Apa Arti dari Pangan? Hasil Panen Dapatkah Bertahan Lama?

    Di Indonesia hasil pertanian bisa meliputi kacang kedelai, jagung, kelapa, dll. Sementara itu untuk hasil peternakan bisa meliputi telur, daging, susu, dll. Semua itu bisa menjadi sumber pangan bagi kita. Nah pada posting ini adalah membahas apa arti dari pangan dan apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama.

    Daftar Isi:

    Apa arti dari pangan?

    Arti dari pangan adalah makanan.

    Arti tersebut sesuai dengan yang ada di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Contoh penggunaan kata ini misalnya adalah “cukup sandang, pangan, dan papan merupakan harapan bagi setiap orang”.

    Apa hasil panen dari pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?

    Hasil panen pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama sebab relatif cepat membusuk. Karena itu diperlukan pengolahan biar hasil panen tidak cepat membusuk.

    Contoh pengolahan yang bisa menjaga hasil panen pertanian dan peternakan bertahan lama adalah dengan pengawetan yang tepat seperti penghilangan kadar air serta pembekuan.

    Bagaimanakah cara mengolah hasil panen?

    Cara mengolah hasil panen bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi pangan. Dengan penggunaan teknologi ini, kita bisa memperoleh makanan baru serta menjaga hasil panen biar dapat bertahan lama.

    Contoh pengolahan hasil panen yang bisa dilakukan adalah dengan digiling, dibumbui, dijadikan makanan dengan kemasan kaleng, dll.

    Apa sajakah contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

    Contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai adalah tahu, tempe, kecap, dan susu kedelai.

    1. Tahu merupakan makanan yang umumnya kotak dan memiliki warna putih. Makanan ini dibuat dari sari kedelai yang digumpalkan, lalu ditekan sampai padat.
    2. Tempe merupakan makanan asli indonesia yang dibuat dari rebusan kacang kedelai. Makanan ini dibuat dengan merebus kacang kedelai, lalu difermentasikan memakai ragi, dan dikemas menggunakan daun pisang atau plastik.
    3. Kecap merupakan salah satu bumbu makanan yang dibuat dari kedelai. Bumbu makanan ini berupa cairan dengan warna hitam, sebab asalnya dari kedelai hitam, kapang Aspergillus sp, dan Rhizopus sp..
    4. Susu kedelai merupakan minuman yang terbuat dari kedelai. Disebut susu memiliki warna putih yang menyerupai susu pada umumnya.

    Apakah manfaat dari teknologi pangan?

    Manfaat dari teknologi pangan adalah untuk mengolah makanan agar bisa bertahan lama dan tidak cepat membusuk.

    Selain itu teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pengolahan hasil panen, meningkatkan hasil panen, mengatasi masalah pertanian, meningkatkan kualitas makanan, dll.

    Penutup

    Seperti yang kita tahu bahwa kebutuhan primer manusia meliputi sandang, pangan, dan papan. Jadi, pangan termasuk salah satu kebutuhan primer yang harus dicukupi bagi semua orang. Kebutuhan primer ini bisa didapatkan dari pengolahan hasil pertanian, yaitu aktivitas untuk mengubah hasil panen yang beragam hingga menjadi makanan yang memiliki daya simpan serta nilai tambah.


    Share this post:
    Loading...