Penggunaan Although dalam Bahasa Inggris: Aturan dan Contoh

Although merupakan kata sambung dalam bahasa Inggris yang biasanya menghubungkan antara dua kalimat. Dalam bahasa Indonesia, although memiliki arti sebagai “meskipun”. Penggunaan although dalam bahasa Inggris pun memiliki ketentuan yang perlu diikuti.

Meskipun penggunaannya cukup mudah, although juga tidak bisa digunakan secara sembarangan. Kata sambung atau conjunction yang satu ini merupakan kata yang menunjukkan adanya kontras aktivitas atau pernyataan. Berikut ini adalah cara penggunaan dan contoh kalimatnya.

Cara Penggunaan Although dalam Bahasa Inggris

1. Letaknya

Although hanya bisa diletakkan di depan atau di tengah kalimat. Kata yang satu ini tidak mungkin ditempatkan di akhir pernyataan karena tidak akan memiliki arti sama sekali. Penggunaan although dalam bahasa Inggris hampir sama dengan bahasa Indonesia.

Apabila diletakkan di depan, maka Anda tidak boleh menggunakan kata sambung lainnya di bagian tengah. Kemudian antara dua pernyataan pun harus dipisahkan dengan sebuah tanda (,). Jika tidak, maka contoh kalimat pun akan dianggap salah atau invalid.

Contoh:

  • Although the rain seems nonstop, the football team keeps playing in the stadium. (Meskipun hujan tampaknya turun tanpa henti, tim sepakbola tetap bermain di stadium).
  • Although Maria has gone to several courses, she keeps failing some subjects at school. (Meskipun Maria sudah pergi ke banyak tempat les, dia tetap saja gagal dalam beberapa mata pelajaran di sekolah).
  • Although Andi ran very fast in the race, he lost by three seconds to his rival. (Meskipun Anda berlari dengan sangat cepat, dia kala selisih tiga menit dengan saingannya).
  • Although English is our main language, learning English seems very hard when we are doing the exam. (Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa utama kita, belajar bahasa Inggris tampaknya sangat susah ketika ujian).
  • Although he is very poor, he is always sharing what he has to other people in needs. (Meskipun dia miskin, dia selalu berbagi apa yang dia punya ke orang yang membutuhkan).

Sementara itu, although juga bisa diletakkan di bagian tengah kalimat. Apabila Anda ingin menggunakan versi yang satu ini di dalam tulisan, maka Anda tidak boleh menggunakan tanda koma. Penggunaan although dalam bahasa Inggris di kalimat ini sudah menjadi tanda hubung.

Contoh:

  • Everybody is going to the beach although the sun is shining brightly and the weather is hot. (Semua orang pergi ke pantai meskipun matahari sangat terik dan cuacanya sangat panas).
  • My car can go very far away although it is just an old car that my father bought twenty years ago. (Mobilku pergi sangat jauh meskipun mobilnya sudah tua yang ayahku beli dua puluh tahun lalu).
  • The pool party is getting more fun at night although the rain is pouring. (Pesta kola menjadi lebih seru di malam hari meskipun hujannya turun dengan deras).
  • She didn’t enter the best university in this country although she had study hard during her senior high school. (Dia tidak bisa masuk ke universitas terbaik di negeri ini meskipun dia sudah belajar giat selama sekolah menengah).

2. Penggunaan koma

Penggunaan koma dalam bentuk kalimat yang menggunakan although sangatlah penting. Hanya saja, aturan ini berlaku untuk penggunaan kata although yang letaknya di depan. Koma harus diletakkan sebelum kalimat sambungannya untuk penanda kontras antara aktivitas tersebut.

Contoh:

  • Although Mark is a very rich man, he is very humble and never says anything arrogantly. (Meskipun Mark adalah pria yang sangat kaya, dia sangat rendah hati dan tidak berbicara dengan sombong).
  • Although my parents were very busy, they made time to attend the event at my school last month. (Meskipun kedua orang tuaku sangat sibuk, mereka menyempatkan diri untuk menghadiri acara di sekolahku).
  • Although she is a funny person, she is very scary when she is mad. (Meskipun dia adalah orang yang lucu, dia sangat menakutkan ketika dia marah).

3. Kalimat utuh

Penting bagi Anda untuk memahami bahwa penggunaan although dalam bahasa Inggris hanya boleh diikuti oleh kalimat yang utuh. Apapun bentuk tensesnya, yang penting kalimat terdiri dari subjek, verb atau linking verb, dan tambahan lainnya untuk mendeskripsikan kalimat tersebut.

Bagaimana jika hanya diikuti bentuk kata benda atau noun saja? Maka kalimat dengan kata although pun menjadi salah. Anda sama sekali tidak bisa menggunakan although, melainkan bentuk lainnya seperti despite of atau in spite of.

Contoh yang benar:

  • Although they work very hard, they barely have some money to travel. (Meskipun mereka bekerja dengan sangat keras, mereka jarang sekali memiliki uang untuk jalan-jalan).

Contoh yang salah:

  • Although rich, he is very down to earth. (Catatan: contoh ini salah karena although hanya diikuti adjective saja).

4. Diikuti bentuk ide

Kalimat dengan kata although hanya digunakan untuk menggambarkan ide semata saja. Bentuk kalimat yang menggambarkan riil kejadiannya menjadi kalimat yang lainnya lagi. Anda bisa membolak-balik posisinya tergantung di mana Anda menempatkan ata although tersebut.

Contoh:

  • Although some people can’t work during the pandemic, they are working at home. (Meskipun orang-orang tidak bisa bekerja selama pandemi, mereka bekerja dari rumah).
  • Although the room is dirty, she can sleep peacefully in her room.(Meskipun ruangannya kotor, dia bisa tidur dengan nyenyak di ruangannya).

5. Tidak boleh terpisahkan oleh titik

Penggunaan kata although sama sekali tidak boleh terpisahkan oleh titik. Antara ide dengan kalimat riilnya tidak boleh terpisahkan, melainkan hanya dipisahkan oleh bentuk koma saja. Apabila hendak dipisah, maka Anda harus mengganti kata although dengan kata however.

Contoh:

  • She is nice. Although, she is very fierce sometimes. (contoh ini salah karena kalimat dipisah titik).
  • Although she is very fierce sometimes, she is nice. (Contoh ini benar karena kalimat tidak dipisahkan titik).

6. Makna penggunaan although

Penggunaan although dalam bahasa Inggris bisa dibilang sangat ketat karena tidak boleh menggambarkan dua kejadian yang tidak berlawanan. Antara ide dengan kejadian riil memiliki kontras atau bertolak belakang.

Di sisi lain, although juga tidak bisa digantikan dengan kata but karena akan memiliki perbedaan makna meski keduanya sama-sama conjunction untuk dua pernyataan yang kontras. Tenses tertentu tidak berlaku untuk penggunaan although.

Contoh:

  • Although the rain is pouring, the farmers are working. (Meskipun hujannya deras, para petani tetap bekerja).

7. Diganti menggunakan though

Apakah penggunaan although dalam bahasa Inggris bisa digantikan dengan though? Jawabannya adalah ya, bisa. Hanya saja, maknanya akan menjadi sedikit berbeda. Although banyak ditemukan di dalam bentuk laporan atau report dan Anda akan jarang sekali menemukan bentuk though.

Sementara though hanya digunakan untuk pola kalimat yang menyampaikan kontra dalam bentuk percakapan. Anda juga bisa menggunakan though dalam sebuah narasi dialog karena tidak ada keharusan menggunakan although pula.

Contoh:

  • Though the time is short, she makes it to the event. (Meskipun waktunya terbatas, dia sempat ke acara).

Penggunaan although dalam bahasa Inggris sangat penting dipahami aturannya. Penggunaan koma dan tidak akan mempengaruhi maknanya. Kemudian, although juga hanya berlaku untuk dua kalimat yang menunjukkan kontra dalam satu kalimat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan