Inti Perbedaan dari Gagasan Pokok dan Pendukung

    Gagasan pokok biasa disebut pula sebagai gagasan utama atau ide pokok. Sementara gagasan pendukung, biasa disebut pula sebagai gagasan penjelas. Karena itu, misalkan kita menemukan beberapa buku ataupun guru memakai sebutan yang tidak sama, maka tidak perlu bingung. Lalu apa perbedaan gagasan pokok dan pendukung ini? Berikut di jelaskan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

    Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung

    “Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah gagasan pokok isinya ide pokok yang dibahas pada sebuah bacaan atau teks, sedangkan gagasan pendukung isinya berupa uraian tambahan untuk memperjelas gagasan pokok.”

    Pengertian

    Pengertian gagasan pokok

    Gagasan pokok adalah pokok persoalan yang mendasari keseluruhan bacaan atau teks. Gagasan ini bisa berupa kalimat inti atau kalimat utama, atau bisa pula berupa inti paragraf yang bisa didapatkan dengan membaca teks menyeluruh.

    Pengertian gagasan pendukung.

    Gagasan pendukung adalah gagasan penjelas yang menjelaskan dan menegaskan gagasan pokok. Gagasan ini berupa kalimat-kalimat penjelas yang memberikan penambahan informasi untuk gagasan pokok.

    Pelajari lebih lanjut

    Sebuah teks atau bacaan umumnya terdiri atas beberapa paragraf atau alinea. Paragraf ini pastinya mempunyai gagasan pokok serta gagasan pendukung. Karena gagasan pokok menjadi kerangka pengembangan sebuah paragraf dan gagasan pendukung yang menjabarkannya. Untuk perbedaan lebih lanjut yaitu berikut ini.

    a. Perbedaan letak

    Gagasan pokok pada sebuah bacaan bisa didapatkan sehabis membaca bacaan dengan menyeluruh. Sementara letak gagasan pendukung sebuah bacaan bisa didapatkan sehabis mengetahui letak gagasan pokok.

    b. Perbedaan jumlah gagasan

    Gagasan pokok pada sebuah bacaan cuma 1. Sebaliknya gagasan pendukung bisa memiliki lebih dari 1.

    Menemukan lokasi gagasan

    Gagasan pokok bisa ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama ini umumnya berada di bagian pertama atau bagian terakhir. Kalimat utama yang berada di bagian terakhir paragraf umumnya diikuti dengan perkataan seperti berikut.

    • oleh sebab itu,
    • oleh karena itu,
    • jadi,
    • maka,
    • dengan demikian, dll

    Kalimat utama

    Kalimat utama biasanya bercirikan sebagai berikut.

    1. Sifatnya lebih umum daripada kalimat yang lain.
    2. Bisa berdiri sendiri bila kalimat lain dihilangkan.
    3. Umumnya berada di awal atau di akhir paragraf.

    Paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf disebut sebagai paragraf deduktif, sementara paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf disebut sebagai paragraf induktif.

    Kalimat penjelas

    Kalimat penjelas biasanya bercirikan sebagai berikut.

    1. Umumnya berupa contoh, informasi, dan pernyataan.
    2. Satu paragraf terdiri atas beberapa kalimat penjelas.
    3. Tidak bisa berdiri sendiri, bila kalimat lain dihilangkan, maka kalimat tersebut menjadi susah dimengerti.

    Cara menemukan gagasan pokok serta gagasan pendukung adalah dengan membaca paragraf dengan teliti hingga mendapatkannya.

    Contoh gagasan

    Coba perhatikan contoh berikut ini.

    • Baca paragraf dengan teliti serta seksama!
    • Cermati kalimat awal sampai terakhir!
    • Apakah kalimat awal merupakan gagasan pokok ataupun gagasan penjelas?
    • Apakah kalimat kedua, ketiga, atau keempat yang merupakan gagasan pokok?
    • Teruslah membaca kalimat demi kalimat sampai menemukan gagasan pokoknya.

    Eka ialah anak yang sangat giat belajar. Di sekolah dia banyak menghabiskan waktunya di bibliotek. Sehabis sekolah juga, dia menghabiskan banyak untuk mengikuti bermacam-macam les daripada bermain dengan teman-temannya. Bahkan di hari minggu pun dia biasa kelihatan membaca buku di taman.

    Paragraf di atas merupakan paragraf deduktif yang terdiri atas empat kalimat.

    a. Kalimat utamanya berbunyi Eka ialah anak yang sangat giat belajar, sedangkan kalimat kedua, ketiga dan keempat merupakan kalimat penjelas.
    b. Gagasan utamanya terletak di kalimat utamanya yakni Eka anak yang giat belajar, sementara gagasan pendukung terletak di kalimat penjelas bahwa dia banyak menghabiskan waktunya di bibliotek, mengikuti bermacam-macam les serta biasa kelihatan membaca buku di taman.

    Cara memastikan gagasan utama

    Terdapat 2 cara untuk memastikan gagasan utama sebuah bacaan yakni.

    a. Cara pertama yakni kita perlu menemukan pokok utama di tiap-tiap paragraf. Setelah itu merangkum menjadi satu dan mengambil sebuah kesimpulan.
    b. Cara kedua yakni kita membaca serta memahami seluruh paragraf dengan teliti kemudian mengambil kesimpulannya.

    Cara kedua umumnya lebih banyak digemari, sebab tidak perlu waktu yang lama untuk melakukannya. terutama bagi yang terbiasa membaca teks. Meski demikian, bila ingin yang lebih akurat, sebaiknya memakai cara yang pertama walaupun memerlukan waktu yang lebih lama.

    Catatan

    Pembahasan perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung ini banyak menggunakan istilah bacaan, teks, paragraf, alinea, kalimat, dan kata. Bagi kebanyakan pembaca pasti telah mengetahui maksud semuanya. Namun bila terdapat sebagai yang belum memahami, berikut catatan untuk pembahasan di atas.

    a. Bacaan atau teks berisi beberapa paragraf atau alinea.
    b. Paragraf atau alinea berisi beberapa kalimat.
    c. Kalimat berisi beberapa kata atau perkataan.
    d. Kata atau perkataan berisi beberapa huruf.

    Loading...