Pekerjaan dan Profesi Sama atau Beda ya?

    Pekerjaan dan profesi biasa dijadikan sebagai parameter strata sosial oleh banyak orang. Meski demikian, terdapat perbedaan antara pekerjaan dan profesi yang mungkin belum dipahami sepenuhnya oleh banyak orang.

    Meskipun berbeda, keduanya juga memiliki kesamaan, yakni sama bekerja. Sedangkan untuk perbedaan pekerjaan dan profesi adalah berikut ini.

    Perbedaan pekerjaan dan profesi adalah pekerjaan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan nilai dan penghasilan. Sedangkan profesi merupakan jenis pekerjaan yang memberdayakan keahlian dan keterampilan khusus, bahkan memerlukan latar belakang pendidikan khusus.”

    Pada umumnya, profesi biasanya dilakukan sebagai kegiatan utama. Sedangkan pekerjaan dapat dilakukan sebagai kegiatan utama maupun paruh waktu.

    Dapat dikatakan bahwa, profesi merupakan bagian dari pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan bisa disebut sebagai profesi. Semisal, pekerjaan administrasi tidak masuk pada kategori profesi, karena untuk bekerja di administrasi seseorang bisa berasal dari macam-macam latar belakang pendidikan, pengetahuan, pengalaman, dll. Lain dengan akuntan, yang mana merupakan profesi, karena seseorang untuk dapat bekerja sebagai akuntan memerlukan pendidikan dan keahlian akuntansi.

    Pengertian pekerjaan dan profesi menurut KBBI

    Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan pekerjaan dan profesi sebagai berikut.

    Pekerjaan

    a. Barang apa yang dilakukan (diperbuat, dikerjakan, dan sebagainya); tugas kewajiban; hasil bekerja; perbuatan. Semisal, begitulah pekerjaannya sehari-hari, memelihara tanaman dan menata taman.

    b. Pencaharian; yang dijadikan pokok penghidupan; sesuatu yang dilakukan untuk mendapat nafkah. Semisal, ia sedang berusaha mencari pekerjaan.

    c. Hal bekerjanya sesuatu. Semisal, berkat pekerjaan mesin baru, hasilnya sangat memuaskan.

    Profesi

    Bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu.

    Penjelasan perbedaan pekerjaan dan profesi

    Pekerjaan

    Pekerjaan merupakan kegiatan aktif yang dilakukan, baik itu karena kerja biasa ataupun ditugaskan, yang mana dilakukan seseorang untuk menghasilkan karya yang memiliki nilai dan bisa memperoleh penghasilan. Dengan demikian, pekerjaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, melalui penghasilan yang bisa didapatkan.

    Terdapat pekerjaan yang bersifat jangka pendek dan hanya dilakukan ketika seseorang membutuhkan uang untuk hidup. Pekerjaan yang bersifat jangka pendek juga bisa dikarenakan tidak memiliki kepastian untuk kehidupan orang tersebut. Jika seseorang tidak bahagia dengan pekerjaannya, mereka cenderung beralih ke pekerjaan lain.

    Lalu juga terdapat pekerjaan yang bisa dijalani oleh seseorang untuk waktu yang cenderung lama dan dapat memberikan harapan untuk maju, biasanya disebut sebagai karier. Semisal ketika seseorang pernah bekerja di beberapa perusahaan untuk perjalanan kariernya, yang mana dia menjalaninya dengan bidang pekerjaan yang sejenis.

    Pada umumnya, pekerjaan tidak mengharuskan seseorang untuk memiliki latar belakang pendidikan khusus. Dengan demikian, semua orang dimungkinkan untuk bisa memiliki pekerjaan.

    Beberapa orang berganti pekerjaan sampai mereka menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka. Lebih mudah untuk berganti pekerjaan. Namun tidak demikian dengan profesi, bagaimana mungkin orang mengulang pendidikan di bidang lainnya untuk dapat berganti profesi tersebut.

    Lalu terdapat berbagai jenis pekerjaan, antara lain berikut ini.

    a. Penuh waktu

    b. Paruh waktu

    c. Musiman

    d. Sementara

    e. Serabutan

    f. Wirausaha

    Biasanya pekerjaan dapat dianggap memiliki status rendah oleh banyak orang jika menghasilkan uang yang sedikit. Semisal untuk beberapa jenis pekerjaan operator tertentu.

    Profesi

    Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, namun dengan dilandasi keahlian, keterampilan, kejuruan, dll. Orang yang berprofesi biasa disebut profesional, misalnya profesi desainer, ilmuwan, dokter, advokat, akademisi, programmer, akuntan, pilot, psikolog, jurnalis, ekonom, arsitek, dll.

    Dengan demikian, pekerjaan bisa disebut profesi jika memerlukan keahlian khusus. Lalu juga memiliki kebebasan, keterikatan, dan perlu mengacu pada kode etik sebagai batasan kebebasannya bekerja.

    Biar bisa berprofesi, maka memerlukan pelatihan dan penguasaan pada bidang pekerjaan dengan pengetahuan khusus. Karena bagi profesional, mereka biasanya mempunyai asosiasi profesi dengan kode etik. Lalu juga terdapat proses sertifikasi dan lisensi khusus untuk bidang pekerjaan tersebut.

    Asosiasi yang dimaksud adalah profesi diatur oleh semacam badan pengelola. Mereka mengharuskan orang tersebut lulus ujian sesuai dengan peraturan untuk dapat dianggap memenuhi syarat dan kualifikasi pada profesi tersebut.

    Meskipun seseorang yang memiliki kompetensi di bidang profesi tertentu, biasa disebut sebagai profesional. Namun perlu diingat bahwa istilah profesional juga biasa digunakan untuk aktivitas yang mendapatkan bayaran, yakni sebagai antonim dari amatir. Semisal ketika petinju profesional mendapatkan bayaran untuk pertandingan yang dilakukannya. Padahal olahraga tinju umumnya tidak diasumsikan sebagai bidang profesi.

    Seorang profesional pastinya bisa menawarkan jasa dan layanan mereka sesuai dengan peraturan pada bidang yang dijalaninya, lalu menerima penghasilan atas jasanya. Namun profesional cenderung mengendalikan pekerjaan dan pengetahuan mereka untuk menghindari intervensi eksternal. Acuan untuk perilaku mereka adalah kode etik.

    Pada umumnya terdapat beberapa syarat biar pekerjaan bisa disebut profesi, beberapa diantaranya berikut ini.

    a. Melalui latihan untuk mendapatkan sertifikasi.

    b. Terdapat standarisasi dengan kode etik.

    c. Memiliki asosiasi tertentu.

    d. Memperoleh pengakuan sebagai profesi.

    e. Mempunyai tanggung jawab di bidangnya.

    f. Berhubungan dengan profesi lainnya.

    Dengan memiliki keahlian khusus, maka profesi biasanya memiliki penghasilan yang relatif tinggi.

    Jadi pekerjaan dan profesi sama atau beda?

    Pekerjaan dan profesi merupakan dua istilah yang digunakan pada konteks yang sama, Namun memiliki perspektif yang berbeda karena keduanya mengandung perbedaan makna.

    Referensi:
    1. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pekerjaan
    2. kbbi.kemdikbud.go.id/entri/profesi