Pengertian Teks Berita Struktur, Unsur, & Contoh Terlengkap

Mello.id – Contoh teks berita buat yang yang lagi nugas dan kebingungan gimana cara buatnya. Kami akan bagikan caranya disini secara lengkap dengan berbagai topik bahasan.

Jadi dijamin tugas kamu akan selesai dan dapet nilai yang bagus. Pada artikel ini kita akan kenalan seluk beluknya hingga memberikan kamu banyak referensi.

Supaya tugas kamu tidak monoton dan bisa jadi lebih bagus lagi. Berikut langsung aja kita bahas semuanya di artikel edisi edukasi kali ini.

Kenalan Dengan Teks Berita

Kamu sebenarnya awam dengan istilah yang satu ini. Di TV, media sosial ataupun jalan banyak berseliweran hal yang satu ini, jadi sangat mudah ditemui.

Contoh teks berita dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya marak ditemui. Tapi mungkin kamu kurang sadar saja akan kehadiranya di sekitar kamu.

Setiap informasi yang kamu baca belum tentu masuk ke dalam kategori informasi berita. Sebab hal ini memiliki kriteria khusus dalam penyusunannya.

Selain untuk membantu kamu mengerjakan tugas ulasan kami kali ini juga untuk memberikan kamu edukasi. Supaya lebih bisa menyaring informasi yang berkeliaran dimana-mana.

Kalau kamu paham betul bagaimana contoh teks berita yang baik dan benar, maka informasi yang kamu dapatkan hanya akan yang valid saja.

Kabar bohong atau yang belum betul kebenaranya pasti dapat kamu saring. Setelah memiliki pengetahuan ini kamu akan mendapatkan banyak informasi yang lebih berfaedah.

Dari segi pengertian contoh teks berita ini memiliki makna sebagai tulisan yang memberikan informasi melalui tulisan. Dimana informasi tersebut harus didasarkan pada fakta dan aktual.

Bukan merupakan karangan seseorang, ataupun fakta yang dilebihkan. Harus sesuai dengan apa yang sesungguhnya terjadi.

Contoh teks berita umumnya bisa kamu temui di televisi. Di dalam running text, atau bisa juga melalui koran. Atau mungkin juga bisa kamu akses dari telepon genggamu.

Semudah itu kamu bisa menemukanya di kehidupan sehari-hari. Nah, saking mudahnya seringkali ini disalahgunakan oleh para oknum.

Dengan banyaknya platform yang bisa digunakan, mereka menyebarkan informasi yang salah. Atau mungkin informasi yang bohong.

Maka dari itu kamu akan membahas semua ciri – ciri hingga contoh teks berita yang benar. Supaya kamu terhindar dari informasi yang salah diluar sana.

Kamu harus memenuhi pertanyaan 5W + 1H dalam proses penyusunanya. Supaya informasi yang disampaikan komprehensif dan dapat dipahami oleh pembaca.

Selain itu ada lagi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisanya. Harus memenuhi beberapa karakteristik yang ditentukan untuk menulis dengan baik dan sesuai kaidah.

Karakteristik Teks Berita Yang Benar

Nah sebelumnya sudah disinggung, bahwa dalam penyusunan ini kamu harus memenuhi karakteristiknya. Supaya tulisan yang kamu buat sesuai kaidah dan konteksnya menjadi benar.

Kami akan membagikan untuk kamu apa saja sih kriteria atau karakteristik yang harus dipenuhi. Sebelum kami bagikan contoh teks beritanya.

Berikut adalah daftar karakteristik yang harus dipenuhi. Supaya tulisan kamu sesuai dengan kaidah dan juga berkualitas baik dalam menyampaikan informasi.

  1. Benar terjadi, informasi yang disampaikan harus berdasarkan fakta dan sesuai. Tanpa dikurangi atau dilebihkan, semuanya harus sesuai.
  2. Bukan merupakan peristiwa yang umum. Informasi yang disampaikan di dalam contoh teks berita haruslah sesuatu yang tidak umum.
  3. Menyampaikan informasi yang terbaru.  Informasi haruslah relevan dengan keadaan yang ada saat ini. Jika terlalu lampau maka informasinya tidak lagi relevan.
  4. Informasi disampaikan secara berurutan sesuai dengan urutan peristiwa terjadinya agar mudah dipahami.
  5. Tidak bertele-tele, informasi yang disampaikan sesingkat dan sepadat mungkin memuat informasi.
  6. Contoh teks berita yang baik wajib memenuhi jawaban dari 5W + 1H. Tentang Apa, Siapa, Dimana, Kapan, Kenapa, dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi.

Itulah dia beberapa karakteristik yang harus dipenuhi dalam membuat contoh teks berita. Supaya tulisanmu lebih berkualitas tinggi dan informasi yang ingin disampaikanya tercapai.

Jangan sampai terlewat satupun dari 6 kriteria ini. Sebab mereka saling membangun satu sama lain dalam sebuah tulisan paparan informasi yang kamu sampaikan.

Struktur Yang Harus Dipenuhi Contoh Teks Berita

Tulisan ini haruslah berdasarkan peristiwa nyata yang benar terjadi. Isinya harus sesuai dan pas. Tidak boleh dikurangi atau dilebihkan. Selain itu, informasinya pun harus lengkap.

Menjawab pertanyaan siapa, dimana, kapan, apa, kenapa, dan bagaimana. Ini agar informasi yang disampaikan lengkap dan tidak setengah – setengah. Ditambah lagi haruslah fenomena yang relevan dengan apa yang terjadi saat ini.

Penggunaan katanya pun harus lugas, tidak bertele-tele. Singkat, padat, dan jelas, sehingga informasi dapat diserap dan dipahami dengan mudah oleh pembacanya.

Selain karakteristik, ada pula struktur atau rangkaian yang harus diperhatikan ketika kamu menulis. Informasi harus disampaikan secara berurut agar mudah diikuti dan dipahami.

Supaya berurut, struktur penulisanya haruslah benar. Mulai dari bagian awal hingga akhir tulisan. Berikut adalah struktur penulisan yang harus diikuti dalam menulis contoh teks berita.

  1. Judul yang mencakup seluruh isi informasi. Haruslah padat, singkat, namun menggambarkan garis besar isi tulisanmu.
  2. Kepala atau bagian pembuka. Di dalam bagian ini informasi dipaparkan dengan menjawab pertanyaan 5W + 1H.
  3. Badan atau bagian isi. Di bagian ini informasi lebih rinci dan detail disampaikan selengkap mungkin untuk melengkapi bagian kepala.
  4. Ekor atau penutup. Di bagian ini disampaikan kembali secara ringkas ulasan keseluruhan informasi yang disampaikan sebagai penegas kepada pembaca.

Itulah struktur penulisan yang harus kamu penuhi dan ikuti. Wajib untuk kamu ikuti sebab informasi yang disampaikan haruslah berurut, sesuai dengan karakteristik teks ini.

Berbeda dengan teks lainya yang bisa ditulis dengan bebas. Yang satu ini perlu diperhatikan kaidah penulisanya, sebab berhubungan dengan informasi faktual yang akan disampaikan kepada masyarakat umum.

Contoh Teks Berita Dengan Ragam Bahasan

Karena janji itu harus ditepati, maka sesuai dengan request kami akan bagikan untuk kamu. Kamu bisa menggunakanya sebagai bahan referensi sebelum menulis.

Tulisan ini haruslah berdasarkan peristiwa nyata yang benar terjadi. Isinya harus sesuai dan pas. Tidak boleh dikurangi atau dilebihkan. Selain itu, informasinya pun harus lengkap.

Menjawab pertanyaan siapa, dimana, kapan, apa, kenapa, dan bagaimana. Ini agar informasi yang disampaikan lengkap dan tidak setengah – setengah. Ditambah lagi haruslah fenomena yang relevan dengan apa yang terjadi saat ini.

Penggunaan katanya pun harus lugas, tidak bertele-tele. Singkat, padat, dan jelas, sehingga informasi dapat diserap dan dipahami dengan mudah oleh pembacanya.

Kamu juga bisa ikut mengidentifikasi apakah contoh teks berita sudah sesuai dengan karakteristiknya. Ini supaya memudahkan kamu dalam menulis tulisanmu sendiri.

Semakin banyak yang kamu baca, maka akan semakin mudah pula untuk kamu menuliskanya. Jadi berikut adalah beberapa yang akan kami bagikan untuk kamu.

1. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan Covid 19

WHO : Omnicorn Jauh Lebih Cepat Menyebar Dari Delta Dan Bisa Mengurangi Kekuatan Vasin

Jakarta, CNN Indonesia – Organisasi Kesehatan Dunia telah melaksanakan penelitian mengenai COVID – 19 dengan varian Omnicorn. Dimana hasil tersebut menunjukan perbedaan dengan varian delta.

Selain itu, penelitian juga menunjukan bawah varian baru ini bisa mengurangi kekuatan vaksin. Dan ini terliht dari penyebaranya yang sudah merambah ke 63 negara.

Penyebaran varian inipun semakin marak di daerah Afrika. Meskipun begitu WHO mengklain bahwa penelitiian ini masih kekurangan data. Dan masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Varian Omnicorn memang lebih tinggi arus penularanya menurut para ahli. Tetapi gejala yang ditimbulkanya justru lebih ringan dari varian delta.

2. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan Bencana

Gunung Semeru Meletus 3.697 Warga Harus Mengungsi

Sudah hari keempat pasca awan panas Gunung Semeru berlangsung. Hal ini berdampak luas pada warga yang tinggal di sekitaran wilayah Gunung Semeru.

Korban jiwa berjatuhan dan warga terpaksa diungsikan ke tempat yang aman. Berdasarkan informasi Posko tanggap darurat bencana dawan panas dan guguran semeru pada hari selasa 07/12.

Jumlah warga yang menjadi pengungsi mencapai angka 3.697 jiwa. Sebagian besar mengungsi ke wilayah Lumajang, dan sebagianya lagi mengungsi ke wilayah Malang.

Titik pengungsian yang ada di Lumajang berjumlah 9 titik yang tersebar. Jumlah korban jiwa tercatat mencatat 56 orang, 17 orang dinyatakan hilang, dan 34 orang lainya dinyatakan meninggal.

2.970 rumah pun tidak luput menjadi korban dari letusan gunung semeru tersebut. Gunung semeru mulanya mengalami gempa letusan sebanyak 2 kali. Lalu kemudian disusul dengan letusan.

Masyarakat dihimbau untuk menjauhi aktivitas apapun dalam radius 1 Km dari Gunung Semeru. Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan dari peristiwa gunung meletus ini.

3. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan PHK

Google Berencana Memberhentikan 10.000 Karyawan Di Tahun Depan

Perusahaan teknologi di seluruh dunia sedang mengalami goncangan yang cukup keras. Dan hal ini diprediksi akan terus terjadi hingga tahun depan.

Dilansir dari laporan media Financial Express, Google salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia akan memberhentikan 10.000 pegawainya. Dimana secara persentase adalah 6% dari total seluruh karyawanya.

Performa kinerja pegawai sedang sangat diawasi saat ini. Untuk menyaring siapakah yang harus diberhentikan di tahun depan. Hal ini dilakukan untuk melakukan perampingan pada tubuh google.

Selain itu, hal ini dilakukan pula untuk menekan belanja pegawai yang dianggarkan google. Sehingga menghemat pengeluaran yang harus dilakukan pada tahun berikutnya.

4. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan Moto GP

Podium Pertama Quartararo Di Laga MotoGP 2022

Laga yang dilaksanakan di Sirkuit Algarve Portimao berlangsung sengit dan mengeluarkan Quartararo sebagai juara. Pembalap muda yang berasal Monster Energy Yamaha ini berhasil menjadi yang tercepat.

Disusul dengan Johann Zarco dan juga Alex Espargaro dibelakangnya. Raihan ini adalah yang pertama kalinya bagi Fabio Quartararo sepanjang perjalanan kalinya.

Berhasil menyalip pada lap 4, Fabio mempertahankan keunggulan tersebut sampai balapan usai. Ia mencatatkan waktu menjadi yang tercepat yaitu 1 menit 39,4 detik dan berhasil menguasai klasemen pertandingan.

5. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan Kecelakaan

Tragedi Kecelakaan Beruntun Di Jalan Alternatif Cibubur

Senin (19/09/2022) telah terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan dua mobil dan satu truk. Terjadi di Kabupaten bogor pada Jalan Raya Transyogi, Kecamatan Gunung Putri.

Bermula ketika truk mengalami rusak rem di jalan menurun. Diduga truk tersebut akan menuju cileungsi dari gunung putri. Di jalan menurun tersebut lah laju truk jadi tidak terkendali.

Menabrak mobil yang berada di sebelah depan dan kanan tersebut. Kecelakaan ini mengakibatkan kemacetan yang lumayan parah dan mengular. Kendaraan diam di jalan hingaa 3 jam akibat kecelakaan ini.

6. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan Kebakaran

Kebakaran Dua Rumah Di Cipete Utara Libatkan 16 Unit Pemadam Kebakaran

Daerah Cipete, Jakarta Selatan hari rabu kemarin terpantau riuh. Ini disebabkan oleh terbakarnya dua rumah yang berdampak pada macetnya lalu lintas.

Kejadian sekitar pukul 17.35, keluar dari rumah tersebut. Sebab rumah berada di dalam gang sempit yang sulit dijangkau mobil pemadam, proses pemadaman sedikit terhambat.

Banyaknya unit pemadan kebakaran yang ikut turun membantu inilah yang membuat jalanan menjadi macet. Belum ada informasi mengenai penyebab pemicu hal ini dan dinyatakan nihil korban jiwa.

7. Contoh Teks Berita Dengan Bahasan Bencana

Lumpur Lapindo Yang Sudah Berusia 15 Tahun

Semburan lumpur panas yang semakin menyebar dan tidak pernah berhenti. Menggenangi Sidoarjo, Jawa Timur dan mengambil alih lahan para warga.

Hingga hari ini belum ada solusi untuk menghentikanya. Belum ada yang tahu pula, disebabkan oleh apa munculnya gas dengan lumpur tersebut.

Bencana ini bermula ketika dilakukanya pengeboran gas oleh PT Lapindi Brantsas. Sejak itulah gas bercampur lumpur itu bertumpahan dan tidak pernah berhenti sampai hari ini.

Selain merugikan warga, ini pun berbahaya bagi kesehatan dan juga iklim. Sebab gas yang dikeluarkan mengandung zat hidrogen sulfida.

FAQ

Apa Itu Teks Berita ?

Adalah tulisan yang menyampaikan sejumlah informasi yang berdasarkan kenyataan. Selain itu, informasi yang disampaikan haruslah hal yang unik dan tidak umum terjadi.

Apa Saja Karakteristik Teks Berita ?

Tulisan ini haruslah berdasarkan peristiwa nyata yang benar terjadi. Isinya harus sesuai dan pas. Tidak boleh dikurangi atau dilebihkan. Selain itu, informasinya pun harus lengkap.

Menjawab pertanyaan siapa, dimana, kapan, apa, kenapa, dan bagaimana. Ini agar informasi yang disampaikan lengkap dan tidak setengah – setengah. Ditambah lagi haruslah fenomena yang relevan dengan apa yang terjadi saat ini.

Penggunaan katanya pun harus lugas, tidak bertele-tele. Singkat, padat, dan jelas, sehingga informasi dapat diserap dan dipahami dengan mudah oleh pembacanya.

Bagaimana Contoh Teks Berita Yang Benar ?

Tentunya yang memenuhi unsur dan karakteristiknya. Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan sempurna serta mudah untuk dipahami oleh yang membacanya.

Akhir Kata

Berakhir sudah perbincangan kita kali ini soal contoh teks berita. Semoga pengetahuan ini bisa menghindarkan kamu dari informasi-informasi bohong yang berseliweran dimana-mana.

Kunjungi juga artikel menarik kami lainnya yang pastinya menambah ilmu wawasan kamu disini :

Tinggalkan Balasan