Apa Saja Perbedaan Laba-Laba dan Kumbang?

    Laba-laba dan kumbang merupakan binatang yang biasa kita temui di sekitar rumah ataupun pepohonan. Keduanya memiliki kesamaan yaitu memiliki kaki yang rada banyak daripada makhluk hidup pada umumnya. Meski demikian, laba-laba dan kumbang memiliki banyak perbedaan.

    Berikut adalah pembahasan untuk pengertian dan perbedaan laba-laba dengan kumbang.

    Pengertian

    Berikut adalah pengertian laba-laba dan kumbang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

    Pengertian laba-laba

    Laba-laba adalah binatang berkaki delapan, berwarna abu-abu kehitam-hitaman, menjalin jaring benang sutra dari perutnya yang berfungsi sebagai perangkap mangsa (Araneae).

    Pengertian kumbang

    Kumbang adalah serangga yang besar dan hitam berkilap warnanya (seperti – madu). Lebih lanjut KBBI juga mengartikan kumbang sebagai serangga yang berkepak dua pasang, kepak depan menebal keras menutupi tubuhnya, kepak belakang tipis (seperti – bertanduk, – daun, – gajah, – hijau, – nyiur).

    Tabel perbedaan laba-laba dan kumbang

    PerbedaanLaba-labaKumbang
    FilumLaba-laba termasuk dalam filum artropoda kelas arachnida.Kumbang termasuk dalam filum artropoda kelas insecta.
    Bagian badanLaba-laba badan terdiri dari 2 bagian (cephalothorax dan perut).Kumbang badan terdiri dari 3 bagian (kepala, dada, dan perut).
    KakiLaba-laba mempunyai 4 pasang kaki.Kumbang mempunyai 3 pasang kaki.
    Alat pernapasanLaba-laba bernapas memakai paru-paru buku.Kumbang bernapas memakai trakea.
    Organ lainLaba-laba mempunyai alat tambahan yaitu spinneret untuk membuat jaring, kelisera dan pedipalpus sebagai pemotong makanan, dan catut untuk memegang mangsa.Kumbang memiliki i alat tambahan yaitu sayab untuk terbang, dengan struktur tanduk di kepala dan rahang yang kuat.
    MetamorfosisLaba-laba tidak mengalami metamorfosis.Kumbang mengalami metamorfosis sempurna.

    Uraian

    Berikut adalah uraian perbedaan antara hewan laba-laba dan kumbang.

    1. Laba-laba bisa membuat jaringan sutra yang dihasilkan dari organ abdomen (perut), sementara kumbang tidak dapat membuat jaringan sutra.
    2. Laba-laba mempunyai mata yang nampak sederhana, sementara kumbang ataupun serangga lain matanya faset.
    3. Laba-laba tidak dapat terbang sebab tidak mempunyai sayap, sementara kumbang mempunyai sayap karena itu dapat terbang.
    4. Laba-laba biasa memakan organisme lain yang disebut karnivora, sedangkan serangga ataupun kumbang adalah pemakan tanaman atau disebut herbivora.
    5. Laba-laba mempunyai 2 segmen badan, sedangkan kumbang ataupun serangga mempunyai 3 segmen badan, yakni kepala, dada, dan perut.
    6. Laba-laba masuk dalam kelas Arachnoidea sama seperti kalajengking dan kutu caplak. Sedangkan kumbang masuk dalam kelas Insecta sama seperti belalang dan lebah.

    Catatan

    Kingdom animalia dikategorikan menjadi 9 filum utama, yakni.

    1. Porifera

    Karakteristik umum dari filum porifera yakni mempunyai badan yang dipenuhi dengan pori sebagai jalur masuknya air serta makanan. Contoh porifera yakni Spongia sp.

    2. Coelenterata

    Karakteristik umum dari filum coelenterata yakni mempunyai badan yang berongga serta umumnya mempunyai tentakel yang dilengkapi dengan sel penyengat. Contoh coelenterata yakni ubur-ubur, hydra, dan buran.

    3. Platyhelmintes

    Platyhelmintes yakni salah satu tipe cacing yang wujud badannya pipih serta tidak bersegmen. Contoh platyhelmintes yakni cacing hati, cacing pita, dan planaria.

    4. Nematelmintes

    Nematelmintes memiliki karakteristik umum yakni badan bundar memanjang serta tidak bersegmen. Contoh nematelmintes yakni cacing kaki gajah, cacing usus, dan cacing kremi.

    5. Anelida

    Anelida yakni istilah umum untuk cacing yang mempunyai bentuk silinder memanjang serta bersegmen. Contoh anelida yakni cacing tanah, cacing wawo, dan lintah.

    6. Artropoda

    Artropoda mempunyai karakteristik umum yakni badan dan kaki beruas. Filum artropoda dikategorikan menjadi 4 kelas, antara lain yakni.

    a. Insecta, contohnya kumbang.
    b. Arachnida, contohnya laba-laba.
    c. Crustacean, contohnya udang.
    d. Myriapoda, contohnya lipan.
    e. Molusca, memiliki karakteristik umum yakni badan lunak. Contoh molusca yakni siput, kerang, cumi-cumi, dan gurita.

    8. Echinodermata

    Echinodermata memiliki karakteristik umum yakni mempunyai kulit berduri. Contoh echinodermata yakni landak laut, bintang laut, dan timun laut.

    9. Chordata

    Chordata mempunyai karakteristik umum yakni mempunyai korda dorsalis. Contoh chordata yakni ikan, burung, dan katak.

    Loading...