Objek Kajian pada Tingkat Jaringan dan Sistem Organ

    Objek Kajian yang Dikaji pada Tingkat Jaringan, Organ, dan Sistem Organ – Semakin banyak objek yang diamati, semakin banyak juga yang bisa dieksperimen. Objek kajian biologi meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme yang dapat dilihat dengan mata langsung ataupun yang memerlukan bantuan alat seperti mikroskop.

    Dengan demikian, objek kajian biologi sangat banyak dan objek tersebut merupakan yang berkaitan dengan makhluk hidup. Baik itu pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, ekosistem, hingga bioma.

    Berikut di jelaskan bagaimana objek kajian yang dikaji pada tingkat jaringan, organ, dan sistem organ.

    Bagaimana objek kajian yang dikaji pada tingkat jaringan?

    Objek kajian yang dikaji pada tingkat jaringan adalah yang berhubungan dengan jaringan pada makhluk hidup, baik itu jaringan pada manusia, hewan, ataupun tumbuhan.

    Semisal mempelajari tentang jaringan otot pada manusia dan cara kerjanya, lalu mempelajari penyakit yang bisa menyerang otot tersebut dan cara pengobatannya.

    Kita tahu bahwa sel yang merupakan satuan yang paling kecil dari makhluk hidup. Sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama dapat membentuk jaringan. Jaringan ini dipelajari khusus pada cabang ilmu histologi.

    Kajian yang dikaji meliputi berbagai macam jaringan, misalnya jaringan ikat, jaringan epitel, dan jaringan penyokong. Dipelajari juga mengenai fungsi berbagai macam jaringan tersebut, pembentukan dan perkembangan jaringan dari kultur jaringan, dan kelainan pada jaringan.

    Bagaimana dengan jaringan pada tumbuhan dan jaringan hewan?

    a. Jaringan tumbuhan

    Jaringan pada tumbuhan terdiri dari jaringan epidermis, jaringan perenkim, jaringan penunjang, dan jaringan pembuluh.

    b. Jaringan hewan

    Jaringan pada hewan hampir serupa dengan jaringan pada manusia. Jaringan pada hewan meliputi jaringan otot, jaringan epitel, jaringan darah, jaringan tulang, jaringan ikat, dll.

    Objek kajian pada tingkat organ

    Sekelompok jaringan yang memiliki fungsi tertentu dapat membentuk organ. Cabang biologi yang mempelajari khusus organ disebut dengan organologi.

    Apa saja organ yang terdapat pada tubuh manusia?

    Organ yang terdapat pada tubuh manusia, meliputi mata, jantung, telinga, ginjal, paru-paru, lambung, dan lain-lain. Kajian biologi pada tingkat organ meliputi asal usul organ, perkembangan, fungsi, unsur penyusun organ, kelainan pada organ, dan tranplantasi organ.

    Objek kajian pada tingkat sistem organ

    Sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem gerak, sistem reproduksi, dan sistem transportasi terbentuk oleh beberapa organ.

    Semisal pada sistem pencernaan terdiri dari organ pencernaan, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

    Dengan demikian, sistem organ adalah beberapa organ yang saling berkorelasi, bekerja sama, dan berinteraksi untuk membentuk sistem yang menangani pekerjaan tertentu. Kajian yang akan dikaji meliputi fungsi dari berbagai sistem dalam mendukung kehidupan, penyusun sistem, cara kerja sistem, dan kelainan atau gangguan yang dapat terjadi pada sistem tersebut.

    Bagaimana dengan sistem organ pada tumbuhan?

    Sistem organ tumbuhan pada umumnya terdiri dari berikut ini.

    a. Sistem pengangkutan yang meliputi pembuluh kayu dan pembuluh tapis.

    b. Sistem pernapasan, terdiri dari stomata dan pembuluh pengangkut.

    c. Sistem reproduksi, terdiri dari putik dan benang sari pada bunga.