah sebagai berikut.

    1. Musik pop

    Musik populer biasanya disebut dengan musik pop. Jenis musik ini sangat berkembang dan memiliki banyak pendengar di Indonesia. Lagu pop yang berkembang di Indonesia biasanya memiliki ciri-ciri penggunaan irama yang bebas dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu dari jenis musik ini juga mudah dipahami karena tema yang disajikan biasanya meliputi kehidupan yang terjadi sehari-hari.

    Musik Pop NOAH
    NOAH | Credit: KapanLagi.com

    2. Musik rock

    Musik rock merupakan jenis musik modern yang memiliki keterkaitan dengan musik pop. Ciri-ciri musik rock ini biasanya menggunakan alat musik seperti gitar dan amplifier, yang mana bisa menghasilkan bunyi bervariasi dengan volume suara yang keras.

    Musik Rock Superman Is Dead
    Superman Is Dead | Credit: Kumparan

    3. Musik jazz

    Musik jazz juga merupakan salah satu musik modern yang berkembang di Indonesia. Kendati pagelaran musik ini tidak terlalu banyak seperti musik pop dan rock. Pagelaran musik jazz tidak terlalu umum karena memiliki tempat yang terbatas, biasanya di tempat yang kebanyakan dikunjungi oleh masyarakat menengah ke atas, yaitu di kafe.

    Musik Jazz Tompi
    Tompi | Credit: Tribunnews.com

    4. Musik dangdut

    Musik dangdut memiliki banyak pendengar di Indonesia, terutama masyarakat yang berada di daerah-daerah. Musik ini biasanya menggunakan alat musik tambahan seperti kendang dan seruling dengan pola irama yang mudah dipahami.

    Musik Dangdut Via Vallen
    Via Vallen | Credit: Solopos

    5. Musik hip hop

    musik hip hop memiliki ciri khas menggunakan Rap, yaitu bernyanyi dengan cepat. musik ini yang kemudian menjadi budaya yang mencakup musik rap dan musik DJ.

    Musik Jogja Hip Hop Foundation
    Jogja Hip Hop Foundation | Credit: asiasociety.org

    6. Musik R&B

    Musik R&B merupakan musik populer yang memadukan Jazz, Gospel, dan Blues.

    Musik RNB RAN
    RAN | Credit: KapanLagi.com

    7. Musik metal

    Musik metal memiliki kesamaan dengan musik rock yaitu memiliki suara yang keras. Namun yang membedakannya adalah musik metal lebih keras dari musik rock, bahkan penyanyi bisa melakukan screaming. Musik metal ini memiliki cabang jenis, misalnya heavy metal dan black metal.

    Musik Metal Burgerkill
    Burgerkill | Credit: tempo.co

    8. Musik EDM

    EDM merupakan singkatan dari Electronic Dance Music. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia adalah Musik Dansa Elektronik. Musik ini biasanya dimainkan oleh DJ dan kebanyakan dibuat untuk klub malam. Sesuai dengan namanya, EDM ini memiliki tambahan instrumen alat musik modern elektronik untuk menyempurnakannya.

    Musik EDM Alan Walker
    Alan Walker | Credit: trc.daily-beat.com