Nomor Pusat Pesan XL Axiata Terbaru 2023 & Cara Memeriksanya

Sebagai salah satu provider atau operator terbesar di Indonesia, XL Axiata, atau yang lebih dikenal dengan XL tentu menyediakan berbagai layanan untuk para pelanggannya. Termasuk menyediakan nomor pusat pesan XL untuk membantu para pelanggannya jika dibutuhkan.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, tentunya layanan yang diberikan juga makin beragam. Namun pesan singkat atau SMS (Short Message Service) tetap dibutuhkan. Setiap operator mempunyai nomor yang berbeda, dan dalam artikel kali ini akan dibahas tentang nomor pusat pesan XL. Simak penjelasannya berikut ini:

Nomor Pusat Pesan XL

Nomor pusat pesan adalah nomor telepon yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan teks melalui jaringan telepon seluler. Jika Anda menggunakan layanan pesan teks atau SMS pada ponsel Anda, nomor pusat pesan adalah nomor yang bertindak sebagai “alamat” tujuan pesan teks yang Anda kirim.

Pengiriman pesan dari ponsel Anda dikirim ke nomor pusat pesan, kemudian dari sana akan diteruskan ke penerima yang dituju.

Setiap operator atau penyedia layanan mempunyai nomor pusat pesan yang berbeda. Biasanya, nomor pusat pesan dikonfigurasi secara otomatis pada ponsel Anda oleh operator seluler saat Anda memasukkan kartu SIM. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu memasukkan atau memperbarui nomor pusat pesan secara manual di pengaturan ponsel Anda.

Nomor pusat pesan XL yang disediakan adalah +62818445009. Pastikanlah agar Anda melakukan pengaturan yang benar di ponsel agar tidak terjadi masalah nantinya.

Cara Memeriksa Nomor Pusat Pesan XL

Jika Anda menggunakan kartu SIM dan layanan dari XL Axiata, pastikanlah agar pengaturan di ponsel Anda sudah benar. Untuk memeriksa atau mengaturnya, ikutilah langkah mudahnya berikut ini:

  • Pada ponsel Anda, bukalah menu SMS.
  • Di bagian atas ada ikon lambang “Setting” atau “Pengaturan.” Bentuknya bisa titik-tiga atau garis tiga, atau juga bentuk mur. Tergantung dari jenis ponsel yang dimiliki.
  • Pilih ikon tersebut lalu lanjutkan dengan memilih opsi “Pengaturan Lainnya” (Additional Settings).
  • Tergantung dari jenis ponsel yang digunakan, nanti akan ada pilihan “Pesan Teks.” (Text Message/SMS).
  • Untuk mengecek nomor pusat pesan XL, pilih opsi “Pusat Pesan”. Masukkan nomor +62818445009 jika memang belum diatur. Lalu tekan “OK”.
  • Nomor tersebut akan tersimpan dan layanan SMS bisa lancar tanpa kendala.

Dalam beberapa kasus, nomor yang tertera pada data di ponsel ternyata bukan nomor XL yang disebutkan di atas. Jika memang hal tersebut yang terjadi, segera lakukan penggantian agar tidak mengalami kendala dengan SMS di ponsel Anda.

Manfaat Penyesuaian Nomor Pusat Pesan

Seperti yang disebutkan di atas, terkadang nomor yang tertera pada pengaturan SMS ternyata tidak sesuai dengan nomor pusat pesan dari penyedia yang digunakan. Dalam bahasan ini adalah nomor penyedia XL Axiata.

Dengan menyesuaikan nomor pusat pesan sesuai dengan penyedia atau provider yang digunakan, banyak manfaat yang bisa Anda peroleh, seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Memperkuat jaringan.
  • SMS akan tersimpan dengan aman, baik yang dikirim maupun yang diterima.
  • Proses pengiriman SMS berjalan lancar

Jadi ternyata mengetahui dan mengatur nomor pusat pesan di ponsel Anda terbukti merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Gunakanlah informasi yang diberikan dalam artikel ini untuk segera mengatur ponsel Anda.

Penting untuk memastikan bahwa nomor pusat pesan XL sudah terkonfigurasi dengan benar di ponsel Anda. Karena jika tidak, pesan teks yang Anda kirim mungkin tidak berhasil terkirim atau diterima oleh penerima.

Anda dapat menghubungi operator seluler Anda atau mencari informasi di situs web operator seluler jika mengalami kendala walaupun sudah melakukan pengaturan di ponsel Anda.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan