Melukis dan Menggambar Keduanya Sangat Beda

    Kamu bisa menemukan perbedaan besar antara melukis dan menggambar di postingan ini. Banyak orang menganggap keduanya serupa, namun sebenarnya tidak demikian. Terdapat hubungan yang kompleks antara lukisan dan gambar. Keduanya memiliki beberapa kesamaan mendasar, tetapi perbedaannya pun sangat penting untuk kita ketahui.

    Inti perbedaan melukis dan menggambar

    Melukis adalah kegiatan seni untuk menghasilkan lukisan dengan memakai kanvas ataupun kertas sebagai medianya. Lalu dengan perlengkapan untuk melukis seperti palet, kuas, cat air dan cat minyak, dll. Pada seni lukis memiliki beberapa aliran yang tiap-tiap aliran memiliki keunikan, misalkan kubisme, naturalisme, ekspresionisme dll.

    Menggambar adalah kegiatan ekspresif untuk menghasilkan gambar dengan memakai kertas sebagai medianya. Lalu dengan pulpen, pensil warna, pastel, dan karayon sebagai perlengkapannya. Umumnya seni gambar tidak memiliki aliran tertentu.

    Perbedaan lebih lanjut

    1. Perbedaan perlengkapan

    Melukis memakai bahan yang cenderung cair, seperti cat air, minyak, akrilik, serta lain-lain. Lalu memakai kuas, pisau palet, dan palet sebagai perlengkapannya. Sedangkan menggambar, bahan yang digunakan cenderung lebih kering, seperti pensil, pena, krayon, pastel, serta lan-lain. Karena itu, perbedaan mendasar bisa kita lihat dari peralatan dan bahan.

    2. Perbedaan pengertian

    a. Pengertian melukis

    Melukis pada Bahasa Inggris disebut sebagai painting, merupakan kegiatan mengolah medium dengan maksud untuk memperoleh kesan tertentu. Medium lukisan ini dapat dengan wujud apapun, misalkan kanvas, kertas, dinding, papan, serta lain-lain. Lukisan merupakan wujud karya seni yang pada prosesnya dikerjakan dengan cara memoles cat dengan bermacam corak ataupun gradasi.

    Melukis
    Melukis | Credit: Freepik

    b. Pengertian menggambar

    Menggambar pada Bahasa Inggris disebut sebagai drawing, merupakan kegiatan membentuk sebuah imajinasi, dengan memakai berbagai opsi alat dan cara.

    Dapat pula dimaksudkan untuk membuat isyarat tertentu di atas kertas ataupun barang lainnya dengan cara mengolah goresan dari alat yang dipakai. Sebagian besar karya menggambar ialah hasil representasi imajinatif maupun ingatan seseorang yang ahli menggambar.

    Subjeknya dapat berbentuk tampilan realistis yang terjadi pada kehidupan maupun separuh realistis seperti halnya karya sketsa ataupun gambar imajinatif semacam kartun, karikatur, dan gambar abstrak.

    Menggambar
    Menggambar | Credit: Rawpixel

    Menggambar serta melukis merupakan kegiatan dari cabang seni rupa. Keduanya soal ini memanglah serupa, namun meski demikian tidak sama walau perbedaannya cuma sedikit. Lalu hasil akhir pun dapat kita lihat antara gambar dan lukisan.

    Perbandingan melukis dengan menggambar

    Melukis

    1. Unsur corak lebih mendominasi.
    2. Bentuk atau bidang tercipta dari polesan warna.
    3. Garisnya semu dari batasan pertemuan 2 corak berbeda.
    4. Ekspresi menjadi persoalan utama.
    5. Cenderung menjadi karya seni rupa murni.

    Menggambar

    1. Unsur garis lebih mendominasi
    2. Bentuk atau bidang tercipta dari garis linear.
    3. Garisnya tegas, sebab hasil goresan perlengkapan menggambar.
    4. Kemiripania menjadi persoalan utama
    5. Bisa menjadi karya seni rupa terapan semacam illustrasi, kartun, karikatur, dll.

    Kesamaan menggambar dan melukis

    1. Keduanya diberi corak untuk menjadi karya seni yang memiliki nilai estetis, meski bahannya beda.

    2. Keduanya memakai ide atau imajinasi untuk menghasilkan karya.

    3. Keduanya memakai tangan untuk proses pengerjaannya, kecuali yang difabel.

    Versi PRO

    Menggambar dan Melukis memanglah memiliki banyak perbedaan di antara keduanya. Bisa dibilang menggambar merupakan dasar dari melukis, jadi bukan lawan katanya. Kita harus pandai menggambar jika ingin bisa menjadi pelukis yang unggul.

    Penting untuk diketahui bahwa gambar ditandai dengan garis dan warna. Menggambar terdiri dari berbagai jenis seperti menggambar garis, menggambar bayangan, dan menggambar objek. Pada menggambar kita tidak perlu menunggu waktu untuk mengering. Pensil bisa digoreskan untuk menghasilkan gambar dan bisa dihapus menggunakan penghapus.

    Sementara lukisan ditandai dengan warna dan desain. Lukisan terdiri dari berbagai jenis seperti seni lukis di atas kertas, lukisan cat minyak di atas kanvas, lukisan cat air, lukisan akrilik, dll.

    Lukisan membutuhkan waktu untuk mengeringkannya. Hasil poles dari cat minyak dan akrilik tidak mudah dihapus atau diubah. Kita pun perlu memiliki berbagai jenis kuas dengan bulu yang berbeda untuk melukis.

    Seseorang yang ahli melukis disebut pelukis. Perlu dicatat juga untuk nilai pasar bagi karya menggambar dan melukis. Kebanyakan karya seni lukis memiliki nilai pasar yang lebih besar daripada karya pensil dan gambar arang. Benar bukan?

    Karena itu, melukis bisa dianggap sebagai hobi yang mahal. Peralatan melukis pun mahal untuk dibeli jika dibandingkan dengan peralatan menggambar.

    Loading...