Pada Bulan Apa Musim Penghujan dan Kemarau Terjadi di Indonesia?

    Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang terletak di antara garis khatulistiwa bumi. Di negara kita cuma ada dua musim, yakni penghujan dan kemarau. Nah, pada bulan apakah musim penghujan dan kemarau terjadi di Indonesia? Berikut adalah pembahasannya.

    Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?

    Musim penghujan yang terjadi di Indonesia biasanya adalah dari bulan oktober hingga april.
    Masuknya musim penghujan di Indonesia berbarengan dengan angin musim barat yang biasa terjadi antara bulan september hingga maret. Tapi belum tentu bahwa pada bulan maret dan september tersebut hujan turun, karena gerakan angin memanglah tidak menentu.

    Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?

    Musim kemarau yang terjadi di indonesia biasanya adalah dari bulan april hingga oktober.

    Masuknya musim kemarau di Indonesia berbarengan dengan angin musim timur yang biasa terjadi antara bulan maret hingga september. Namun tidak berarti bahwa pada bulan maret dan september tersebut hujan tidak mungkin turun, sebab gerakan angin memanglah tidak menentu.

    Musim Kemarau
    Musim Kemarau | Image credit: Pixabay/Picography

    Fenomena alam angin muson di Indonesia

    Fenomena alam angin muson biasa disebut pula sebagai angin musim. Angin muson adalah angin periodik yang biasa terjadi di Samudra Hindia dan di bagian selatan Asia. Asal angin ini dari arah barat daya India dan berbagai wilayah sekitarnya dengan ditandai curah hujan yang tinggi.

    Catatan

    Kalau cuaca nampak terang serta berlangsung terus menerus, maka bisa dipastikan bahwa musim kemarau sedang berlangsung. Sebaliknya, kalau cuaca nampak mendung serta biasa terjadi hujan, maka bisa dipastikan bahwa musim penghujan sedang berlangsung.

    Sementara itu, kalau cuaca cerah dengan hujan suka datang bergantian. Maka biasanya menandakan bahwa sedang terjadi masa transisi, peralihan, pancaroba, atau sebut dengan istilah apa aja itu.

    Penutup

    Bisa dibilang, cuaca itu termasuk sebagai suatu gejala alam. Karena itu, dia bisa terjadi dan berubah dengan waktu yang cepat. Perubahan cuaca tersebut bisa kita rasakan dari waktu ke waktu. Misalnya dari menit ke menit atau jam ke jam.

    Lain dengan iklim, iklim merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan seberapa lama cuaca di sebuah wilayah. Iklim umumnya diamati dalam jangka waktu yang lama, semisal dari bulan ke bulan.

    Iklim adalah yang menyebabkan musim. Contohnya di antaranya adalah musim dingin, panas, semi, gugur, hujan, dan kemarau. Iklim sangat dipengaruhi oleh keberadaan sebuah wilayah atau negara. Oleh sebab itu, banyak negara yang mempunyai iklim beda satu sama lain. Ada negara yang mempunyai empat, ada pula yang cuma mempunyai dua musim.

    Kita di Indonesia memiliki iklim yang biasa disebut sebagai iklim tropis. Lalu dengan dua musim yang biasa bergantian di bulan oktober dan april. Di wilayah tropis, musim hujan memanglah biasa bergantian dengan musim kemarau atau musim kering. Pergantian ini sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu matahari tahunan.


    Share this post:
    Loading...