Elang dan Burung Rajawali Sama atau Beda ya?

Bagi beberapa orang mungkin menganggap burung rajawali sama dengan elang. Lalu beberapa lainnya menganggap berbeda, namun belum mengetahui alasannya. Tidak heran jika demikian, karena perbedaan elang dan rajawali sangat dekat, lalu keduanya juga saling berhubungan.

Elang dan rajawali merupakan burung yang berukuran besar. Keduanya memiliki penglihatan tajam, dengan paruh bengkok, dan cengkreman yang kuat. Namun burung elang dengan burung rajawali memiliki perbedaan, yaitu sebagai berikut.

Perbedaan elang dan rajawali

Perbedaan elang dan rajawali adalah elang merupakan istilah umum untuk banyak burung pemangsa berukuran besar keluarga Accipitridae. Sedangkan burung rajawali adalah salah satu jenis dari elang, yang mana merupakan subfamili dari keluarga Accipitridae.”

Mengacu pada keterangan di atas, yaitu elang merupakan burung pemangsa yang berukuran besar, maka burung rajawali juga bisa dikategorikan sebagai elang. Jadi kesimpulan perbedaan keduanya sederhana, yaitu elang memiliki banyak jenis dan burung rajawali merupakan salah satunya. Contoh jenis elang lainnya adalah burung elang hitam, burung elang emas, burung elang paria, dll.

Deskripsi umum elang

Pada umumnya burung elang memiliki paruh yang besar dan bengkok, yang mana biasa digunakan untuk merobek daging dari mangsanya. Lalu memiliki kaki yang berotot dengan cakar yang kuat. Mata burung ini juga tajam, ketajamannya memungkinkannya untuk menemukan mangsa dari jarak yang cukup jauh.

Sebagai burung, elang berkembang biak dengan bertelur. Mereka biasanya membangun sarang di pohon atau tebing yang tinggi.

Karena ukuran dan kekuatan yang dimilikinya, burung ini bisa berada di peringkat atas pada rantai makanan, yaitu sebagai predator puncak untuk hewan burung. Elang memiliki mangsa yang bervariasi berdasarkan jenisnya. Misalnya ada yang memangsa burung lain, tikus, tupai, ular, dll. Ada juga elang yang menangkap ikan sebagai makanan mereka, biasanya bagi yang tinggal di wilayah perairan.

Jenis elang di Indonesia

Di Indonesia juga banyak jenis elang, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut

1. Elang Jawa
2. Elang flores
3. Elang tikus
4. Rajawali kuskus
5. Rajawali tutul
6. Elang buteo
7. Elang sulawesi
8. Elang brontok
9. Elang gunung


Share this post:
Loading...