Apa yg Kamu Ketahui Tentang Panas? Apa Perbedaan dengan Suhu?

    Jika hanya melaui indra peraba saja seperti tangan, kita belum bisa memastikan dengan tepat berapa nilai panas maupun dingin sebuah benda. Kita cuma bisa memperkirakan sebuah benda tersebut, apakah panas atau dingin secara relatif, yaitu dengan perasaan. Nah di bawah ini adalah pembahasan tentang panas serta apa perbedaan dengan suhu.

    Apakah yang Kamu ketahui tentang panas?

    Energi panas adalah suatu energi yang bisa diterima dan dilepaskan oleh sebuah benda.

    Apakah yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?

    Suhu adalah besaran yang bisa digunakan untuk menyatakan derajat panas sebuah benda.

    Contoh sebuah peristiwa yang yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas

    Ketika kita sedang di dekat api unggun, maka tubuh kita menjadi terasa hangat. Bisa demikian sebab ada perpindahan panas dari api unggun ke badan kita secara radiasi. Panas api unggun tersebut membuat suhu tubuh kita naik.

    Perbedaan panas dan suhu

    Panas dan suhu merupakan dua istilah yang sangat beda. Semisal saat sebuah besi dipanaskan menggunakan api, besi tersebut memperoleh energi panas dari api. Kemudian energi panas menjadikan besi ikut memanas. Saat besi tersebut memanas, maka suhunya menjadi semakin tinggi. Lalu ketika besi mendingin, berarti suhunya telah menurun.

    Suhu merupakan besaran yang bisa digunakan untuk menilai seberapa derajat panas sebuah benda. Jadi, suhu bisa menjadi penunjuk seberapa tingkat energi panas benda tersebut. Kita bisa mengukur suhu dengan memakai alat yang disebut sebagai termometer. Pengukuran dilakukan dengan satuan tertentu. Misalnya di Indonesia, satuan suhu yang biasa dipakai adalah derajat celcius.

    Penutup

    Mungkin Kamu pernah pergi ke dataran tinggi atau wilayah pegunungan? Jika iya, saat malam hari di wilayah pegunungan Kamu pasti merasakan kalau cuaca di sekitar wilayah tersebut sangat dingin. Mungkin Kamu membutuhkan jaket yang tebal untuk mengurangi tingkat kedinginan.

    Tapi tidak demikian dengan masyarakat yang telah lama tinggal di wilayah pegunungan tersebut. Mereka tidak harus memakai jaket tebal dan memang mereka tidak merasakan hawa dingin berlebihan seperti yang sedang Kamu rasakan. Sebab mereka telah terbiasa dengan suhu yang ada di wilayah tersebut.

    Nah itu bisa menjadi bukti kalau indra peraba memanglah tidak bisa dipakai untuk memastikan seberapa derajat panas dari suatu benda. Sebab tidak semua orang bisa mempunyai perasaan yang sama terhadap suhu yang ada di sekitarnya. Karena itu kita memerlukan alat berupa termometer dan satuan besaran tertentu yang bisa dijadikan parameter.


    Share this post:
    Loading...