Penggunaan Mobile Banking: Dampak Positif dan Negatif

Mello.idInternet dan mobile banking telah menjadi salah satu aktivitas perbankan yang hampir setiap harinya bisa kita lakukan. Karena kemudahan akses yang disediakan serta dapat dilakukan di mana-mana, bisa mempermudah kita dalam melakukan transaksi perbankan. Apa saja dampak penggunaan mobile banking?

Namun, internet dan mobile banking itu berbeda. Internet banking berarti sebuah aktifitas yang disediakan oleh Bank terkait khusus untuk nasabah. Fasilitas tersebut berupa kebebasan untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan jaringan internet.

Sedangkan mobile banking berarti sebuah transaksi perbankan yang bisa diakses melalui media telepon genggam yang bisa diakses melalui aplikasi bank terkait. Untuk melakukan aktifitas melalui mobile banking juga diperlukan adanya akses internet.

Kita juga bisa mendapatkan akses untuk internet dan mobile banking apabila telah menjadi nasabah di bank terkait. Lalu kita diharuskan untuk mendaftarkan data data pada aplikasi internet dan mobile banking.

Dengan cara yang lebih mudah, bisa juga kita meminta tolong customer service untuk sekaligus membuatkan akun internet dan mobile banking pada saat pembukaan rekening karena bisa juga didaftarkan pada saat awal pembukaan rekening.

Ternyata ada beberapa dampak penggunaan mobile banking baik positif dan negatif yang tak banyak diketahui. Simak ulasan lengkapnya di Mello.id:

Dampak Penggunaan Internet dan Mobile Banking

Kemudahan yang bisa diperoleh dengan adanya kedua fitur perbankan ini sangat mengguntungkan. Namun ada juga sisi negatif yang bisa kita dapatkan. Inilah dampak positif serta negatif dari penggunaan internet dan mobile banking.

Dampak Positif Penggunaan Internet dan Mobile Banking

Dampak positif yang paling bisa kita rasakan apabila kita menggunakan akses internet dan mobile banking ialah kemudahan akses yang bisa kita dapatkan di mana saja. Dengan bermodalkan internet dan ponsel pintar kita bisa menggunakan fasilitas yang satu ini.

Keamanan yang juga terjamin karena untuk mengaksesnya kita memerlukan beberapa kali memasukan kode rahasia yang kita buat pada saat pendaftaran internet dan mobile bankingJadi kita tidak perlu khawatir akan kebocoran kode rahasia kita.

Banyak sekali fasilitas yang bisa kalian nikmati apabila menggunakan internet dan mobile banking, yaitu:

  • Melalui aplikasi yang ada, kita bisa mengecek saldo serta memeriksa mutasi perbankan
  • Bisa dengan mudah melakukan transfer secara non tunai ke semua rekening sekalipun dengan bank yang berbeda. Dana yang dikirimkan juga akan langsung bisa diterima oleh penerima hanya dalam hitungan detik saja.
  • Memudahkan kita dalam membayar tagihan. Dengan fasilitas yang satu ini bisa menghemat banyak waktu kita untuk mengantre pada saat membayar tagihan listrik, internet hingga pajak. Kita juga bisa mengaktifkan auto debet sehingga setiap bulannya saldo akan terpotong untuk membayar tagihan.
  • Memudahkan kita membayar tagihan e-commerce. Jika kita melakukan transaksi online seperti belanja, membeli tiket pesawat, memesan hotel dan lainnya pembayaran bisa dilakukan melalui internet dan mobile banking melalui nomor virtual account.
  • Kita bisa mengetahui lebih dahulu mengenai informasi seputar bank terkait. Karena kebanyakan bank akan membagikan informasi seputar informasi serta promo melalui situs resmi mereka.

Internet dan mobile banking benar benar sangat mempermudah serta mempersingkat waktu yang kita habiskan dalam mengakses aktifitas perbankan. Yang jelas fasilitas ini sangat fleksibel dan membantu kita.

Dampak Negatif Internet dan Mobile Banking

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, namun jangan lupa pula dampak negatifnya. Beberapa masalah yang bisa mengancam kita saat menggunakan internet dan mobile banking adalah:

  • Adanya ancaman cyber crime berupa pembobolan data oleh hacker. Karena layanan ini terhubung ke internet maka dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja. Namun tetap saja bank sudah menjamin keamanan nasabahnya.
  • Modus kejahatan online juga kerap kak terjadi. Banyak sekali perilaku kriminal yang melakukan aksinya dan banyak pula nasabah yang masih saja tertipu dengan taktik yang dilakukan para penipu ini. Kemudahan bertransaksi membuat kita kadang terlena dan tidak lagi berfokus dalam melalukan transaksi sehingga dengan mudah dikelabui.
  • Lalu perlunya akses internet yang sangat mumpuni dan kencang. Karena saat kita melakukan transaksi kita memerlukan akses yang kencang dan juga jaringan internet yang stabil. Transaksi bisa saja gagal apabila koneksi internet tidak mumpuni.

Itulah dia dampak positif dan negatif penggunaan internet dan mobile banking. Ada saja dampak positif dan negatifnya, untuk itu kita harus selalu waspada ya!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan