ODP IndiHome Penuh atau Tidak? Ini 6 Cara Cek dan Solusinya

Banyak yang gagal daftar IndiHome karena ODP IndiHome penuh? ODP atau Optical Distribution Point adalah perangkat, fungsinya untuk melindungi satu core optic dari jalur utama (provider) ke beberapa pelanggan, yaitu dengan komponen passive splitter.

ODP IndiHome bisa dibilang sebagai tempat terminasi kabel yang tahan korosi, tahan cuaca, kokoh dan kuat. Proses registrasi IndiHome acapkali gagal berkat ODP yang penuh dan tidak ada jaringan baru. Jika penuh, kamu memang tidak bisa registrasi atau daftar untuk memasang IndiHome di rumahmu.

Mau tidak mau, kamu harus menunggu sampai pihak IndiHome menambah slot ODP di dekat tempat tinggalmu. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, meski ODP di tempatmu penuh, simak cara selengkapnya di bawah ini.

Cara Cek ODP IndiHome Penuh atau Tidak

Sebelum registrasi IndiHome, pastikan bahwa ODP di tempatmu tinggalmu masih tersedia. Kamu bisa mengecek sendiri kok, apakah ODP masih tersedia atau sudah penuh.

1. Cek Sendiri

Kamu bisa cek sendiri, alias secara manual, dengan melihat ODP yang berada di dekat tempat tinggalmu. Jika kamu lihat ada ODP, kamu bisa menghubungi IndiHome, dan bertanya kepada mereka, apakah registrasi IndiHome memungkinkan.

  • Perhatikan ODP IndiHome terdekat, biasanya dipasang di tiang listrik, di mana ada box putih dengan tulisan ODP di dalamnya.
  • Lihat kabel fiber yang keluar, berapa jumlah kabel yang disalurkan, apakah sudah banyak atau masih sedikit.
  • Jika ada 8 kabel fiber optik yang keluar, maka dipastikan ODP sudah penuh.

Memang, secara umum, slot ODP IndiHome maksimal 8, jika lebih dari itu, maka ODP dipastikan penuh. Jika kamu hitung dan ternyata belum ada 8, artinya kamu bisa  daftar IndiHome. Segera hubungi pihak IndiHome untuk daftar, sebelum didahului calon pelanggan lain.

2. Call Center 147

Cara pertama di atas memang terkesan kuno, hasilnya pun tidak akurat, karena bisa saja salah hitung. Jika ingin cara yang lebih pasti, kamu bisa menghubungi call center IndiHome di 147, dan bertanya kepada mereka apakah ODP sudah penuh atau masih tersedia.

Caranya :

  • Pastikan sudah isi pulsa.
  • Buka menu telepon di ponsel, dan hubungi call center IndiHome 147.
  • Jangan lupa untuk menambahkan kode area sebelumnya, formatnya Kode Area + 147.
  • Berikutnya pilih untuk berbicara dengan CS IndiHome.
  • Setelah CS muncul, katakan tujuan menelepon, yaitu untuk cek ketersediaan ODP di tempatmu.
  • Setelahnya CS IndiHome akan melakukan pengecekan, dan tunggu informasinya.
  • Jika memang masih tersedia, kamu bisa lanjut registrasi IndiHome.

3. Cek ODP dengan Email

Kamu bisa cek apakah ODP masih tersedia atau penuh secara online, yaitu dengan email. Nah, kamu bisa menghubungi email resmi IndiHome untuk menanyakan hal tersebut. Kamu bisa menggunakan Gmail atau aplikasi email bawaan yang ada di ponsel.

Cara ini bisa kamu lakukan dari berbagai perangkat, mulai dari komputer, ponsel maupun tablet. Langkah-langkahnya pun sangat mudah dipahami, cek selengkapnya di bawah ini :

  • Buka aplikasi email di ponsel, dan buat email baru.
  • Selanjutnya tulis permintaan untuk mengecek ketersediaan ODP di tempatmu, apakah masih tersedia atau sudah penuh.
  • Kirimkan pesan tersebut ke [email protected].
  • Lalu tunggu balasan dari CS IndiHome, isinya informasi tentang ketersediaan ODP IndiHome di tempatmu.

4. Cek ODP IndiHome dengan Twitter

Apakah kamu main Twitter? Jika iya, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengecek ketersediaan ODP di dekat domisilimu. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mengirimkan DM (Direct Message) ke akun resmi Twitter IndiHome, yakni @IndiHome.

Caranya :

  • Buka Twitter, dan cari @IndiHome.
  • Buka @IndiHome, dan kirimkan DM.
  • Berikutnya kirim permintaan untuk cek ODP di tempatmu.
  • Selanjutnya CS IndiHome akan membalas, berikan informasi yang dibutuhkan seperti lokasi dan semacamnya.
  • Terakhir, CS akan mengecek, dan memberitahukan hasilnya kepadamu tidak lama kemudian.

5. Cek ODP dengan Facebook

Cara cek ODP IndiHome online berikutnya adalah dengan Facebook, khususnya jika kamu tidak memiliki Twitter. Pengguna FB memang lebih banyak dibanding Twitter, jadi cara ini sangat mengakomodasi mereka yang tidak memiliki akun Twitter.

Caranya kurang lebih sama, selengkapnya seperti di bawah ini :

  • Kunjungi Facebook Page IndiHomeCare.
  • Kirim pesan, minta bantuan untuk cek ketersediaan ODP di tempatmu.
  • Setelahnya CS IndiHome akan membalas, berikan informasi yang ditanyakan.
  • Jika sudah, CS IndiHome akan memroses permintaan tersebut, dan menginformasikan hasilnya kepadamu.

6. Plasa Telkom

Jika kebetulan ada Plasa Telkom di tempat tinggalmu, kamu bisa berkunjung ke sana untuk menanyakan apakah ODP masih tersedia atau sudah penuh di tempatmu. Jika memang masih tersedia, kamu bisa sekalian daftar, bawa persyaratan yang dibutuhkan sekalian.

Solusi ODP IndiHome yang Penuh

Kamu telah mengecek ketersediaan ODP, dan ternyata penuh? Jangan khawatir, ada solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi ODP IndiHome yang penuh. Cara-cara di bawah ini tidak instan hasilnya, namun mending daripada tidak ada yang bisa dilakukan.

1. Vote

Pertama, kamu bisa vote di situs https://vote.indihome.co.id agar mereka bisa menambah ODP di tempatmu. Ajak teman dan tetanggamu, karena semakin banyak yang vote, artinya kebutuhan internet di tempat tersebut besar.

Tentunya, pihak IndiHome tidak akan menyia-nyiakan peluang mendapatkan pelanggan. Pasti, dalam waktu dekat, mereka akan langsung survei ke tempat tersebut, untuk menambah ODP IndiHome sehingga banyak yang bisa daftar.

2. Pengajuan IndiHome Kolektif

Kedua, kamu bisa mengajukan pemasangan IndiHome secara kolektif bersama dengan tetangga. Kalian bisa datang ke Plasa Telkom dan mengajukan pemasangan IndiHome secara kolektif, butuh maksimal 8 orang agar disetujui oleh mereka.

3. Tarik Kabel IndiHome

Tidak perlu khawatir jika rumahmu jauh dari titik ODP IndiHome, karena kamu bisa menarik kabel IndiHome tersebut. Perlu kamu tahu, bahwa jarak ODP ke rumah maksimal adalah 250 meter, jadi jika memang tidak menjangkau ke rumahmu, mau tidak mau memang harus menarik kabel IndiHome.

Pastinya ada penambahan biaya, yakni sekitar Rp7.000 per meter. Menarik kabel IndiHome tentu ada risikonya, yaitu koneksi internet yang lambat akibat jauhnya jarak ODP. Maka dari itu, daripada melakukan ini, mending cek dulu apakah ODP sudah tersedia atau belum.

4. Menggunakan Telkomsel Orbit

Jika memang ODP tidak tersedia, kamu bisa menggunakan produk Telkom lainnya, yakni Telkomsel Orbit. Produk ini bisa menjadi solusi jika belum tersedia jaringan IndiHome di wilayahmu. Harga modemnya beragam, mulai dari Rp549.000 (32 perangkat) sampai Rp2.999.000 (64 perangkat).

Sebelum daftar IndiHome, pastikan untuk mengecek ODP IndiHome di tempat tinggalmu, apakah masih tersedia atau sudah penuh. Kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi ODP penuh, atau menggunakan layanan selain IndiHome, seperti First Media, MNC Play dan lainnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan